Logo-PipaPlastik

Berapa Tekanan dan Suhu Ideal Pipa PPR?

July 4, 2022

Ilustrasi-Berapa-Tekanan-dan-Suhu-Ideal-Pipa-PPR
Dalam penggunaannya, usia pakai produk spesialis air bersih panas dan dingin, Pipa PPR dapat dioptimalkan hingga 50 tahun.

Dalam penggunaannya, usia pakai produk spesialis air bersih panas dan dingin, Pipa PPR dapat dioptimalkan hingga 50 tahun. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemilihan spesifikasi yang tepat, berikut beberapa tipsnya.

Tak banyak brand menawarkan jenis pipa PPR untuk saluran air bersih bersuhu tinggi. Salah satunya yang bisa kita jumpai adalah produk Rucika Kelen Green yang memiliki warna dominan Hijau dengan kombinasi warna strip garis.

Produk ini sebelumnya dikenal dengan nama Wavin Tigris, dan dikembangkan berdasar standard produksi Eropa. Dimana pangsa pasar pipa air panas sangat populer, di lingkungan bersuhu sangat rendah.

Pipa PPR pada dasarnya ditawarkan sebagai solusi pengganti pipa metal, yang sebelumnya digunakan untuk keperluan yang sama. Hanya saja masalah karat membuat saluran air bersih bersuhu tinggi kurang efektif.

Bahan lentur, kuat dan tingkat keretakan yang rendah membuat produk pipa thermoplastik begitu popular. Terutama untuk kebutuhan saluran air panas, dengan pipa PPR yang terbukti dapat digunakan hingga lebih dari 50 tahun.

Baca Juga :

Meski demikian, informasi yang kurang membuat instalasi produk ini kerap berjalan tidak sesuai harapan. Alih-alih bisa digunakan dalam jangka waktu lama, instalasi pipa PPR bisa rusak di tengah jalan, dan dalam waktu singkat.

Pada dasarnya pipa PPR ditawarkan dengan beberapa varian ketebalan dinding, dalam hal ini dibedakan berdasar varian PN atau biasa dikenal dengan Pressure Nominal. Berbeda dengan Produk Pipa HDPE, nominal PN pada pipa PPR dapat digunakan dalam menyesuaikan proses instalasi saluran air, seperti yang di harapkan.

Lalu, bagaimana menterjemahkan penggunaan produk dengan PN yang tepat untuk usia pakai jangka panjang?

Dalam instalasi saluran air bersih panas dan dingin menggunakan pipa PPR, ada beberapa aspek spesifikasi yang harus diperhatikan. Terutama agar saluran awet digunakan tanpa risiko kendala pemakaian.

Pipa PPR PN-10

Merupakan jenis pipa PPR dengan nominal tebal dinding paling kecil atau tipis dibanding dua varian yang ditawarkan. Produk dengan spesifikasi ini diperuntukkan untuk instalasi saluran air dingin bertekanan rendah multi skala penggunaan.

Dalam hal optimalisasi penggunaan produk, jenis pipa PPR PN-10, sebaiknya digunakan untuk saluran air bersih bertekanan 9 kg/cm2 (bar). Sementara suhu fluida (air bersih) ideal dalam instalasi saluran air ini maksimal 30 derajat celcius.

Sementara dengan suhu maksimal 20 derajat celcius, tipe tekanan saluran air dengan spesifikasi produk ini bisa mencapai 10 kg/cm2 (10 bar). Berpedoman dengan suhu fluida dan tingkat tekanan saluran pipa PPR PN-10 dapat memiliki usia pakai minimal 50 tahun, jika disambung secara baik dan benar.

Pipa PPR PN-16

Merupakan varian produk dengan tingkat ketebalan dinding pipa menengah, atau sedang. Dalam rekomendasinya, jenis pipa PPR ini dapat digunakan untuk saluran air bersih bersuhu tinggi, namun dengan tingkat tekanan saluran rendah.

Secara umum, produk pipa PPR PN-16 dapat digunakan dengan suhu antara 20 hingga 60 derajat celcius. Untuk mendapat usia pakai maksimal (minimal 50 tahun) maka dibutuhkan penyesuaian tekanan saluran fluida, air bersih yang berjalan secara konstan.

Penggunaan saluran dengan suhu fluida maksimal 20 derajat celcius (air dingin) bisa dikombinasi dengan tekanan 16 bar. Sementara kebutuhan Fluida bersuhu maksimal 40 derajat celcius dapat dikombinasi dengan tekanan 12 bar. Dan untuk kebutuhan air dengan suhu maksimal 60 derajat celcius, kebutuhan tekanan ideal 8 bar.

Pipa PPR PN-20

Diantara dua varian produk di daftar ini, pipa PPR PN-20 memiliki nominal tebal dinding paling besar. Dan karena paling tebal, produk ini ideal digunakan untuk saluran air bersih bertekanan dengan suhu tinggi dalam penggunaan konstan sekalipun.

Dalam penggunaannya produk pipa PPR PN-20 dapat digunakan untuk saluran air bersih bertekanan dengan suhu 20 hingga 70 derajat celcius. Tentu saja untuk penggunaan dengan usia lebih dari 50 tahun, perlu disesuaikan dengan nominal tekanan instalasi saluran air yang dibangun.

Dengan suhu fluida mencapai 20 derajat celcius, produk dengan spesifikasi PN-20 dapat ditekan hingga 20 bar. Sementara dengan suhu maksimal 40 derajat celcius, pipa bisa bekerja dengan tekanan 15 bar. Dan dengan suhu maksimal 60 derajat celcius, tekanan ideal saluran air bersih mencapai 10 bar.

Produk pipa PN-20 juga secara konstan dapat mengalirkan fluida dengan suhu maksimal 70 derajat celcius secara konstan. Untuk penggunaan jangka panjang, jenis saluran ini direkomendasikan menggunakan tekanan tak lebih dari 8 bar.

Perpaduan jenis produk dan nominal tekanan yang digunakan akan membuat instalasi saluran air bersih panas dan dingin bebas masalah dan dapat digunakan bahkan lebih dari 50 tahun. Hal ini dimungkinkan karena karakter unik produk, dan mekanisme penyambungan pipa secara persenyawaan sempura produk pipa thermoplastik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× Kontak Kami