Kelebihan Pipa PVC-O Dibanding Pipa HDPE dan PVC Biasa

Kelebihan Pipa PVC-O Dibanding Pipa HDPE dan PVC Biasa

Dibanding produk thermoplastik lain, seperti pipa HDPE dan Pipa dari jenis PVC biasa, Kelebihan Pipa PVC-O lebih banyak dan beragam. Hal ini memungkinkan pembangunan saluran air bersih bertekanan lebih efektif dan efisien.

Pipa PVC identik dengan produk mudah rusak dan tidak bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Tapi tahukah Anda, dalam perkembangannya jenis produk ini berevolusi sedemikian rupa sehingga sedikit demi sedikit mengubah karakteristik produk secara keseluruhan.

Baca : Harga Produk Pipa PVC-O Rucika Exoplas

Saat ini di Indonesia, beragam produk pipa PVC ditawarkan oleh banyak brand. Beberapa brand menawarkan cara modern melalui produk pipa dari bahan PVC yang memiliki karakter jauh berbeda dibanding produk konvensional.

Diantaranya produk pipa PVC-O Rucika Exoplas, yang menawarkan pengembangan karakter produk lebih baik. Bahkan saat dibandingkan dengan produk pipa HDPE yang selama ini identik dengan saluran pipa air bersih tangguh dengan tingkat risiko kebocoran dan kerusakan kecil.

Untuk mengetahui sejumlah kelebihan Pipa PVC-O dibanding produk lain, berikut beberapa keistimewaan tersebut, diantaranya :

Dalam hal harga. Dengan beragam kelebihan Pipa PVC-O, harga produk pipa jenis ini lebih mahal sekitar 10% dibanding produk pipa PVC biasa. Namun saat dibandingkan produk Pipa HDPE, produk dari bahan PVC-O memiliki harga 15% lebih murah. Sehingga dianggap sebagai produk alternatif berkarakter kuat dan tangguh untuk saluran air bersih bertekanan.

Durasi Penyambungan. Secara umum, produk pipa PVC-O memiliki waktu penyambungan sama dengan produk pipa PVC biasa. Atau dapat dilakukan hanya sekitar 5 hingga 10 menit untuk satu sambungan. Sementara untuk produk pipa HDPE, proses penyambungan biasa dilakukan lebih dari 30 menit untuk satu sambungan (Dengan teknik Butt Fusion atau Electro Fusion).

Prosedur penyambungan satu jenis. Pipa HDPE memiliki 3 metode penyambungan, sementara untuk produk Pipa PVC-O memiliki satu jenis sistem penyambungan dengan sistem rubbering Angerlock tanpa mesin penyambungan.

Diameter dalam. Kelebihan Pipa PVC-O adalah tebal dinding pipa yang tipis, meski demikian memiliki tekanan besar. Secara umum, diameter dalam pipa jenis ini 8.5% lebih besar dibanding produk pipa uPVC dan Pipa HDPE. Ini artinya produk ini mampu mengalirkan debit air lebih banyak, atau sekitar 18% per meter perseginya.

Bobot pipa lebih ringan. Karena memiliki tebal dinding lebih tipis, bobot pipa secara keseluruhan menjadi lebih ringan. Kelebihan Pipa PVC-O ini membuat produk lebih ringan sekitar 40% dari bobot pipa HDPE maupun produk pipa PVC. Kelebihan ini juga mempermudah proses transportasi dan instalasi, sekaligus biaya mobilasi, karena tanpa menggunakan alat berat.

Baca : Mengenal Produk Pipa PVC-O Rucika Exoplas (Eks. Wavin Apollo)

Tingkat kelenturan tinggi. Produk Pipa PVC-O memiliki tingkat kelenturan tinggi sehingga mudah dibending atau dibengkokkan. Dalam perbandingannya, kelenturan produk pipa PVC-O > 2 kali lebih baik ketimbang produk pipa u-PVC biasa.

Irit aksesoris. Meski tak tersedia dalam bentuk koil (gulungan), tingkat kelenturan tinggi pipa PVC-O membuat produk ini sangat mungkin di bending atau dibengkokkan 11-22 derajat. Hal ini memungkinkan Anda menghemat pembelian aksesoris untuk kebutuhan belokan.

 

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: