Mengenal Istilah SDR Pipa Thermoplastik

Mengenal Istilah SDR Pipa Thermoplastik

Dalam industri perpipaan dikenal sejumlah standar baku yang digunakan dan disetujui, termasuk istilah SDR pipa thermoplastik seperti pipa HDPE, PVC dan PPR.

Istilah SDR pada Pipa thermoplastik merupakan kepanjangan dari Standard Dimention Ratio, atau standar dimensi rasio. Istilah ini biasanya digunakan oleh industri perpipaan atau lebih tepatnya produk pipa thermoplastik, seperti pipa HDPE, pipa PVC, pipa PPR dan sejenisnya.

Baca : Pipa HDPE

Fungsi istilah SDR pada pipa adalah untuk menghitung kekuatan produk pipa terhadap tekanan. Tekanan pada saluran air umum digunakan untuk menghantar fluida (umumnya air bersih) dari sumber mata air ke tujuan akhir.

Daya dorong yang digunakan bervariasi, salah satunya dengan menggnakan pompa air. Cara ini biasanya digunakan untuk membagi akses air bersih untuk beragam kebutuhan, seperti mencuci, sanitasi hingga kebutuhan konsumsi.

Dalam membangun daluran air bersih atau kotor bertekanan, kadang beberapa hal kerap berpengaruh pada besar kecil kebutuhan dorongan atau tekanan pada saluran. Seperti panjang pendek saluran, tinggi bangunan atau lingkungan sekitar hingga kesulitan yang dialami saluran pipa air di tengah jalan.

Untuk menjamin saluran air sampai pada tempat yang diinginkan dibutuhkan perhitungan kebutuhan daya dorong. Dalam hal ini berkaitan dengan jenis pompa dengan kekuatan dorong tertentu.

Tak hanya itu, tanpa memperhatikan jenis pipa yang tepat dengan kebutuhan tekanan pompa, saluran air bisa dipastikan tak akan berusia lama. Karena permasalahan besar tekanan pada akhirnya membuat pipa rawan mengalami kerusakan dan pecah.

Baca : Pipa Air

Dalam beragam standar internasional dan nasional, seperti ASTM, BS, JIS dan SNI, istilah SDR pipa thermoplastik sering digunakan. Istilah ini biasanya berkaitan erat dengan diameter luar pipa dan tebal dinding pipa.

Secara umum SDR pipa bisa dirumuskan sebagai berikut :

Rumus SDR Pipa

Dalam perhitungannya, semakin tinggi nominal SDR pipa semakin kecil kemampuan pipa terhadap sebuah tekanan. Dan secara umum nominal SDR populer di nominal SDR11, SDR17, SDR35 dan SDR41 (untuk saluran limbah dan air buangan).

Dalam kebanyakan produk pipa (thermoplastik) informasi nominal SDR pipa biasanya akan ditampilkan. Keterangan ini biasanya berdampingan dengan pressure nomnal atau nominal ketahanan pipa terhadap tekanan (sumber) .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: