3 Pipa Plastik Pengganti Pipa Besi

3 Pipa Plastik Pengganti Pipa Besi

Keunggulan bahan thermoplastik (plastik) adalah tidak memiliki masalah karat, seperti pada pipa cast iron (besi). Berikut 3 jenis pipa plastik pengganti pipa besi terbaik yang kini mulai banyak digunakan.

Dahulu orang melirik pipa besi karena bahannya yang dianggap tangguh dan dapat digunakan membangun jaringan air dengan harapan usia penggunaan yang lama. Kebutuhan ini meliputi instalasi jaringan air bersih, kotor, dan bahkan air panas bertekanan.

Sayangnya munculnya banyaknya kelemahan, salah satunya masalah karat pada akhirnya membuat orang berpikir menggunakan pipa plastik pengganti pipa besi. Hingga pada akhirnya tahun 1950 revolusi pipa plastik dimulai, dan menjadi cikal bakal munculnya brand Wavin di Eropa.

Perkembangan teknologi juga membuat produk bahan baku thermoplastik berkembang dengan pesat. Pengembangan ini meliputi peningkatan kualitas material dengan meningkatkan kekuatan antar molekul lebih baik.

Hasilnya, beberapa jenis pipa dari bahan thermoplastik mampu memiliki sifat dan karakter seperti pipa besi. Bahkan kemampuan tersebut ditambah dengan sifat anti-karat dan beberapa kebutuhan lain untuk membangun beragam kebutuhan jaringan saluran air.

Baik saluran air bersih, saluran air panas dan dingin bertekanan hingga kebutuhan saluran buangan dan sebagainya. Pengembangan material bahan baku pada akhirnya membuat pipa plastik pengganti pipa besi bukan sebuah hal yang mustahil.

Berikut 3 tipe pipe plastik pengganti pipa besi yang memiliki karakter unik, tak biasa bahkan dapat digunakan dengan usia penggunaan mencapai 50 tahun :

Pipa HDPE adalah Pipa Plastik Pengganti Pipa Besi yang terbuat dari bahan Polietilena Berdensitas tinggi (HDPE). Jenis material ini sangat tangguh, dengan tingkat kelenturan dan kekuaran tinggi namun tingkat keretakan rendah. Sehingga material tidak mudah rusak dan cocok untuk saluran Pipa air bersih berstandar food grad dan anti-karat.

Pipa PPR adalah pipa plastik pengganti pipa besi yang memiliki sifat unik. Terbuat dari bahan polypropylene random copolymer type 3 bahan ini mampu tahan terhadap panas. Dengan tingkat kelenturan tinggi, dan keretakan rendah.

Sehingga masuk dalam daftar Pipa Plastik Pengganti Pipa Besi untuk saluran Pipa air panas dan dingin bertekanan. Anti-karat, produk pipa dari bahan PPR ini mampu bertahan hingga usia mencapai 50 tahun lamanya.

Pipa PVC-O adalah pipa plastik pengganti pipa besi yang dibuat dari pengembangan bahan polyvinil chloride (PVC) yang diproduksi dengan metode Biaxial Oriented. Produk pipa ini tidak mewarisi sifat pipa dari bahan PVC konvensional. Karena memiliki tingkat kelenturan dan kekuatan bahan baku sangat tinggi.

Bahkan saat tertindih alat berat, produk pipa plastik pengganti pipa besi yang direkomendasikan untuk saluran air bersih ini tak terpengaruh sedikitpun. Kelenturan, kekuatan dan sifatnya anti karat juga membuat pipa jenis ini mampu bertahan hingga usia penggunaan 50 tahun.

Di Indonesia, produk PVC-O tak ditawarkan banyak brand. Dan saat ini hanya ditawarkan melalui brand Pipa Rucika.

 

 

One thought on “3 Pipa Plastik Pengganti Pipa Besi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: