Penyambungan Pipa Air Plastik, menjadi kelebihan tersendiri dibanding produk pipa berbahan baku lain, seperti besi dan sebagainya. Dalam produk pipa thermoplastik atau plastik, dikenal beberapa jenis metode penyambungan, berikut diantaranya.

Dalam perkembangannya, produk pipa air thermoplastik diciptakan dalam berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti kebutuhan saluran air panas dan dingin bertekanan, saluran air bersih hingga saluran pipa air kotor dan buangan.

Setiap produk diciptakan dari bahan baku material thermoplastik yang diolah dan dikembangkan sedemikian rupa. Sehingga memiliki karakter dan sifat sesuai dengan kebutuhan. Seperti standar Food Grade, tahan terhadap panas, hingga kebutuhan saluran air berharga ekonomis.

Baca : Produk pipa HDPE Rucika Wavin Black

Karena perbedaan kebutuhan dan kegunaan tersebut, metode penyambungan pipa air plastik juga akan berbeda satu dengan yang lain. Dalam hal ini berikut beberapa jenis model penyambungan yang biasa dilakukan untuk produk pipa thermoplastik, seperti pipa HDPE, pipa PPR, pipa PVC dan sebagainya.

Prosedur penyambungan juga membuat proses ini mudah dilakukan dalam beberapa kebutuhan instalasi. Seperti pembangunan saluran air di dalam gedung, dilokasi perbukitan dan kawasan sulit, dan sebagainya.

Berikut 4 model Penyambungan pipa air plastik secara umum yang direkomendasikan dapat dilakukan untuk membangun jaringan perpipaan sesuai kebutuhan :

Penyambungan Pipa Air Plastik model Kimiawi

Penyambungan pipa air plastik denggan cara ini biasanya direkomendasikan untuk produk jenis PVC. Metode penyambungan ini dilakukan dengan bahan khusus, biasa dikenal dengan nama Solvent Cement atau biasa dikenal dengan istilah lem PVC.

Model penyambungan ini dilakukan dengan persenyawaan dua bagian pipa PVC yang hendak disambung. Perekatan dilakukan sekali dalam setiap penyambungan, proses ini jika dilakukan dengan benar akan membuat saluran bisa berusia hingga puluhan tahun.

Baca : Mengenal produk Pipa PVC

 

Penyambungan Pipa Air Plastik model Mechanical Joint

Proses penyambungan Pipa Air Plastik dengan teknik ini biasa dilakukan untuk jenis pipa HDPE terutama jenis roll dengan diameter sama dengan atau dibawah 110mm (4 inch). Model penyambungan ini dapat dilakukan dengan menggunakan aksesoris khusus tanpa mesin dan bahan kimia perekat lain.

Aksesoris Mchanical Joint biasa juga dikenal dengan istilah fitting Compression Joint. Aksesoris ini dilengkapi beberapa bagian penting, diantaranya penjepit dan gelang karet untuk mencegah risiko kebocoran. Beberapa aksesoris dilengkapi model penyambungan lain. Seperti flange dan ulir atau drat (dalam atau luar).

Baca : Harga Fitting Compression Joint Pipa HDPE

 

Penyambungan Pipa Air Plastik model Heat Fusion

Model penyambungan pipa air plastik jenis ini pada dasarnya mengoptimalkan bahan baku thermoplastik sebagai bahan baku pipa. Bahan thermoplastik umumnya akan meleleh pada saat dipanaskan, namun akan mengeras pada saat proses pendinginan atau suhu normal.

Model penyambungan ini biasa dilakukan untuk produk pipa HDPE dan pipa PPR. Kedua jenis pipa ini memiliki kelenturan dan kekuatan sangat baik. Model penyambungan dengan cara pemanasan menggunakan alat khusus membuat saluran pipa air HDPE atau PPR mampu bertahan hingga usia penggunaan 50 tahun.

Baca : Produk Pipa PPR

 

Penyambungan Pipa Air Plastik model Rubber Ring Joint

Rubber Ring Joint, merupakan model penyambungan dengan menggunakan gelang karet yang terpasang pada bagian socket pipa atau aksesoris. Prosedur penyambungan ini biasanya direkomendasikan untuk produk pipa PVC, terutama produk pipa dengan standard SNI. Penyambungan pipa air plastik ini juga dilakukan pada produk pipa PVC-O.

Tak hanya sebagai media pencegah kebocoran, elastisitas sifat karet yang selalu mengisi setiap ruangan kosong juga membuatnya dapat digunakan sebagai pengunci sambungan. Model penyambungan ini lebih ramah lingkungan karena tak menggunakan bahan kimia. Sementara itu cara ini juga dapat dilkukan dengan mudah karena dilakukan tanpa menggunakan mesin penyambung tambahan Sumber.

Baca : Pipa PVC-O

Summary
Mengenal Metode Penyambungan Pipa Air Plastik
Article Name
Mengenal Metode Penyambungan Pipa Air Plastik
Description
Penyambungan Pipa Air Plastik, menjadi kelebihan tersendiri dibanding produk pipa berbahan baku lain, seperti besi dan sebagainya. Dalam produk pipa thermoplastik atau plastik, dikenal beberapa jenis metode penyambungan, berikut diantaranya.
Author
Publisher Name
https://pipaplastik.com
Publisher Logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *