Menyambung Pipa HDPE dengan Pipa Jenis Lain

Menyambung Pipa HDPE dengan Pipa Jenis Lain

Dalam kebutuhan saluran air bersih, kadang menyambung pipa HDPE dengan pipa jenis lain kerap dilakukan. Bukan hal mustahil karena hal tersebut bisa dilakukan dengan beberapa jenis pipa, seperti pipa besi, pipa PVC, Pipa PPR dan sebagainya.

Seperti produk perpipaan lain, produk pipa dari bahan High Density Polyethylene (HDPE) juga didukung beragam jenis aksesoris. Dan beberapa diantaranya dapat digunakan untuk menyambung Pipa HDPE dengan Pipa jenis lain sesuai kebutuhan.

Dalam proses penyambungannya, pipa HDPE dapat disambung dengan 3 jenis metode penyambungan. Diantaranya metode Mechanical Joint yang bisa dilakukan tanpa menggunakan mesin penyambung khusus dan bahan perekat.

Baca : Harga Fitting HDPE Compression Joint

Selain itu, cara penyambungan pipa HDPE juga dapat dilakukan secara welded atau pelelehan dengan media pemanas. Cara ini dapat dilakukan dengan dua cara, yakni metode Butt Fusion dan Electro Fusion.

Baca : Pipa HDPE

Lalu bagaimana cara menyambung pipa HDPE dengan pipa jenis lain dengan tiga metode penyambungan di atas ? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam hal ini :

Menggunakan sistem Ulir

Metode ulir adalah cara menyambung pipa HDPE dengan jenis pipa lain dengan metode penyambungan yang sama. Beberapa produk aksesoris pipa HDPE didesain dengan kombinasi satu sisi berupa ulir (drat).

Aksesoris mendukung sistem ulir biasanya terbatas untuk diameter terntentu. Dan komposisi ini tersedia untuk jenis aksesoris Compression Joint,  untuk mekanisme penyambungan Mechanical Joint.  Cara penyambungan ini biasanya tersedia untuk ukuran diameter sama dengan atau dibawah 110mm (4 inch). Atau jenis pipa yang tersedia dalam bentuk roll.

Aksesoris ulir produk untuk menyambung pipa HDPE dengan jenis pipa lain tersedia dalam 2 jenis, yakni drat dalam (Female thread), dan drat luar (Male thread). Kedua jenis metode ulir ini tersedia dalam sambungan lurus (Socket), Elbow, Tee dan sebagainya.

Baca : Harga Pipa HDPE

Menggunakan Flange Joint

Metode flange joint merupakan cara penyambungan saluran air yang bertujuan untuk jalur semi permanen. Karena saluran dengan penyambungan pipa jenis ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan.

Cara Flange Joint juga dapat digunakan untuk menyambung pipa HDPE dengan Jenis Pipa lain. Seperti pipa PVC, Pipa PPR, dan Pipa besi. Selain itu, cara ini juga dapat menyambung pipa dari bahan HDPE dengan aksesoris non HPDE, seperti Valve (Besi) dan sebagainya.

Flange Joint Pipa HDPE tersedia di hampir semua metode penyambungan. Baik Mechanical Joint atau Butt Fusion.  Mekanisme ini dapat digunakan dengan produk pipa lain dengan sama-sama menggunakan flange dan akan disatukan dengan baut.

Baca : Jenis-jenis Penyambungan Pipa HDPE

Menggunakan Clamp Saddle

Cara ini biasanya digunakan untuk membuat percabangan jalur utama saluran air pipa HDPE dengan jenis pipa lain dengan diameter lebih kecil. Sistem penyambungan dilakukan dengan mem-baypass jalur dengan sistem penyambungan ulir atau drat dalam.

Mekanisme ini bisa digunakan untuk menyambung pipa HDPE dengan jenis pipa lain. Selain itu, cara ini juga dapat dilakukan untuk menyambung saluran air pipa HDPE dengan aksesoris valve dan sebagainya.

 Sumber : Mengenal Teknik Sambung Pipa HDPE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: