Fitting PPR

Fitting PPR

Keberhasilan saluran air panas dan dingin pipa PPR tak bisa lepas dari peran Fitting PPR. Berikut beberpa jenis aksesoris untuk pipa  Polypropylene Random tipe 3 ini.

Pipa PPR merupakan produk jaringan perpipaan yang difungsikan sebagai alternatif pengganti pipa Cast Iron (Pipa besi). Produk ini didesain untuk saluran air bersih sanitasi bersuhu dingin atau panas bertekanan.

Selain pipa, produk ini juga didukung fitting pipa PPR yang tersedia dalam beragam bentuk dan kebutuhan diameter. Produk aksesoris PPR diproduksi dengan material yang sama, yakni Polypropylene Random tipe 3.

Baca : Harga Fitting Pipa PPR Rucika Green

Hanya saja, untuk kebutuhan tertentu, berapa Aksesoris PPR didesain dengan kombinasi beberapa material. Seperti logam bebas karat (sistem ulir), lilitan tembaga (untuk penyambungan electro fusion) dan penyesuaian bentuk untuk model penyambungan flange joint.

Baca : Mengenal Istilah Pipa

Meski dalam hal varian ada 4 jenis pipa PPR, namun dalam hal fitting hanya ada satu macam. Yang artinya setiap fitting dapat digunakan untuk semua jenis varian pipa. Seperti pipa PPR PN-10, PN-16, PN-20 dan Pipa PP-RCT PN-22.

Proses Penyambungan Pipa PPR memanfaatkan karakter thermoplastik. Yakni meleleh (mencair) saat dipanaskan dan mengeras saat suhu normal atau dingin. Sehingga memungkinkan pipa disambung dengan metode ‘persenyawaan sempurna’.

Model sambungan ini memungkinkan bagian sambungan melekat seperti halnya bagian utama pipa (Tanpa sekat). Dan cara ini tidak memerlukan bahan solvent cement (Lem pipa) seperti pipa PVC, melainkan media pemanas yang biasa dikenal dengan naman Polyfusion.

Alat Polyfusion dilengkapi dengan matrice dua sisi yang fungsinya melelehkan dua bagian yang hendak disambung dalam waktu yang sama. Selain dengan mesin Polyfusion proses penyambungan pipa PPR juga dapat menggunakan mesin Welding Machine, khusus metode butt fusion.

Untuk itu, proses penyambungan pipa PPR dapat dilakukan dengan 3 cara. Polyfusion, Welded, dan electro fusion. Karena perbedaan cara penyambungan, maka dikenal 3 jenis Fitting pipa PPR yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Baca : Pipa PPR

 

Jenis Fitting PPR berdasarkan Model Penyambungan

Dalam hal model penyambungan, ada 3 jenis fitting PPR yang dapat digunakan berdasarkan kebutuhan. Yakni jenis moulding (Cetakan pabrik), Jenis segmented dan jenis Electro fusion, berikut penjelasan detilnya.

Aksesoris PPR Moulding. Adalah aksesoris PPR yang didesain dan dicetak secara pabrikan. Terdapat beragam bentuk dan aksesoris dan ukuran diameter yang dapat mendukung saluran air panas dan dingin pipa PPR, sesuai dengan kebutuhan.

Berbeda dengan jenis fitting Pipa Moulding pada pipa HDPE, pada fitting pipa PPR didesain bagian yang dipanaskan (Pada aksesoris) adalah bagian dalam. Seingga aksesoris jenis ini mendukung sistem penyambungan Polyfusion.

Jenis aksesoris ini memiliki beragam bentuk, dan beberapa diantaranya dikombinasi dengan bahan metal bebas karat. Tujuannya mendukung sistem penyambungan ulir dan kebutuhan lain, seperti valve dan sebagainya.

Baca : Pipa Air

Aksesoris PPR Segmented. Fitting pipa PPR jenis ini dibuat dengan bahan baku pipa PPR yang dipotong dan dibentuk sedemikian rupa. Sehingga membentuk beberapa jenis aksesoris pipa seperti Elbow 90° / 45°, Tee, Cross Tee dan sebagainya.

Meski dari bahan Polypropylene Random tipe 3, aksesoris jenis ini biasanya direkomendasikan untuk diameter pipa diatas 75mm (2-1/2 inch), karena keterbatasan ragum terkecil mesin pemanas (Welding Machine).

Sehingga dengan kata lain, produk fitting pipa PPR ini disambung dengan cara butt fusion. Metode ini dilakukan dengan menyatukan satu ujung pipa dengan pipa atau aksesoris dengan alat khusus yang juga digunakan untuk metode yang sama pada pipa HDPE.

Baca : Jenis Pipa Ppr Dan Model Penyambungan Thermoplastik

Aksesoris PPR Electro Fusion. Seperti jenis fitting HDPE, Fitting pipa PPR juga memilki jenis electro fusion, untuk metode penyambungan dengan nama yang sama. Aksesoris ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran diameter.

Hanya saja di Indonesia dan khususnya untuk Fitting pipa PPR hanya tersedia terbatas. Untuk produk Pipa PPR Rucika Green, jenis aksesoris PPR ini hanya tersedia dalam bentuk coupler karena tidak populernya jenis penyambungan electro fusion untuk pipa PPR.

Setiap aksesoris PPR didesain untuk kebutuhan metode penyambungan sesuai kebutuhan. Dengan bahan Polypropylene Random tipe 3, produk Fitting pipa PPR juga memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi, hingga 115°C.

 

Jenis Aksesoris Pipa PPR

Selain dibedakan dengan cara penyambungan secara umum jenis Fitting PPR mendukung beberapa proses penyambungan, berikut diantaranya :

Baca : Mengenal 3 Macam Aksesoris Pipa PPR

Aksesoris PPR Injection Moulding. Jenis fitting ini dicetak pabrik dan memiliki beragam bentuk dan ukuran diameter. Secara keseluruhan material yang digunakan sama dengan bahan baku pipa, Polypropylene Random tipe 3.

Sehingga hal ini memungkinkan sistem penyambungan Polyfusion dilakukan dengan ‘Persenyawaan sempurna”. Beberapa jenis Aksesoris PPR jenis ini diantaranya Elbow 90 dan 45, Tee, Reducer Tee, Coupler (Socket), Reducer dan sebagainya.

Fitting Pipa PPR Sistem Ulir. Selain sepenuhnya dibuat dari bahan Polypropylene Random tipe 3, beberapa aksesoris juga mendapat modifikasi dengan kombinasi logam bebas karat. Aksesoris PPR jenis ini biasanya difungsikan mendukung sistem penyambungan dengan metode ulir (dratting).

Jenis Fitting dan aksesoris PPR ini diantaranya Male Thread Joint, Female Thread Joint, Male Thread Elbow, Male Thread Elbow dan Male / Female Thread Tee. Kebutuhan Fitting pipa PPR jenis ini biasanya digunakan untuk menyambung saluran pipa PPR dengan pipa jenis lain (Dengan cara dratting).

Fitting PPR ini juga memungkinkan saluran air pipa PPR disambung dengan aksesoris besi seperti valve, water meter dan sebagainya.

Sistem Flange Joint. Sistem penyambungan flange joint hampir ada di setiap jenis pipa, baik pipa PVC, Pipa HDPE dan sebagainya. Pada pipa PPR, stub end yang digunakan disambung dengan metode Polyfusion. Untuk ukuran diatas 75mm, flange yang tersedia dapat disambung dengan metode butt fusion.

Tipe Valve. Selain beberapa jenis Fitting PPR diatas, jenis Aksesoris Pipa PPR juga tersedia dalam tipe valve. Fungsi aksesoris ini adalah sebagai pembuka saat digunakan atau penutup saluran air pada saat tidak digunakan.

Jenis aksesoris PPR ini tersedia dalam produk bernama ball tap valve (dengan satu tuas putar) dan straight way valve (Degan stir putar). Keduanya didesain dengan kombinasi bahan  Polypropylene Random tipe 3 dan material metal bebas karat. Sehingga proses penyambungannya bisa dilakukan secara Polyfusion.

 

Sumber

× Kontak Kami