Mesin Las Pipa HDPE : Mengenal Part dan Cara Kerja

Mesin Las Pipa HDPE : Mengenal Part dan Cara Kerja

Mesin Las Pipa HDPE merupakan media yang digunakan untuk menyambung saluran pipa PE-100 (HDPE) secara Butt Fusion, yang terdiri dari beberapa bagian.

Welding Machine HDPE Pipe, atau biasa juga dikenal Mesin Las Pipa HDPE adalah media penyambung dua ujung pipa dengan persenyawaan sempurna. Metode ini memungkinkan bagian sambungan merekat satu dengan yang lain, tanpa sekat, sehingga dikenal istilah tersebut.

Mesin Las Pipa HDPE umumnya ditawarkan secara bervariasi. Mulai dari tipe mesin (Manual atau otomatis) hingga kebutuhan penyambungan pipa untuk diameter tertentu. Umumnya satu tipe mesin memiliki fungsi menyambung lebih dari 4 jenis ukuran diameter pipa HDPE.

Baca : Refrensi Tipe dan Harga Mesin HDPE

Dalam setiap produknya, welding machine hdpe pipe terdiri dari beberapa bagian penting yang berfungsi khsus dalam metode penyambungan pipa HDPE. Seperti ragum pipa, yang berfungsi mengikat posisi pipa agar tidak bergesar.

Bagian ini juga berfungsi menggerakkan pipa maju-mundur, untuk proses pemanasan dan penyambungan. Dalam satu jenis tipe mesin biasanya terdiri dari beberapa ragum yang dapat disesuaikan dengan ukuran diameter pipa.

Selain ragum, pada tipe manual terdapat tuas yang berfungsi menggerakkan pipa maju dan mundur. Umumnya ada dua jenis tuas yang ditawarkan, dengan cara didorong / ditarik, atau dengan cara diputar yang memiliki fungsi sama satu dengan yang lain.

Pada mesin otomatis, mesin las pipa hdpe dilengkapi dengan rel, dan ragum pipa dapat digerakkan dengan bantuan hydraulic / hidrolis. Metode ini dilakukan tanpa tenaga manusia, namun membutuhkan daya listrik untuk menggerakkan alat.

Baca : Mengenal Mesin HDPE

Bagian penting lain adalah alat pemanas. Alat ini biasanya tepisah dari bagian ragum dan rel mesin las pipa hdpe. Seperti namanya, alat ini berfungsi memanaskan dua ujung pipa atau aksesoris (butt fusion) yang hendak disambung satu dengan yang lain.

Alat ini dilengkapi dengan fasilitas teflon dua sisi. Sehingga selain tidak membuat lengket ujung pipa, alat ini dapat memanaskan dua sisi pipa / fitting dalam waktu bersamaan. Mesin pemanas biasanya dilengkapi dengan monitor suhu.

Untuk memastikan ujung pipa rapi, mesin hdpe juga dilengkapi dengan alat penyerut. Alat ini bekerja secara dua sisi dalam waktu yang sama. Proses penyerutan biasanya dilakukan sebelum proses pemanasan.

Baca : Mengenal Pipa HDPE

Tiga elemen utama tersebut sering ada pada mesin las pipa hdpe baik manual atau otomatis. Pelengkap lain seperti crane, biasanya ada untuk mesin penyambung diameter besar, sehingga mempermudah proses handling.

Distributor pipa dan mesin HDPE

Summary
Mesin Las Pipa HDPE : Mengenal Part dan Cara Kerja
Article Name
Mesin Las Pipa HDPE : Mengenal Part dan Cara Kerja
Description
Mesin Las Pipa HDPE merupakan media yang digunakan untuk menyambung saluran pipa PE-100 (HDPE) secara Butt Fusion, yang terdiri dari beberapa bagian.
Author
Publisher Name
pipaplastik.com
Publisher Logo

One thought on “Mesin Las Pipa HDPE : Mengenal Part dan Cara Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: