Fitting HDPE

Fitting HDPE

Fitting HDPE, selain dikenal dengan 3 metode penyambungdan dalam hal instalasi saluran air bersih bertekanan juga dikenal beberapa jenis.

Membangun jaringan saluran air ideal, membutuhkan dukungan aksesoris pipa yang tepat. Dalam hal jaringan pipa HDPE, pemilihan aksesoris sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain kebutuhan drawing jalur perpipaan hal yang juga perlu disesuaikan adalah jenis penyambungan apa yang Anda akan gunakan. Karena perbedaan metode sambungan membutuhkan jenjs Fitting HDPE berbeda.

Sebagaimana diketahui, pipa HDPE memiliki 3 varian penyambungan. Diantaranya compression joint, butt fusion dan metode penyambungan electro fusion. Ketiganya memiliki metode berbeda, dan membutuhkan alat bantu yang berbeda pula.

Baca : Mengenal Istilah Pipa

Secara umum fungsi aksesoris HDPE sama dengan aksesoris pada pipa jenis lain, diantaranya :

  • Membangun Jalur belokan
  • Membangun jalur percabangan
  • Medukung metode penyambungan
  • Menyambung antar pipa
  • Menyambung pipa HDPE dengan pipa jenis lain
  • Menyambung jalur pipa HDPE dengan aksesoris non-hdpe
  • Dan kebutuhan lainnya

Selain disesuaikan dengan model penyambungan pemilihan Fitting HDPE juga dilakukan berdasar jenis pipa. Misal, untuk pipa batang direkomendasikan jenis aksesoris electro fusion atau injection moulding.

Sementara untuk jenis pipa HDPE roll lebih direkomendasikan menggunakan aksesoris jenis compression joint. Seperti pipanya, aksesoris HDPE didesain istimewa dengan tingkat kekuatan tinggi dan tingkat keretakan rendah. Sehingga mendukung usia pemakaian pipa hingga 50 tahun.

Baca : Pipa HDPE

 

Fitting HDPE Berdasar Metode Penyambungan

Pipa HDPE sepertihalnya pipa PPR memiliki sistem penyambungan hampir sama. Hanya saja, untuk pipa HDPE metode penyambungan lebih bervariasi, selain dengan teknik butt fusion dan Electro fusion juga dikenal metode mechanical joint yang dapat dilakukan tanpa lem dan mesin penyambung.

Baca : Pipa PPR

Karena memiliki 3 metode penyambungan, dalam hal Fitting HDPE juga dikenal beberapa jenis produk, berikut diantaranya :

Fitting HDPE – Compression Joint

Kebutuhan metode sambungan Compression Joint dapat dilakukan tanpa mesin penyambung. Cara ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan akssoris pipa HDPE khusus, biasa dikenal dengan nama Mechanical Joint.

Fitting atau aksesoris HDPE jenis compression joint terbuat dari bahan Polypropiline tahan panas dan memiliki tingkat keretakan rendah. Alat ini memiliki bagian penjepit yang dapat mengikat bagian pipa yang hendak disambung.

Selain itu aksesoris HDPE Compression joint juga dilengkapi gelang karet di bagian dalam. Fungsinya mencegah saluran air mengalami kebocoran, terutama pada bagian sambungan.

Aksesoris mechanical joint, didesain untuk jenis pipa HDPE roll, cocok digunakan untuk instalasi pipa didaerah sulit. Karena tidak perlu membawa mesin penyambung. Tersedia untuk ukuran 20mm (½ inch) hingga 110mm (4 inch).

Baca : Pipa Air

Fitting HDPE – Butt Fusion

Butt Fusion adalah metode penyambungan yang dilakukan antara ujung dengan ujung (butt). Metode penyambungan ini dilakukan dengan teknik welded (pemanasan) dengan menggunakan welding machine.

Metode penyambungan butt fusion juga dapat dilakukan pada pipa PPR untuk diameter diatas 75mm (2-½ inch). Teknik ini dilakukan dengan memanfaatkan sifat thermoplastik, dan memungkinkan terjadinya penyambungan ‘persenyawaan sempurna’.

Untuk mendukung jenis penyambungan pipa HDPE ini, dibutuhkan aksesoris dengan bahan sama, yakni High Density Polyethilene, seperti pada pipa HDPE.

Dalam kebutuhan ini, terdapat dua jenis aksesoris yang bisa digunakan. Jenis injection moulding adalah aksesoris cetakan pabrik dari bahan PE-100. Aksesoris ini biasanya memiliki warna dominan hitam.

Dan yang kedua jenis segmented, adalah Fitting HDPE yang di buat dari bahan pipa (hdpe). Bahan baku pipa dipotong dan dibentuk sedemikian rupa, sehingga didapat aksesoris seperti Elbow, Tee, dan sebagainya.

Kedua jenis aksesoris ini tersedia dari ukuran 63mm (2 inch) hingga 630mm (24 inch) atau sesuai ukuran diameter terbesar pipa. Direkomendasikan untuk jenis pipa HDPE batang.

Fitting HDPE – Electro Fusion

Adalah Fitting HDPE yang digunakan mendukung sistem penyambungan dengan nama sama, electro fusion. Mekanisme penyambungan ini dilakukan dengan melelehkan bagian dalam fitting dengan bagian luar pipa.

Aksesoris Electro Fusion memiliki kumparan tembaga di bagian dalam aksesoris. Bagian ini berfungsi mengkonversi energi listrik menjadi panas. Yang pada akhirnya melelehkan bagian dalam fitting dan luar pipa secara bersamaan.

Mahalnya aksesoris, karena material import, membuat sistem penyambungan ini jarang sekali dilakukan. Dalam pemanfaatannya sistem  penyambungan dan aksesoris jenis ini direkomendasikan untuk saluran gas bertekanan. Cocok untuk pipa HDPE atau Pipa MDPE dan Pipa PPR.

 

Jenis Aksesoris HDPE Berdasar Bentuk

Kebutuhan saluran air berkelok dan bercabang membuat desain Fitting HDPE begitu bervariasi. Mulai dari bentuk hingga ukuran diameter yang beragam mengikuti ukuran pipa.

Seperti jenis pipa lain, pipa HDPE juga didukung beragam aksesoris yang memiliki bentuk dan fungsi tak jauh berbeda. Berikut beberapa jenis Fitting HDPE berdasarkan bentuknya :

Elbow adalah Fitting HDPE berbentu mirip huruf “L” atau berbentuk siku (Elbow). Aksesoris ini memiliki kombinasi sudut bervariasi. Paling sering digunakan adalah 90 dan 45 derajat.

Aksesoris ini ada disetiap Fitting HDPE, sehingga mendukung setiap sistem penyambungan. Fungsinya membelokkan saluran sesuai dengan sudut yang dibutuhkan.

Tee adalah fitting HDPE percabangan, berbentuk seperti huruf “T”. Fitting HDPE ini juga sangat umum, dan ada disetiap jenis metode penyambungan pipa HDPE.

Selain didesain untuk 3 percabangan dengan diameter sama, Tee juga tersedia dalam ukuran berbeda, dengan bagian tengah berdiameter lebih kecil. Jenis ini biasa dikenal dengan nama Reducer Tee.

Reducer adalah jenis aksesoris yang digunakan untuk menyatukan dua pipa dengan diameter berbeda. Aksesoris ini juga ada di jenis produk pipa lain. Seperti pipa PVC yang juga biasa dikenal dengan nama increaser dan sebagainya.

Baca : Pipa PVC

Stub End adalah aksesori pipa HDPE yang digunakan untuk mendukung sistem penyambungan flange to flange joint. Model sambungan ini memungkinkan saluran pipa semi permanen, dan bisa dibongkar pasang.

Clamp Saddle adalah jenis Fitting HDPE yang dapat difungsikan sebagai percabangan tanpa harus memotong bagian utama pipa. Dilengkapi dengan bagian dratting, yang bisa disambung dengan valve atau pipa lain.

Male thread / Female thread adalah Fitting HDPE yang didesain mendukung sambungan dengan sistem ulir. Male atau drat luar dan female untuk istilah drat dalam, tersedia dalam beberapa bentuk.

Diantaranya untuk sambungan lurus, belok (elbow) dan sambungan percabangan. Jenis fitting HDPE ini hanya tersedia untuk jenis Compression Joint. Prosedur penyambungan dan teknik compression joint bisa Anda pelajari dengan mudah di chanel berikut Youtube

 

× Kontak Kami