Pipa Air Panas

Pipa Air Panas

Konsep desain pipa air panas diproduksi berdasarkan kebutuhan membangun jaringan saluran air panas dan dingin bertekanan untuk saluran sanitasi.

Tak mudah mencari produk perpipaan untuk saluran air berkarakter khusus. Seperti saluran air panas dan dingin bertekanan untuk kebutuhan sanitasi penunjang kebutuhan kegiatan mandi dan bersih-bersih.

Baca : Info harga Pipa PPR

Karena selain harus tahan terhadap tekanan, material pipa juga harus tahan terhadap suhu tinggi pada fluida (terutama itu). Tak hanya itu, karakter pipa juga diharapkan mampu meredam panas. Sehingga suhu cairan yang dialirkan tetap terjaga hingga akhir saluran.

Nah, melihat kemampuan yang dibutuhkan diatas, dibutuhkan pipa yang tak hanya tangguh, tapi juga tahan terhadap fluida bersuhu tinggi. Dan masalahnya tak semua jenis pipa memiliki kemampuan tersebut.

Tekanan dan fluida bersuhu tinggi kerap menjadi ancaman tersendiri bagi material bahan baku pipa. Tak hanya rusak dalam jangka waktu lama, kesalahan penggunaan produk bahkan dapat berisiko membuat pipa meledak seketika.

Saat ini banyak produk pipa air panas ditawarkan dengan beragam keunggulan dan kemampuan dalam menyalurkan fluida bersuhu tinggi. Salah satunya produk pipa cast iron (besi) yang sudah lama banyak digunakan.

Pipa besi digunakan karena karakternya yang tangguh untuk saluran air. Bahkan pipa ini juga digunakan untuk saluran air bersih dan sebagainya. Selain itu ada juga pilihan Pipa Air Panas dari bahan thermoplastik.

Baca : Pipa PPR Adalah

Jenis Pipa Air Panas

Dalam kebutuhannya pipa air panas digunakan untuk beberapa keperluan. Diantaranya untuk mengalirkan air bersih (kebutuhan sanitasi hingga saluran makanan cair) hingga saluran limbah dan buangan bersuhu tinggi.

Berikut kita jelaskan dua spesifikasi jenis pipa air panas untuk kebutuhan saluran air bersih dan limbah :

Pipa Air Panas Sanitasi

Ada beberapa hal yang dapat menjelaskan karakter utama dalam pemilihan produk pipa air panas ideal untuk kebutuhan sanitasi. Mampu mengalirkan (bahkan dengan tekanan tertentu), menjaga kualitas dan mempertahankan suhu air hingga digunakan.

Pipa cast iron sering dipilih karena karakternya yang kuat, sehingga dianggap efektif dalam menyalurkan saluran air panas bertekanan. Meski pada akhirnya, produk ini memiliki sejumlah kendala, sehingga pemakaiannya menjadi kurang efektif.

Diantaranya material dengan bobot lumayan berat, sehingga mempersulit proses instalasi dan monilisasi. Prosedur penyambungan pengelasan yang tak mudah dan harga relatif mahal.

Selain pembelian material dan instalasi, kita juga harus mempersiapkan biaya perawatan. Mengingat bahan cast iron (besi) yang kerap bermasalah dengan karat dan sebagainya.

Pengganti idealnya adalah dengan produk pipa air panas dari bahan thermoplastik, atau lebih tepatnya pipa PP-R. Pipa jenis ini terbuat dari bahan baku PolyPropylene Random. (PPR) yang memiliki karakter istimewa dalam jaringan air dingin atau panas bersih bertekanan untuk kebutuhan sanitasi.

Dalam hal kebutuhan jaringan air panas dan dingin bertekanan, pipa PP-R memiliki sejumlah kelebihan dibanding pipa cast iron. Diantaranya bobot ringan dan penyambungan simpel. Selain mudah dalam mobilisasi, kelebihan ini membuat pipa mudah dipasang tanpa kesulitan.

Prosedur penyambungan dengan sistem “persenyawaan sempurna” juga membuat saluran pipa air panas PPR berisiko kecil bocor. Bahkan Anda bisa menghemat biaya karena usia penggunaan pipa ini bisa mencapai 50 tahun.

Pipa PPR umumnya ditawarkan dengan beberapa kebutuhan tekanan (Pressure nominal / PN), diantaranya :

  • Pipa PPR PN-10 : Untuk saluran air dingin tanpa tekanan
  • Pipa PPR PN-16 : Untuk saluran air dingin bertekanan atau pipa air panas bertekanan rendah
  • Pipa PPR PN-20 : Untuk saluran air panas betekanan

Selain 3 varian PN diatas, beberapa brand seperti Rucika Green (eks. Wavin Tigris Green) juga menawarkan inovasi produk, bernama Pipa PP-RCT. Jenis pipa ini merupakan pengembangan Pipa PPR konvensional, dengan tebal dinding lebih tipis, namun memiliki tekanan bahkan mencapai lebih dari 22 bar (PN-22).

Pipa Air Panas Limbah dan Buangan

Pada dasarnya kebutuhan saluran limbah dan buangan bersuhu tinggi memerlukan jenis pipa air panas khusus. Karena karakter fluida yang tak murni dalam bentuk cair.

Campuran material padat limbah membuat saluran pipa air panas untuk limbah dan buangan membutuhkan jenis pipa khusus. Dalam hal ini, penyambungan dengan metode welded fusion yang sering berdampak sisa lelehan pada pipa PPR (Pipa ideal untuk saluran air panas) kurang baik untuk kebutuhan ini.

Karena hal ini dapat menimbulkan penumpukan kotoran yang berisiko mengakibatkan penyumbatan. Penyumbatan yang berlangsung lama akan mengganggu aliran, dan dampak langsung maupun tak langsung akan mengurangi usia penggunaan pipa.

Di industri pasar nasional, ada beberapa produk yang menawarkan spesifikasi untuk saluran air panas buangan. Diantaranya Wavin As dan SiTech, keduanya merupakan produk ideal dengan beberapa kelebihan.

Wavin As adalah produk pipa untuk saluran air kotor atau limbah. Material produk ini terbuat dari formula bahan Polypropylene dengan Mineral Reinforced yang telah dipatenkan. Bahan ini secara penggunaan dapat mengalirkan fluida bersuhu tinggi dengan kemampuan meredam suara (bising).

Produk yang direkomendasikan untuk Pipa Air Panas kebutuhan limbah ini memiliki sistem penyambungan rubberring joint. Cocok digunakan sebagai pengganti pipa cast iron  yang sering bermasalah dengan karat. Tersedia untuk DN 56mm hingga 200mm dengan panjang optimal 3 meter setiap batang.

Variasi lain produk pipa air panas dari bahan thermoplastik adalah produk Wavin SiTech. Produk ini memiliki karakter unik dengan 3 lapisan pembentuk pipa. lapisan luar (biru pucat RAL 5024) dan lapisan dalam (putih) dibuat dari copolymer polypropylene, lapisan tengah mengandung polypropylene dengan tambahan mineral.

Beberapa lapisan pada pipa membuat material tahan terhadap air buangan bersuhu tinggi hingga 90°C dan mampu meredam suara (low noise). Proses penyambungan pipa dilakukan dengan metode Rubberring joint sehingga dapat dipasang tanpa mesin penyambung dan bahan perekat lain. Sangat cocok sebagai pengganti pipa cast iron yang sering terkendala masalah karat

 

Kelebihan Pipa Air Panas Thermoplastik

Bobot Ringan : Pipa thermoplastik memiliki bahan baku ideal untuk beragam kebutuhan saluran air, termasuk pipa air panas. Produk dengan bahan baku ini biasanya memiliki bobot lebih ringan dibanding pipa besi (untuk kebutuhan yang sama). Kelebihan ini membuat pipa thermoplastik mudah di pasang dan dipindahkan (mobilisasi).

Prosedur penyambungan anti bocor : Pipa air panas thermoplastik disambung dengan teknik khusus tanpa proses pengeleman. Pada pipa PPR teknik ini dikembangkan dengan prosedur penyambungan “Persenyawaan Sempurna” dengan metode welding joint.  Sementara pipa As atau SiTech disambung dengan sistem rubberring joint. Keduanya jika dilakukan dengan prosedur penyambungan yang baik memiliki tingkat risiko kebocoran sangat kecil.

Usia pemakaian hingga 50 tahun : Bahan baku tahan panas, dengan tingkat keretakan rendah dan sistem penyambungan “persenyawaan sempurna” membuat saluran pipa air panas thermoplastik memiliki usia penggunaan lebih lama, yakni hingga mencapai lebih dari 50 tahun.

Kemudahan proses penyambungan : Jika pipa besi membutuhkan metode sistem pengelasan, pipa thermoplastik disambung dengan cara mudah. Yakni dengan Polyfusion joint (teknik pelelehan) dan sistem rubberring Joint yang dapat dipelajari dan dilakukan secara sederhana.

Peredam panas paling efektif : Peredam panas merupakan faktor utama dalam saluran pipa air panas baik air bersih maupun saluran buangan dan limbah. Kelebihan ini membuat suhu air bersih terjaga pada saat digunakan dalam kegiatan sanitasi.

Bebas Karat : Karat sering menjadi masalah pelik pada saluran pipa air panas dengan menggunakan pipa besi. Masalah ini kerap berdampak pada kerusakan dan mengurangi usia penggunaan. Bahan thermoplastik tidak memiliki risiko karat, sehingga memiliki usia penggunaan lebih lama.

Fleksibilitas tinggi : Fleksibilitas tinggi menjadi kelebihan pipa air panas dari bahan thermoplastik ketimbang pipa dari bahan besi. Keistimewaan ini membuat pipa mudah dibengkokkan dengan radius tertentu. Sehingga selain mengurangi kebutuhan aksesoris Pipa, juga berdampak pada ketahanan pipa terhadap benturan benda tumpul secara tiba-tiba.

Berstandar food grade : Selain tidak berkarat, pipa thermoplastik juga memiliki kelebihan bahan baku material yang tak mudah rusak untuk kebutuhan saluran pipa air panas (Untuk jenis tertentu). Sehingga untuk kebutuhan saluran air bersih, saluran dengan pipa jenis ini memiliki standar food grade, dengan risiko pencemaran kecil.

Sumber : Rucika.co.id

 

× Kontak Kami