Penyambungan Pipa PVC RRJ dan Lem, Mana yang lebih baik ?

Penyambungan Pipa PVC RRJ dan Lem, Mana yang lebih baik ?

Metode pemasangan pipa uPVC dikenal cara penyambungan pipa PVC RRJ dan Lem atau solvent cement. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, mana yang lebih baik ?

Penyambungan pipa PVC RRJ dan Lem merupakan dua metode yang biasa kita jumpai untuk produk pipa plastik jenis ini. Seperti namanya, keduanya memiliki teknik pemasangan berbeda satu dengan yang lain.

Penyambungan Pipa PVC RRJ atau menggunakan gelang karet (Rubber ring joint) memiliki teknik penyambungan tanpa lem dan mesin penyambung. Cara ini biasa dilakukan dengan menggunakan gelang karet sebagai media pengunci sambungan.

Cara penyambungan ini sangat mudah dan sederhana, cukup masukkan gelang karet pada bagian pipa yang tersedia, dan dorong bagian spigot hingga mentok. Untuk mempermudah proses biasanya digunakan lubrikan sebagai bahan pelicin.

Penyambungan Pipa PVC RRJ tak bisa dilakukan pada semua jenis pipa. Karena model penyambungan ini biasnnya hanya dilakukan pada produk pipa PVC tipe Rubber Ring Joint, dengan socket khusus sebagai penempat karet.

Baca : Harga Pipa PVC-O

Model penyambungan ini biasanya ditujukan pada produk pipa dengan ukuran diameter besar. Besarnya ukuran diameter, membuat proses penyambungan tak bisa dilakukan secara tergesa-gesa. Seperti prosedur penyambungan dengan Solvent Cement (lem) karena bahan yang cepat kering.

Jenis Penyambungan Pipa PVC RRJ biasanya tersedia pada produk pipa berstandar SNI. Produk ini biasanya dapat dikenali dengan panjang pipa 6 meter per batang. Dan biasanya tersedia dalam ukuran diameter tak kurang dari 4 inch.

Selain penyambungan Pipa PVC RRJ, metode lain yang biasa digunakan adalah Solvent Cement, atau pengeleman. Seperti namanya, metode ini dilakukan dengan metode persenyawaan sempurna bahan PVC sehingga merekat dengan sempurna.

Metode ini biasanya menggunakan media solevent cement. Bahan ini membuat bagian pipa PVC menyatu dengan bagian lain. Sehingga proses ini memungkinkan pipa digunakan sebagai saluran air seperti yang diharapkan.

Produk penyambungan pipa PVC solvent cement, biasanya tersedia di berbagai standar produk. Mulai dari produk pipa PVC JIS, SNI, Limbah dan sebagainya. Metode ini biasanya tersedia hanya untuk diameter dibawah 12 inch.

Baca : Harga Pipa PVC Standar

Kunjungi juga website resmi kami : Jalurpipa.com

Summary
Penyambungan Pipa PVC RRJ dan Lem, Mana yang lebih baik ?
Article Name
Penyambungan Pipa PVC RRJ dan Lem, Mana yang lebih baik ?
Description
Penyambungan pipa PVC RRJ dan Lem atau solvent cement, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, mana yang lebih baik ?
Author
Publisher Name
pipaplastik.com
Publisher Logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: