Pipa Saluran Air Bersih ideal dibutuhkan untuk akses kebutuhan air setiap saat, serta menjaga kualitas air, berikut tips memilih produk yang tepat.

Kebutuhan air bersih merupakan hal fundamental yang harus terpenuhi setiap hari oleh setiap mahkluk hidup. Terutama manusia, perkembangan teknologi perpipaan membuat akses pemenuhan kebutuhan lebih mudah, dengan jaringan pipa saluran air bersih yang baik dan berkualitas.

Kebutuhan air bagi manusia menunjang beragam aktivitas, termasuk konsumsi dan sanitasi. Kebutuhan dua hal tersebut jika terhambat akan membuat permasalahan tersendiri, tak hanya lingkungan faktor kesehatan juga akan kerap terganggu.

Dalam tubuh manusia sekitar 70%-80% terdiri dari air. Akses dan konsumsi air bersih mutlak harus dipenuhi setiap saat terutama pada saat terasa haus (dehidrasi). Selain untuk kebutuhan konsumsi, aktivitas sanitasi dengan air bersih juga akan menjauhkan kita dari ancaman kuman, bakteri dan virus penyebab penyakit.

Baca : Mengenal istilah Pipa

Untuk menghindari hal terburuk dari kekurangan kebutuhan air bersih, maka dibutuhkan jaringan perpipaan yang efektif dan ideal. Menurut Ir. Santoso Ahmad, M.T., Dipl. Sanitartech, ahli plambing internasional dari PPPPTK Malang, ada beberapa syarat mendasar dalam membangun kebutuhan pipa saluran air bersih ideal. Diantaranya jumlah air yang tersedia dengan jumlah cukup, saluran yang higienis, dukungan teknis yang optimal, dan ekonomis (Sumber).

 

Debit Air harus cukup. Membangun Pipa saluran air bersih artinya mempermudah akses mendapatkan air setiap saat. Masalahnya, sumber air kadang berbeda pada saat musim panas atau hujan. Untuk itu, syarat saluran air harus cukup setiap saat harus terpenuhi dalam membangun jaringan pipa air bersih, demi kenyamanan pemenuhan kebutuhan.

Baca : Pipa Air

Saluran pipa harus higienis. Bayangkan apa jadinya jika produk pipa air bersih Anda tidak higienis. Bisa jadi kontaminasi pencemaran akan terjadi alih-alih akses pemenuhan kebutuhan air bersih untuk kebutuhan sanitasi lebh-lebih konsumsi. Pencemaran kerap terlihat dari perubahan kualitas air yang secara fisik terlihat dari bau, warna dan material padat yang dibawa air setelah melewati pipa saluran air bersih. Tak hanya berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan, kondisi ini akan membuat Anda merasa kurang nyaman.

Dukungan teknis. Beberapa produk perpipaan didesain untuk kebutuhan khusus. Seperti untuk jaringan air bersih yang diambil dengan kedalaman 200 meter. Banyaknya sambungan akan memungkinkan pipa saluran air bersih putus di tengah jalan. Solusinya, gunakan produk pipa air dengan dukungan panjang lebih. Seperti pipa HDPE yang tersedia dalam bentuk roll dengan panjang 200 meter. Penggunaan jenis pipa ini memungkinkan risiko saluran terputus sangat rendah.

Baca : Pipa HDPE

Ekonomis. Masalah pembiayaan harus dipikirkan pada saat membangun jaringan saluran air bersih dengan sebuah produk pipa. Beberapa produk pipa ditawarkan dengan keunggulan beragam, termasuk harga sangat murah, namun dalam hal kualitas sangat buruk.

Kebijakan dibutuhkan dalam hal ini, terutama jika Anda ingin membangun saluran pipa air bersih dengan usia penggunaan jangka panjang. Karena beberapa produk menawarkan kualitas lebih baik atau bahkan sangat baik untuk kebutuhan saluran air bersih. Kualitas yang baik juga akan membuat Anda berhemat dalam hal biaya pemeliharaan jangka pendek dan jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *