Rucika Green

Rucika Green

Rucika Green merupakan produk jaringan perpipaan dari bahan Polypropylene Random type 3. Merupakan material Propylene dengan copolymer  (PP-R type 3) atau PP-R 80 yang didesain untuk saluran sanitasi air panas dan dingin bertekanan.

Pipa PPR Rucika Green merupakan produk lama dengan nama baru. Sebelumnya produk ini dikenal dengan nama Wavin Tigris Green yang dirancang untuk saluran air panas dan dingin bertekanan. Terdapat beberapa jenis produk yang ditawarkan berdasarkan tekanan, temperatur dan ketebalan dinding yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai produk pipa thermoplastik, Rucika Green disambung dengan sistem heat fusion. Mekanisme penyambungan ini dilakukan dengan proses pemanasan menggunakan peralatan khusus. Proses penyambungan dilakukan dengan persenyawaan sempurna. Membuat bagian ini sekokoh bagian utama pipa.

Baca : Update Harga Pipa PPR Rucika

Proses penyambungan thermoplastik “persenyawaan sempurna” membuat saluran pipa berisiko kecil mengalami kebocoran dan bebas dari perawatan. Sehingga dapat digunakan dengan usia rata-rata lebih dari 50 tahun.

Produk Pipa PPR Rucika Green diproduksi berdasarkan standard Internasional, diantaranya :

  • DIN 8077 : Polypropylene pipes – Dimensions
  • DIN 8075 : Polypropylene Pipes type 3 – Quality requirement – test
  • DIN 16962 : Joints and fittings for polypropylene pressure pipes – Dimensions
  • DIN 4726 : Fitting with metal insert

Baca : Harga Fitting PPR Rucika

 

Kelebihan Rucika Green

Pipa PPR Rucika Green diproduksi dari bahan Polypropylene Random type 3 dengan beberapa karakter istimewa. Membuat produk tak hanya lentur tapi juga tahan terhadap suhu tinggi. Berikut beberapa kelebihan produk :

  • Dibuat Sesuai Standar internasional
    Seperti dijelaskan diatas, produk Rucika Green merupakan nama baru untuk produk Wavin Tigris Green. Perubahan nama tak lantas merubah standar dan spesifikasi produk yang didesain berdasarkan standarisasi internasional Wavin, Belanda
  • Higienitas Tinggi
    Salah satu persyaratan produk pipa untuk saluran air bersih adalah karakter higienitas. Terutama untuk saluran air bersih, pipa kurang higienis akan berdampak buruk pada lingkungan sekitar dan manusia sebagai pengguna akses air bersih.
  • Proses Sambungan Persenyawaan Sempurna
    Rucika Green didukung ratusan jenis aksesoris dari beragam bentuk dan diameter. Sistem penyambungan yang ditawarkan dengan memanfaatkan karakter thermoplastik, dengan menggunakan proses pemanasan. Hal ini memungkinkan bagian sambungan merekat dengan sistem persenyawaan sempurna.
  • Dukungan sistem ulir
    Dukungan aksesoris dengan sistem penyambungan heat fusion, Rucik Green juga mendukung sistem sambungan ulir. Aksesoris PPR dengan sistem ini memiliki komposisi nickel-plate brass OT 58, sehingga menjamin life time ulir dari kerusakan akibat panas, karat dan bahan kimia serta dapat diaplikasikan ke seluruh sistem sanitasi.
  • Bobot Ringan
    Keistimewaan bobot ringan menjadi salah satu ciri produk pipa modern. Hal ini mempermudah proses instalasi dan proses mobilisasi produk pada saat digunakan (instalasi) di lapangan.
  • Peredam Panas
    Salah satu keunggulan yang mungkin tak bisa dilakukan produk lain dengan bahan thermoplastik, adalah bahan baku peredam panas. Fungsinya menjaga saluran air memiliki suhu (panas) ideal hingga pada saat digunakan.
  • Dinding dalam licin
    Permukaan dinding dalam licin membuat saluran air kian mudah dalam mengalir. Kelebihan ini juga membuat risiko pengendapak kotoran sangat kecil. Sekaligus mencegah terjadinya head loss yang terjadi pada pipa air panas dan dingin tradisional.
  • Anti Abrasi
    Abrasi merupakan momok dan kerap membuat usia pipa lebih pendek. Kecemerlangan produk Rucika Green bebas dari abrasi adalah permukaan dinding dalam pipa yang licin. Sehingga dapat mengalirkan air dengan kecepatan 7 m per detik tanpa risiko terjadinya abrasi.
  • Ketahanan terhadap bahan kimia
    Rucika Green memiliki kemampuan tahan terhadap bahan kimia asam dan basa kuat. Produk ini juga tahan terhadap temperatur 115°
  • Anti bising dan tahan Gempa
    Material bahan baku Polypropylene Random (PP-R) Type 3, membuat pipa lebih fleksibel. Hal ini membuat produk mampu meredam kebisingan yang terjadi pada saat instalasi dan bunyi yang ditimbulkan karena Water Hammer. Selain itu, bahan ini juga mambuat produk tahan terhadap gempa.

 

Jenis Pipa PPR Rucika Green

Pipa PPR Rucika Green menawarkan solusi ideal untuk saluran air panas dan dingin bertekanan kebutuhan air bersih sanitasi. Secara umum, berikut beberapa jenis produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan :

  • Produk Pipa PPR Rucika Green Pipa PN-10 : Produk ini memiliki ciri dinding paling tipis, ideal digunakan untuk saluran air dingin
  • Produk Pipa PPR Rucika Green Pipa PN-16 : Produk ini dirancang untuk saluran air panas tidak bertekanan.
  • Produk Pipa PPR Rucika Green Pipa PN-20 : Dirancang untuk saluran air panas bertekanan tinggi dengan ketahanan terhadap suhu hingga 115°
  • Produk Pipa PP-RCT Rucika Green Pipa PN-22 : merupakan produk perpipaan yang didesain dari pengembangan bahan PPR. Produk ini dirancang untuk saluran air panas bertekanan tinggi.

Produk pipa PPR Rucika Green dirancang untuk kebutuhan saluran air panas dan dingin bertekanan multi skala. Penggunaannya pun bisa memenuhi kebutuhan saluran Perumahan, industri, rumah sakit, hotel dan apartemen.

Baca : Aksesoris Pipa PPR

Selain itu, produk juga mendukung saluran Sistem udara bertekanann, Sistem air minum dan makanan cair, Agrikultur (Rumah kaca dan taman), Sistem transportasi asam dan cairan agresif dan Sistem pendingin ruangan (AC).

Life Time Rucika Green (Berdasarkan Standar DIN 8077/1997)

Life Time Rucika Green

 

Tips Instalsi Ideal Pipa PPR Rucika Green

  • Untuk proses instalasi ideal, pastikan menggunakan komponen pipa dan aksesoris tidak rusak. Bersihkan kontaminasi kotoran dan bahan lain yang dapat membuat proses sambungan tidak berjalan dengan baik.
  • Hindari proses instalasi di lingkungan dengan suhu rendah. Dalam proses penyambungan suhu ideal adalah >5°
  • Benturan mekanik mudah merusak struktur pipa, sehingga hindari komponen yang penyebab benturan penyabab kerusakan.
  • Dalam proses pelengkungan, pastikan dilakukan di lingkungan dengan suhu >15°C
  • Hindari dan jangan lakukan proses pembengkokan pipa dengan cara dipanaskan dengan cara dibakar dan kontak dengan api.
  • Gunakan aksesoris yang direkomendasikan untuk jalur persilangan jalur pipa tumpang tindih.
  • Lakukan proses penyambungan sesuai dengan prosedur penyambungan dengan menggunakan aksesoris yang direkomendasikan.

Baca : Metode penyambungan dan mengenal jenis Pipa PPR

  • Gunakan seal teflon atau sealing compound untuk sistem sambungan ulir. Sambung dengan komponen non plastik untuk hasil sempurna.
  • Saat disambung dengan pipa atau komponen aksesoris dari besi, hindari perlakuan panas (brazing atau pengelasan) di sekitar sambungan.
Katalog Produk Rucika Green
Katalog Produk Rucika Green

 

Summary
Rucika Green (Eks. Wavin Tigris Green)
Article Name
Rucika Green (Eks. Wavin Tigris Green)
Description
Rucika Green merupakan produk jaringan perpipaan dari bahan Polypropylene Random type 3. Merupakan material Propylene dengan copolymer  (PP-R type 3) atau PP-R 80 yang didesain untuk saluran sanitasi air panas dan dingin bertekanan.
Author
Publisher Name
https://pipaplastik.com
Publisher Logo
× Kontak Kami