Ilustrasi-Pipa-PVC---Agustus-2021

Seperti namanya, Pipa ini terbuat dari bahan baku Polivinil Klorida atau biasa dikenal dengan istilah PVC atau pipa

Pipa PVC adalah produk pipa thermoplastik pertama yang digunakan untuk saluran air. Bahkan hingga sekarang, pipa ini sering menjadi pilihan karena banyak manfaat yang ditawarkan.

Seperti namanya, Pipa ini terbuat dari bahan baku Polivinil Klorida atau biasa dikenal dengan istilah PVC atau pipa uPVC. Material ini merupakan salah satu polimer thermoplastik urutan ketiga. Kelebihan material ini memiliki keunggulan harga yang murah dan mudah dirangkai.



Bahan ini awalnya ditemukan tidak sengaja oleh Henri Victor Regnault, seorang ilmuwan ahli kimia asal Rusia tahun 1835. Pengembangan material ini kemudian dilakukan ilmuwan di negara yang sama, Eugen Baugman pada tahun 1872.

Selain untuk produk pipa , bahan baku ini juga kerap digunakan untuk kebutuhan lain. Seperti pakaian, kabel listrik dan kebutuhan rumah tangga lain.  

Material ini kemudian mulai dijual bebas pada tahun 1926, dengan komposisi penambahan material lain. Sehingga bahan Polivinil Klorida memiliki karakter lebih fleksibel, mudah diproses dan cocok untuk beragam kebutuhan, termasuk pipa plastik.

Dalam hal kebutuhan bahan baku Polivinil Klorida, material ini direkomendasikan untuk menunjang saluran pembuangan rumah tangga. Bahan ini bahkan lebih baik ketimbang pipa besi, dengan kelebihan anti korosi.

Bobot yang ringan dan prosedur instalasi yang mudah membuat produk Pipa lebih mudah dicintai. Bahkan menggeser popularitas Pipa Besi yang terlebih dahulu kerap digunakan untuk saluran air.

Bahkan hingga ratusan tahun berjalan, dengan banyaknya perkembangan bahan baku thermoplastik lain untuk kebutuhan jaringan perpipaan, bahan Polivinil Klorida masih tetap bertahan. Campuran komposisi material dan pengolahan bahan baku, membuat jenis material ini memiliki karakter lebih sempurna.

Seperti bahan uPVC dan PVC-O, keduanya membuat bahan Polivinil Klorida lebih kuat, tangguh, lentur dengan tingkat keretakan sangat rendah. Bahkan membuat lindasan alat berat tak mampu membuat kerusakan atau kebocoran pipa.



Jenis-jenis pipa PVC

Dalam variannya, produk pipa PVC atau uPVC ditawarkan beragam di pasar. Hal ini didasarkan atas kegunaan produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan prosedur pembangunan jaringan saluran air yang dibutuhkan.

Pipa PVC JIS

Ilustrasi penyambungan pipa PVC RRJ

Merupakan produk pipa PVC yang didesain berdasarkan standard Jepang (Japanese Industrial Standard). Produk ini banyak ditawarkan di toko bangunan, dengan Panjang pipa 4 meter hingga 6 meter setiap batang.

Produk pipa PVC JIS menawarkan produk perpipaan untuk semua kebutuhan saluran air. Baik saluran air bersih, kotor, dan kebutuhan lain sejenis. Dengan ukuran diameter ½ inch hingga 12 inch dua dua varian kelas.

Kelas AW untuk saluran bertekanan tinggi, atau tidak sampai 10 bar (Kg/cm2). Sementara untuk tekanan rendah ditawarkan dengan varian Kelas D yang digunakan untuk kebutuhan tekanan tak kurang dari 5 bar (Kg/cm2).

Produk pipa PVC JIS didukung ratusan jenis aksesoris yang disesuaikan dengan diameter pipa. Dengan mekanisme penyambungan solvent cement, atau biasa dikenal dengan istilah lem PVC. Juga mendukung sistem penyambungan ulir, dan flange joint.

Pipa PVC SNI

Ilustrasi Kelebihan Pipa PVC-O

Produk ini merupakan standarisasi produk perpipaan yang dibuat berdasarkan Standard Nasional Indonesia. Umumnya digunakan untuk proyek pemerintah, berdasarkan strandarisasi yang telah ditetapkan untuk membangun jaringan air bersih dan kotor.

Produk pipa PVC SNI memilik lebih banyak varian tekanan, atau biasa dikenal dengan istilah PN atau Pressure Nominal. Untuk kebutuhan saluran air kotor dan limbah, biasa digunakan produk dengan PN kecil, sementara kebutuhan saluran air bersih, menggunakan PN tinggi (PN-16).

Selain varian tekanan, produk pipa PVC SNI juga menawarkan dua varian mekanisme penyambungan. Mekanisme mof, atau solvent cement dengan cara “Lem PVC dan mekanisme Rubbering Joint, atau RRJ.

Diameter produk PVC SNI lebih beragam, dengan varian diamter ½ inch hingga lebih dari 24 inch. Sehingga selain untuk saluran air rumah tangga, juga dapat digunakan sebagai saluran utama, jaringan air bersih bertekanan.

Pipa PVC Limbah

Produk Pipa PVC Limbah Rucika Wavin Lite

Pipa Limbah juga dikenal dengan nama Pipa SDR-41, yang terbuat dari material bahan baku uPVC, membuat karakter produk memiliki kualitas dan keunikan tersendiri dibanding produk lain. Yakni memiliki tingkat kekuatan dan kelenturan sangat baik, dengan tingkat keretakan rendah.

Produk pipa untuk limbah umumnya ditawarkan dengan warna dominan cokelat. Cara ini biasa digunakan untuk memonitor saluran air kotor atau limbah buangan, setelah pipa terpasang sesuai dengan kebutuhan.

Pipa PVC Limbah SDR-41 umumnya hanya digunakan untuk limbah, atau saluran fluida dengan tekanan rendah (Tidak sampai 5 bar). Karena kebutuhan ini umumnya digunakan untuk mengalirkan fluida yang tercampur polutan hanya dengan dorongan gravitasi.

Mekanisme penyambungan pipa PVC limbah dapat dilakukan dengan sistem rubbering Joint atau RRJ. Meski demikian, beberapa brand menawarkan produk dengan mekanisme penyambungan Solvent Cement atau “Lem PVC”

Pipa PVC-O

Produk PVC-O merupakan revolusi produk perpipaan dari material uPVC modern. Meski memiliki material bahan yang sama, proses pembuatan dengan teknis khusus membuat pipa jenis ini memiliki karakter unik, dibanding produk lain yang sudah ada.

Yakni memiliki tingkat kekuatan dan kelenturan sangat baik, sementara tingkat keretakan pipa sangat rendah. Kombinasi kelebihan ini membuat produk pipa tak mudah rusak dan mengalami kerusakkan karena benturan atau masalah cuaca, membuat pipa bisa digunakan lebih dari 50 tahun.

Produk pipa PVC-O di Indonesia hanya tersedia melalui brand Rucika Exoplas. Produk ini sebelumnya diperkenalkan dengan nama Apollo oleh brand Wavin. Tersedia dalam dua varian tekanan, PN-10 dan PN-12,5 untuk tekanan lebih besar.

Pipa PVC O tersedia dari ukuran 3 inch, dan ideal untuk saluran air bersih bertekanan. Sementara untuk kebutuhan lebih besar, pipa tersedia hingga ukuran 24 inch yang dapat digunakan untuk kebutuhan jaringan utama saluran air bersih.

Pipa PVC-O ditawarkan dengan mekanisme penyambungan revolusioner, menggunakan mekanisme Anger Lock. Mekanisme penyambungan dengan cara ini dilakukan dengan gelang RRJ namun dengan kombinasi bahan Polyetilene yang membuat bagian sambungan tetap pada posisinya dalam waktu lama.



Kelebihan Produk

Meski banyak produk pipa thermoplastik lain diperkenalkan, namun hingga sekarang pipa PVC masih populer dengan pangsa pasarnya sendiri. Selain dalam segi harga, produk ini memiliki sejumlah keunggulan dibanding produk lain.

Berikut beberapa keunggulan produk pipa dari bahan Polivinil Klorida yang bisa didapat :


Summary
Pipa PVC Adalah
Article Name
Pipa PVC Adalah
Description
Pipa PVC adalah produk pipa thermoplastik pertama yang digunakan untuk saluran air. Bahkan hingga sekarang, pipa ini sering menjadi pilihan karena banyak manfaat yang ditawarkan.
Author
Publisher Name
https://pipaplastik.com
Publisher Logo