Penyebab Munculnya Permasalahan Saluran Pipa HDPE

Penyebab Munculnya Permasalahan Saluran Pipa HDPE

Tak selalu lancar, beberapa kesalahan disadari atau tidak sering menjadi penyebab munculnya permasalahan saluran Pipa HDPE. Nah untuk mencegah munculnya hal tersebut, berikut hal-hal yang bisa Anda antisipasi.

Sejatinya, produk saluran air bersih dengan pipa High Density Polyethylene didesain untuk usia penggunakan hingga mencapai 50 tahun. Material bahan baku dengan tingkat kelenturan dan kekuatan tinggi, dan sistem penyambungan optimal memungkinkan hal tersebut terjadi.

Sayangnya, kekurang pahaman, kesalahan dalam penyambungan atau penanganan, dan kesalahan kering kerap membuat hal tersebut tak sesuai harapan. Dampaknya permasalahan saluran Pipa HDPE akhirnya muncul, dan tak bisa dihindari.

Baca : Pipa HDPE

Dampak paling terasa adala saluran air yang mudah mengalami kebocoran, kerusakan atau bahkan jalur air meledak. Lalu apa saja yang perlu dilakukan agar hal tersebut tidak sampai terjadi ? Berikut beberapa tips yang bisa Anda perhatikan :

 

Kesalahan Dalam Proses Penyambungan

Masalah prosedur penyambungan kerap menyebabkan munculnya permasalahan saluran pipa HDPE. Salah satunya kesalahan proses pemasangan aksesoris Compression Joint pada mekanisme penyambungan Mechanical Joint.

Aksesoris Compression Joint pada dasarnya terdiri dari beberapa bagian. Bagian terpenting adalah gelang karet, dan hal ini sering dilupakan banyak orang. Tanpa meletakkan dengan benar, atau tidak meletakkan bagian ini diantara panel penjepit, saluran air akan mudah bocor, bahkan saat selesai dipasang.

Kesalahan juga sering muncul pada proses penyambungan Butt Fusion. Pertama karena waktu pemanasan, dan momen penyambungan yang tidak sesuai. Kedua hal tersebut kerap berdampak pada munculnya permasalahan saluran pipa HDPE.

Kedua perbedaan PN, hal ini dikarenakan terjadi perbedaan tebal dinding, membuat waktu pemanasan yang dibutuhkan berbeda. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan pipa dan aksesori dengan PN sama, atau membubut dinding pipa atau aksesoris sehingga memiliki tebal yang sama.

Baca : Harga Pipa HDPE Rucika Black

 

Perbedaan bahan pipa atau fitting berbeda

Jangan terkecoh jika semua brand Pipa HDPE diproduksi dengan komposisi material bahan baku yang sama. Beberapa produk diproduksi dengan material bahan baku dengan satu standar, sementara yang lain dengan standar berbeda.

Saat digunakan kemungkinan persenyawaan sempurna tidak akan pernah terjadi. Ini artinya bagian penyambungan terjadi tidak sesuai dengan harapan. Dampaknya, muncul permasalahan saluran pipa HDPE.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan produk pipa dari brand sama. Selain itu gunakan produk aksesoris yang direkomendasikan, cara ini dapat meminimalisir muncuknya permasalahan saluran pipa HDPE.

Baca : Aksesoris Fitting Compression Joint Pipa HDPE

 

Hal kecil seperti kotoran dan debu

Dalam proses penyambungan pipa, termasuk pipa HDPE kebersihan bagian yang akan disambung adalah hal utama. Dan wajib dilakukan jika tak ingin muncuk permasalahan saluran pipa HDPE.

Kesalahan kecil ini sering dilalaikan, dan kerap berdampak fatal pada hasil penyambungan pipa HDPE. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan senantiasa membersihkan bagian ujung pipa atau aksesoris yang hendak disambung sebelum proses penyambungan.

 

Karena perubahan struktur pipa

Meski memiliki karakter kuat, kelenturan membuat struktur produk pipa HDPE mudah mengalami perubahan. Hal ini sering terjadi pada produk dengan Pressure Nominal kecil atau memiliki tebal dinding tipis.

Produk dengan spesifikasi ini biasanya sangat mudah mengalami perubahan, terutama saat disimpan (ditumpuk) dalam waktu lama. Tak lagi bulat, bagian ujung pipa pada akhirnya sering menjadi oval.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menaruh dengan posisi yang disarankan saat pipa menunggu dalam waktu lama untuk disambung. Selain itu, jika harus segera dipasang, pastikan bentuk dua ujung pipa atau aksesoris berbentuk lingkaran sempurna.

Tak hanya mempersulit proses penyambungan, munculnya kendala ini kerap meningkatkan risiko munculnya permasalahan saluran pipa HDPE. Karena jika dilakukan dengan benar, saluran air bersih bertekanan pipa HDPE dapat digunakan hingga usia lebih dari 50 tahun.

Sumber

Summary
Penyebab Munculnya Permasalahan Saluran Pipa HDPE
Article Name
Penyebab Munculnya Permasalahan Saluran Pipa HDPE
Description
Tak selalu lancar, beberapa kesalahan disadari atau tidak sering menjadi penyebab munculnya permasalahan saluran Pipa HDPE. Nah untuk mencegah munculnya hal tersebut, berikut hal-hal yang bisa Anda antisipasi.
Author
Publisher Name
https://pipaplastik.com
Publisher Logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: