Mampet menjadi permasalahan saluran air / plambing, sebagus apapun pipa yang Anda gunakan. Untuk mengatasinya, kenali dahulu Penyebab Pipa Mampet.

Secara umum penyabab pipa mampet bisa terjadi karena satu dan beberapa faktor. Dan bahkan saat Anda sudah menggunakan produk pipa terbaik untuk saluran air yang tepat, hal ini kerap terjadi meski “tak ada angin dan hujan”.

Di rumah, gedung, dan fasilitas umum lain, mampet bisa terjadi pada setiap saluran air. Seperti saluran kamar mandi, wastafel selokan, gorong-gorong, talang dan sebagainya. Saat hal ini terjadi banjir akan menjadi masalah tak terelakan.

Tak hanya itu, sisa kotoran dan bau meninggalkan permasalahan tersendiri saat saluran air mengalami penyumbatan. Tak hanya kurang sedap dipandang, jika dibiarkan hal ini kerap akan mengganggu masalah kesehatan dengan munculnya beragam penyakit.

Baca : Pipa Air

Nah untuk mengatasinya, tak ada salahnya jika kita berbicara penyebab pipa mampet. Berikut beberapa hal diantaranya :

Kebiasaan buang sampah sembarangan : Sudah bukan jadi rahasia, kebiasaan buang sampah sembarangan dapat mengakibatkan risiko penyebab saluran air mampet menjadi besar. Untuk menanggulanginya, mulailah buang sampah pada tempatnya. Termasuk membuang sisa makanan ke sampah sebelum mencuci piring di wastafel.

Kesalahan instalasi pipa : Kesalahan instalasi pipa termasuk sudut kemiringan yang ideal. Saluran terlalu landai atau kenaikan akan membuat risiko air buangan tergenang tinggi. Hal ini yang memungkinkan terjadi pengerakan dan berdampak pada munculnya masalah penyebab air mampet.

Kualitas pipa buruk : Setiap pipa memiliki spesifikasi sendiri. Bahkan saat Anda menggunakan pipa HDPE belum tentu cocok untuk saluran air limbah, karena pada pipa jenis ini bagian sambungan memiliki lipatan yang berpeluang menjadi tumpukan kotoran penyebab munculnya masalah sumbatan. Selain itu, buruknya kualitas pipa membuat kotoran dari luar masuk dan menyebabkan risiko penyebab air mampet menjadi besar.

Baca : Pipa HDPE

Rusak karena faktor alam : Faktor alam kerap membuat saluran air mampet, masuknya material seperti besi yang menyumbat pipa membuat risiko penyebab air mampet menjadi besar. Hal ini tak bisa diatasi selain mengganti saluran air yang rusak.

Sabotase : Saluran air mampet juga bisa dikarenakan sabotase. Memasukan semen ke dalam saluran air akan membuat aliran fluida limbah cair mudah terhambat, dan mau tak mau untuk mengatasinya harus dibongkar dan mengganti pipa yang tersumbat (Sumber).

Baca : Tips Sederhana Atasi Mengatasi Saluran Air Mampet

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *