Membuat Saluran Pipa Air Plastik Panjang Umur

Membuat Saluran Pipa Air Plastik Panjang Umur

Tak kalah dengan pipa besi, penggunaan saluran pipa air plastik juga tak kalah tangguh. Bahkan jenis pipa ini didesain untuk penggunaan jangka panjang, hingga 50 tahun. Hanya saja, satu dan beberapa hal kerap membuat hal ini kerap tidak bisa tercapai.

Bahan plastik selama ini dikenal memiliki karakter tangguh, dengan tingkat ketahanan sangat baik. Sehingga digunakan untuk beragam kebutuhan produk, termasuk saluran pipa air plastik dengan usia penggunaan hingga puluhan tahun.

Baca Juga : Mengenal Pipa HDPE

Bahan yang digunakan untuk kebutuhan saluran pipa air plastik umumnya dari thermoplastik. Yakni bahan olahan plastik yang akan lumer saat dipanaskan dengan suhu tinggi. Namun bahan ini akan mengeras saat berada di suhu normal.

Pada industri pipa plastik, ada beberapa bahan thermoplastik populer yang sering digunakan, seperti PVC, PP, dan PE. Ketiganya didesain unik, untuk kebutuhan saluran pipa air plastik dengan karakter tertentu. Seperti saluran air kotor, saluran air bersih bertekanan, hingga saluran air bersuhu tinggi.

Kebutuhan tersebut sebelumnya dipenuhi dengan menggunakan pipa besi. Hanya saja, masalah karat membuat penggunaan pipa besi sering dikoreksi, karena menjadi penyebab pencemaran aliran hingga lingkungan sekitar. Pasalnya masalah karat pada pipa besi membuat hal ini sangat mungkin terjadi.

Baca Juga : Mengenal Pipa PPR

Karakter bahan thermoplastik pada dasarnya sangat unik, dan penggunaan bahan ini sepenuhnya dapat menggantikan karakter pipa besi yang tangguh, dan bahkan awet dalam hal penggunaan hingga puluhan tahun.

Ini dikarenakan setiap bahan baik PVC, PP dan PE memiliki ketahanan hingga 50 tahun. Hanya saja, satu dan beberapa hal kerap membuat produk pipa tak bisa bertahan hanya dalam waktu beberapa tahun saja.

Hal tersebut diantaranya penggunaan material bahan baku untuk produk saluran pipa air plastik. Beberapa produsen sering bereksperimen dengan mengganti persentase penggunaan bahan resin, sehingga kualitas pipa menjadi menurun.

Selain karena produk, kesalahan dalam hal instalasi juga kerap memperpendek usia penggunaan saluran pipa air plastik. Seperti penggunaan lem terlalu banyak, hingga penyambungan pipa PP atau PE yang kurang sempurna.

Kesalahan dalam mengenali kebutuhan saluran pipa air plastik juga kerap menjadi kendala dalam hal usia penggunaan produk. Seperti penggunaan pipa dengan tekanan tidak sesuai dengan kebutuhan (PN pipa terlalu kecil) dan atau kesalahan penggunaan produk pipa untuk kebutuhan mengalirkan fluida tertentu.

Kesalahan ketiga faktor tersebut kerap membuat usia saluran pipa air plastik hanya beberapa tahun. Sementara pada umumnya, penggunaan produk pipa plastik yang dilakukan dengan produk dan instalasi yang benar membuat saluran pipa air plastik bisa berusia hingga 50 tahun.

 

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: