Mengenal Dua Cara Menyambung Pipa PVC

March 14, 2018

Ilustrasi cara menyambung pipa PVC

Cara menyambung Pipa PVC identik dilakukan dengan cara “pengeleman” menggunakan bahan Solvent Cement. Tahukah Anda, selain dengan cara tersebut ada juga cara lain yang lebih ramah lingkungan, yakni dengan metode Rubber Ring Joint.

Cara populer menyambung pipa PVC adalah dengan proses pengeleman, atau Solvent Cement. Cara ini dilakukan dengan memberi bagian spigot pipa dan socket pipa atau fitting yang hendak disambung dengan bahan perekat khusus, biasanya terbuat dari bahan resin PVC Murni.

Baca : Harga Pipa PVC Rucika

Bahan ini mendukung proses penyambungan persenyawaan sempurna pipa PVC. Sehingga selain mencegah kebocoran, media ini sambungan tetap pada tempatnya untuk saluran pipa air buangan dan sederhana lain.

Produk dan cara menyambung pipa PVC ini sangat mudah, bahkan untuk orang yang tak pernah memiliki pengalaman dibidang plumbing. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses penyambungan berjalan dengan baik dan sempurna.

Proses menyambung pipa pipa PVC dengan lem, rupanya bukan satu-satunya metode penyambungan yang bisa dilakukan pada pipa jenis ini. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan proses penyambungan dengan teknik Rubber Ring Joint.

Seperti namanya, teknik Rubber Ring Joint dilakukan dengan menggunakan metode karet gelang. Proses ini dilakukan tak kalah simple, bahkan tanpa bantuan mesin penyambung pipa dan bahan perekat Solvent Cement.

Baca : Mengenal Pipa PVC

Proses ini dilakukan hanya untuk produk pipa dan aksesoris yang mendukung sistem penyambungan RRJ (Rubber Ring Joint). Teknik penyambungan ini memiliki ciri bagian socket sedikit menggelembung, bagian ini nantinya akan digunakan untuk meletakkan gelang karet khusus.

Gelang karet pada proses menyambung pipa PVC jenis ini bersifat mengikat. Saat bagian spigot masuk socket, gelang karet akan menjepit pipa agar tak keluar lagi. Proses yang sama juga terjadi saat Anda menyambung pipa dengan aksesoris pipa RRJ.

Cara ini mudah, praktis dan sangat ramah lingkungan. Karena dilakukan tanpa bahan perekat kimiawi. Sehingga direkomendasikan untuk instalasi saluran air bersih untuk kebutuhan sanitasi dan konsumsi.

Jenis pipa PVC dengan sistem Rubber Ring Joint biasanya tersedia untuk produk pipa berstandard SNI. Selain itu, produk pipa SDR-41 biasanya juga menggunakan sistem penyambungan ini dengan diameter 3 hingga 24 inch.

Baca : Pipa PVC SNI Rucika Wavin 

Sementara produk pengembangan pipa lain, PVC-O juga memiliki sistem penyambungan Rubber Ring Joint. Sistem penyambungan modern ini saat ini kian populer, dan kemungkinan akan menjadi bagian instalasi plumbing pipa PVC modern untuk berbagai kebutuhan saluran pipa air (Sumber).

Summary
Mengenal Dua Cara Menyambung Pipa PVC
Article Name
Mengenal Dua Cara Menyambung Pipa PVC
Description
Cara menyambung Pipa PVC identik dilakukan dengan cara “pengeleman” menggunakan bahan Solvent Cement. Tahukah Anda, selain dengan cara tersebut ada juga cara lain yang lebih ramah lingkungan, yakni dengan metode Rubber Ring Joint.
Author
Admin PipaPlasti
Publisher Name
pipaplastik.com
Publisher Logo

10 Responses

  1. Have you ever considered about adding a little bit more than just your
    articles? I mean, what you say is important and everything.
    Nevertheless imagine if you added some great photos or video clips to give your
    posts more, “pop”! Your content is excellent but with pics
    and videos, this site could definitely be one of the best in its niche.
    Awesome blog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *