Tak hanya kebutuhan saluran pipa air bersih, kemudahan akses pembuangan dan saluran air khusus kadang dibutuhkan dalam sebuah gedung dan konsep hunian modern. Mempertimbangkan faktor efektivitas dan menanggulangi permasalahan yang bisa muncul, solusinya adalah memasang produk pipa yang tepat.

Membangun jaringan perpipaan modern tak semudah menggunakan produk pipa sembarangan untuk beragam kebutuhan saluran Pipa Air. Karena setiap produk memiliki spesifikasi kelebihan juga kelemahan masing-masing.

Setiap produk pipa diproduksi dari material tertentu dengan karakteristik dan fungsi masing-masing. Seperti saluran pembuangan bekas, limbah cucian, saluran air panas bertekanan dan sebagainya.

Ingat pemilihan produk pipa yang tepat akan membuat biaya yang Anda keluarkan lebih efisien. Mulai dari prosedur pemasangan, perawatan dan penggantian jika hal tak diinginkan terjadi sewaktu-waktu.

Baca : Mengenal Kelebihan Pipa Air

Dibanding produk pipa besi, penggunaan bahan plastik untuk jaringan perpipaan lebih disarankan. Bahan pipa plastik sangat bervariasi dan yang pasti anti karat. Karat menjadi penyebab pipa besi tidak dapat bertahan lama, masalah ini juga membuat saluran air bersih mudah tercemari.

Saat ini pipa plastik ditawarkan dengan beragam variasi, yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, efektifitas dan tentu saja efisiensi biaya. Nah, untuk mengenali manfaat dan jenis pipa apa yang cocok untuk kebutuhan saluran pipa air, berikut beberapa kebutuhan saluran yang kerap dibutuhkan di gedung dan rumah moder :

 

Saluran pipa Air Panas dan Dingin

Dibanding air bersuhu normal, atau dingin, mandi dengan air hangat memberi banyak keuntungan. Selain dalam hal relaksasi, hal ini juga kerap memberi keuntungan bagi kesehatan. Untuk itu dibutuhkan saluran pipa air panas bertekanan.

Tak semua jenis pipa plastik atau thermoplastik dirancang terhadap suhu tinggi. Hal ini biasanya berdasarkan bahan baku produk pipa yang digunakan. Pipa HDPE dan pipa PVC misalnya, kedua produk ini dirancang untuk penggunaan dibawah suhu 60 derajat celcius.

Solusinya adalah dengan pipa PPR, jenis pipa ini dirancang dan direkomendasikan untuk saluran air panas dan dingin bertekanan. Ini dikarenakan bahan baku Polypropilene Random tipe 3 (PPR) yang digunakan mampu hingga suhu lebih dari 100 derajat celcius.

Baca : Harga Pipa PPR Rucika

 

Saluran pipa air bersih

Saluran pipa air bersih mutlak harus ada di setiap bangunan , perumahan dan fasilit umum. Kebutuhan untuk konsumsi dan kegiatan sanitasi, biasanya dapat terwujud dengan jaringan perpipaan air bersih.

Pembangunan jaringan saluran pipa air bersih, umumnya dilakukan dengan memperhatikan beberapa kriteria yang harus terpenuhi dalam sebuah produk pipa. Diantaranya produk harus berstandar Food Grade.

Karena pencmaran saluran air tak hanya terjadi disebabkan oleh lingkungan sekitar. Tapi juga permasalahan yang justru muncul pada produk pipa itu sendiri. Misalnya, munculnya masalah karat, dan bahan baku pipa yang mudah rusak, pada akhirnya dapat mengurangi kualitas saluran air.

Untuk itu, dibutuhkan produk pipa dengan karakter tangguh dan tidak mudah rusak. Idealnya kebutuhan ini bisa Anda penuhin dengan menggunakan produk pipa HDPE dan Pipa PVC-O.

Kedua produk pipa plastik ini memiliki kesamaan dengan karakteristik lentur, kuat dengan tingkat keretakan renda. Pipa PVC-O dan Pipa HDPE juga memiliki sistem penyambungan tanpa bahan kimia perekat, sehingga aman dan sesuai dengan standar Food Grade. Sehingga direkomendasikan untuk saluran pipa air bersih.

Baca : Harga Pipa HDPE Rucika Wavin

 

Saluran pipa air buangan

Saluran air buangan biasanya digunakan untuk saluran sisa air memasak atau mandi dengan komposisi limbah ringan. Biasanya produk saluran pipa air jenis ini membutuhkan produk dengan spesifikasi sangat rendah.

Untuk itu disarankan menggunakan jenis produk pipa PVC. Jenis produk pipa ini memiliki tingkat kesederhanaan dalam hal instalasi dan pemasangan. Selain itu, produk pipa PVC memiliki harga relatif sangat murah dibanding produk pipa plastik yang lain.

Pipa PVC sendiri menawarkan dua macam kelas kebutuhan tekanan. Untuk tekanan tinggi Anda bisa menggunakan produk kelas AW (Dengan tekanan 10 Kg/cm2). Sementara untuk kelas tekanan rendah, Anda bisa menggunakan produk kelas D (Dengan tekanan 5 Kg/cm2).

Baca : Harga Pipa PVC Rucika

 

Saluran pipa air limbah khusus

Saluran limbah kadang tak hanya untuk jenis buangan sederhana. Beberapa diantaranya disertai benda padat dan sebagainya. Dibutuhkan jenis pipa khusus untuk memenuhi kebutuhan ini. Karena dengan sembarangan pipa, saluran pipa air akan mudah tersumbat, rusak dan tak sesuai dengan usia penggunaan yang diharapkan.

Standar internasional merekomendasikan jenis pipa PVC limbah khusus, atau biasa dikenal dengan nama pipa PVC SDR-41. Produk ini didesain dengan karakter khusus, sehingga dapat mengoptimalkan saluran pipa air limbah dengan usia penggunaan hingga puluhan tahun.

Salah satu produk yang direkomendasikan dalam hal ini adalah Rucika Lite atau dulunya dikenal dengan nama Wavin Lite. Produk ini memiliki karakter permukaan dinding dalam halus. Hal ini mempermudah aliran fluida limbah yang dialirkan. Sebaliknya permukaan kasar mudah membuat saluran mudah tersumbat dan rusak.

Selain itu produk ini didesain dengan sistem penyambungan Rubber Ring Joint. Sistem ini dilakukan dengan mudah dan sederhana, hanya dengan menggunakan karet gelang, tanpa mesin pemanas dan bahan perekat yang lain.

Baca : Harga Pipa PVC Limbah Rucika Lite

Untuk saluran buangan bersuhu tinggi, Anda bisa menggunakan pipa khusus. Seperti jaringan perpipaan dari bahan Astolan dan sebagainya. Jenis produk pipa dengan bahan ini mampu mengalirkan limbah cair dengan suhu tinggi. Biasanya digunakan di restoran dan fasilitas umum yang lain (Sumber).

Summary
Merancang Saluran Pipa Air Gedung dan Rumah
Article Name
Merancang Saluran Pipa Air Gedung dan Rumah
Description
Tak hanya kebutuhan saluran pipa air bersih, kemudahan akses pembuangan dan saluran air khusus kadang dibutuhkan dalam sebuah gedung dan konsep hunian modern. Mempertimbangkan faktor efektivitas dan menanggulangi permasalahan yang bisa muncul, solusinya adalah memasang produk pipa yang tepat.
Author
Publisher Name
https://pipaplastik.com
Publisher Logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *