5 Pertimbangan Sebelum Memilih Pipa Plastik

5 Pertimbangan Sebelum Memilih Pipa Plastik

Memilih pipa plastik, bukan hal sulit, mengingat pipa jenis ini kini menjamur di pasar dengan beragam brand dan spesifikasi. Nah agar penggunaan produk lebih efektif dan efisien, berikut 5 hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih sebuah produk jaringan perpipaan dari material plastik.

 

Kenali Kebutuhan Saluran yang dibutuhkan

Ak hanya satu, ada beberapa material bahan baku thermoplastik yang digunakan sebagai bahan baku produk jaringan perpipaan. Diantaranya pipa HDPE, Pipa PPR, dan Pipa PVC. Lalu bagaimana cara memilih pipa plastik ideal untuk kebutuhan Anda ?

Setiap produk pipa plastik diatas memiliki kelebihan masing-masing. Misalnya, untuk pipa HDPE, merupakan solusi ideal memilih pipa plastik untuk saluran air bersih bertekanan. Produk ini memiliki tingkat kelenturan dan kekuatan tinggi, sementara tingkat keretakan rendah. Bahan yang tak mudah hancur dan mencemari saluran membuat produk ini berstandar food grade untuk saluran air bersih bertekanan (Sumber).

Sementara produk pipa PPR, direkomendasikan sesuai dengan kelebihan bahan baku thermoplastik ini, yang tahan terhadap suhu tinggi. Produk ini sangat ideal dan menjadi pilihan memilih pipa plastik untuk saluran air panas dan dingin bertekanan untuk kebutuhan sanitasi.

Sementara produk pipa PVC dikenal dengan kelebihan harga lebih murah ketimbang dua pilihan pipa plastik diatas. Produk ini. Sangat mudah dipasang dan direkomendasikan untuk saluran air sederhana. Idealnya untuk saluran buangan, limbah dan sebagainya.

Baca : Mengenal istilah Pipa

 

Pelajari proses penyambungannya

Meski sama-sama terbuat dari bahan thermoplastik, ada beberapa cara metode penyambungan untuk jenis pipa ini. Diantaranya teknik penyambungan mechanical, metode solvent cement, rubber ring joint dan persenyawaan sempurna.

Semua model sambungan itu direkomendasikan untuk jenis pipa plastik tertentu. Misalnya untuk tipe pipa PVC proses penyambungan dilakukan dengan cara solvent cement (lem pvc) dan rubber ring joint.

Sementara teknik penyambungan persenyawaan sempurna dapat dilakukan untuk pipa plastik jenis pipa HDPE dan pipa PPR. Untuk itu, sebelum memilih pipa plastik sesuai kebutuhan, tak ada salahnya Anda mencari proses penyambungan produk-produk tersebut.

Baca : Variasi Penyambungan Pipa Plastik

 

Dukungan aksesoris lengkap

Tak sedikit produsen pipa menyediakan produknya tanpa dukungan aksesoris. Berharap hal ini bisa dipenuhi dengan tambahan fitting pipa dari brand lain, jadi Anda sebaiknya jeli dalam memilih pipa plastik.

Produk pipa plastik yang baik akan didukung dengan kelengkapan aksesoris fitting pipa. Bagian ini sangat penting dalam membangun jaringan perpipaan yang dibutuhkan dan sesuai dengan harapan.

Salah satunya produk pipa dak aksesoris Rucika. Rucika telah hadir di Indonesia sejak 40 tahun lalu dengan ragam produk pipa plastik berkualitas yang didukung ratusan jenis aksesoris dari beragam diameter dan bentuk. Produk ini bisa jadi refrensi Anda dalam memilih pipa plastik berkualitas.

Baca : Aksesoris Pipa PPR

 

Kenali produk dengan bahan baku terbaik

Tahukah Anda, saat ini beragam produk pipa plastik ditawarkan dengan beragam keunggulan masing-masing. Beberapa diantaranya bahkan ditawarkan dengan harga jauh lebih murah dibanding produk lain.

Dari sini kejelian kita dalam memilih pipa plastik yang tepat sangat dibutuhkan. Meski tak selalu produk berharga murah jelek, setidaknya jangan sampai Anda memilih produk dengan kualitas bahan baku murahan.

Beberapa produsen sengaja bereksperimen dengan bahan baku, dan hasilnya dapat menekan biaya produksi. Hal tersebut yang pada akhirnya membuat produk dijual dengan harga lebih murah.

Produk pipa plastik modern saat ini memiliki ketangguhan sangat baik. Selain lentur dan lebih kuat, produk jaringan perpipaan dari plastik juga didesain tahan terhadap bahan kimia bahkan sinar ultra violet.

Beberapa produk dikembangkan dengan kualitas internasional, dengan produksi sesuai dengan standar nasional indonesia. Salah satunya produk pipa Rucika series, yang dulunya dikenal dengan nama pipa Wavin. Jadi jangan salah memilih pipa plastik berkualitas.

Baca : Produk Pipa Rucika

 

Sesuaikan dengan Biaya

Banyak cara yang bisa Anda gunakan dalam memilih pipa plastik yang sesuai dengan biaya yang sudah Anda rancang sebelumnya. Cara ini bahkan dapat dilakukan tanpa harus menggunakan produk dengan kualitas lebih buruk.

Misalnya untuk saluran air bersih, jika pipa HDPE Anda pikir berharga relatif mahal, Anda bisa menggunakan produk pipa PVC-O yang harganya lebih murah kurang lebih 20%.

Atau untuk kebutuhan saluran limbah, jika pipa limbah relatif lebih mahal, Anda bisa menggunakan produk pipa PVC class AW untuk tekanan 10 bar, atau class D untuk saluran limbah bertekanan kecil, atau tanpa tekanan.

Semua bisa Anda lakukan dan cara ideal dalam memilih pipa plastik adalah mengenali kelebiha, karakteristik dan kekurangan masing-masing.

Baca : Refrensi harga Pipa HDPE Rucika

Summary
5 Pertimbangan Sebelum Memilih Pipa Plastik
Article Name
5 Pertimbangan Sebelum Memilih Pipa Plastik
Description
Memilih pipa plastik, bukan hal sulit, mengingat pipa jenis ini kini menjamur di pasar dengan beragam brand dan spesifikasi. Nah agar penggunaan produk lebih efektif dan efisien, berikut 5 hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih sebuah produk jaringan perpipaan dari material plastik.
Author
Publisher Name
https://pipaplastik.com
Publisher Logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: