Tahukah Anda, saat ini tersedia beragam produk Pipa PVC berlimpah di pasar. Dan meski memiliki jenis bahan baku sama, setiap produk rupanya didesain dengan karakteristik untuk beragam kebutuhan berbeda. Nah sebelum Anda menghamburkan uang untuk hasil tak sesuai dengan hasil, berikut tips memilih produk pipa dari bahan PVC.

Baca : Harga Produk Pipa Rucika Standard dan Rucika Stadard JIS

 

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Produk Pipa PVC merupakan produk perpipaan populer, karena mudah dalam hal instalasi, dan harga relatif terjangkau. Meski demikian tak semua jenis produk pipa selalu sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, untuk saluran air bersih. Jenis pipa PVC ideal untuk keperluan ini adalah dengan sistem penyambungan Rubberring Joint. Sistem penyambungan dengan Solvent Cemen (lem) kurang dianjurkan, karena bahan ditakutkan dapat mencemari aliran air bersih.

Selain itu, untuk kebutuhan ini gunakan produk dengan bahan uPVC. Bahan ini merupakan pengembangan material PVC konvensional. Pada bahan terdahulu, senyawa kimia dari bahan PVC kurang ramah terhadap kesehatan, sebagai penyebab kanker. Sementara bahan uPVC, memiliki tingkat kelenturan dan kekuatan tinggi dengan tingkat keretakan rendah. Sehingga aman untuk saluran air bersih.

Semantara itu, untuk kebutuhan saluran air kotor dan limbah buangan, Anda dapat menggunakan pipa PVC bertekanan kecil untuk alasan hemat biaya. Sementara jika Anda mnginginkan lebih, gunakan pipa SDR-41 yang memiliki tebal dinding lebih tipis, dengan permukaan dinding dalam lebih halus. Sehingga akan lancar mengalirkan saluran air limbah dan buangan.

Baca : Jenis-jenis Pipa Air

 

Jenis-jenis Produk Pipa PVC

Dalam perjalanan waktu, pengembangan bahan PVC kian pesat, sehingga produk perpipaan memiliki karakter berbeda sau dengan yang lain, berikut beberapa disntaranya :

Baca : Mengenal Produk Pipa dari PVC

 

Kenali Standarisasi Produk Pipa PVC

Di Indonesia produk pipa PVC ditawarkan dengan beberapa jenis standar yang dianut. Selain perbedaan nominal diameter luar dalam bentuk mm, panjang produk juga mengindikasikan sebuah produk diproduksi dengan standar tertentu.

Dalam hal kebutuhan produk pipa PVC, di Indonesia terdapat dua macam standar populer. Diantaranya produk dengan standar JIS (Japanese Industrial Standard) dan Standar Naional Indonesi. Keduanya memilki nominal diameter berbeda dalam bentuk milimeter.

Sumber : Mengenal Jenis-jenis Pipa dari bahan PVC

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *