Pipa HDPE : Harga Update, Kelebihan & Penyambungan

Pipa PE-100 atau Pipa HDPE adalah solusi terdepan untuk sistem saluran air bersih bertekanan, memenuhi standar Food Grade yang diakui. Di Indonesia, mayoritas merek yang menawarkan produk ini telah memproduksi sesuai dengan standar SNI.

Dibandingkan dengan produk konvensional, pipa berbahan thermoplastik ini menawarkan sejumlah keunggulan yang signifikan. Berikut adalah pembaruan harga terkini dan beragam metode penyambungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan instalasi.

Dikenal juga sebagai pipa Plastik Hitam, Pipa HDPE merupakan pilihan utama untuk saluran air bersih saat ini. Dengan tingkat durabilitas yang tinggi, kekuatan, dan fleksibilitas yang rendah, pipa ini menawarkan umur pakai hingga 50 tahun dan memenuhi standar Food Grade.

Umumnya dikenal sebagai PE, pipa ini terbuat dari polietilena berdensitas tinggi, yang memberikan sifat kuat dan fleksibel. Sering disebut sebagai high density polyethylene (HDPE), pipa ini dikenal dengan nama Pipa PE-100.

Material thermoplastik ini memiliki karakteristik khusus, termasuk kekuatan, fleksibilitas, dan tingkat keretakan yang minimal. Sebagai hasilnya, pipa jenis ini tidak hanya tahan lama, tetapi juga tidak mencemari air yang mengalirinya.

Nama HDPE merujuk pada bahan baku utama pipa, yaitu high density polyethylene. Material ini adalah salah satu dari beberapa jenis bahan termoplastik yang dibedakan berdasarkan kemampuan daur ulang (Sumber: ragampipa).

UPDATE HARGA PIPA HDPE PN-10

Dibuat dari bahan olahan minyak bumi, HDPE dikenal karena kekuatan dan kelenturannya yang luar biasa, menjadikannya tahan lama dan minim retak. Bahkan sebelum popularitasnya meningkat, PE-100 telah menjadi pilihan utama dalam produksi berbagai peralatan rumah tangga.

Kekuatan dan ketahanannya yang tinggi tidak hanya membuatnya andal, tetapi juga berkontribusi pada lingkungan yang bersih. Produk HDPE berstandar food grade menjamin keselamatan, menjadikannya pilihan aman untuk peralatan makan dan minum.

Baca Juga : Pipa Air

Pemakaian material untuk produk pipa HDPE memiliki fungsi dan keistimewaan yang hampir tak terbandingkan. Pipa dari bahan PE-100, khususnya, menjadi pilihan ideal untuk mendukung saluran air bersih bertekanan.

Dengan standar food grade yang membuatnya aman dari kerusakan dan kontaminasi pada aliran fluida, terutama air bersih, pipa ini menjadi solusi yang andal. Keistimewaan ini juga menjadikan pipa jenis PE-100 mampu menghadapi tekanan dengan baik.

Pipa HDPE memberikan solusi konkret dalam membangun saluran pipa air bersih yang sesuai dengan segala kondisi. Baik itu lokasi pemasangan yang sulit, masa penggunaan yang panjang, maupun masalah karat yang seringkali mengganggu pipa besi.

Fleksibilitas tinggi yang dimiliki oleh pipa PE-100 sebagai pipa thermo plastik memungkinkan pemasangannya di berbagai kondisi, bahkan di daerah dengan kontur perbukitan yang tidak merata.

Tak hanya itu, keandalan produk ini juga terbukti dari ketahanannya terhadap pengaruh lingkungan. Dengan mampu bertahan pada suhu lingkungan hingga 60 derajat Celsius, pipa ini menjadi pilihan yang tepat untuk wilayah tropis seperti Indonesia.

Sebelumnya, pipa besi sering dianggap sebagai pilihan utama untuk saluran air bersih karena kekuatannya. Namun, keruntuhan kepercayaan tersebut terjadi karena masalah karat yang mengakibatkan umur pakai produk menjadi lebih singkat.

JENIS PRODUK

Seperti produk sejenis lain, Produk Pipa dengan dominasi warna hitam ini sering ditawarkan dalam beragam jenis, yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Kebutuhan dan varian jenis tersebut antara lain :

Berdasarkan penggunaan

Dalam hal penggunaan produk pipa HDPE kerap ditawarkan dengan penyesuaian, sehingga dapat digunakan untuk beragam kebutuhan, diantaranya :

Pembangunan saluran air bersih. Jenis produk untuk kebutuhan ini biasanya memiliki karakter warna dominan hitam. Tersedia dari ukuran ½ inch hingga diatas 24 inch.

Pembangunan saluran gas bertekanan. Jenis produk untuk saluran gas biasanya memiliki warna dominan kuning. Selain material ini, bahan MDPE juga sering digunakan dalam membangun jaringan saluran gas bertekanan.

Selongsong atau pelindung kabel. Selain produk pipa PVC, selongsong kabel juga kerap menggunakan bahan Pipa HDPE. Bahan yang lentur, kuat dan tahan terhadap benturan membuat pipa jenis ini sangat baik dalam melindungi saluran kabel, apalagi juga tersedia dalam bentuk roll dengan panjang 100 meter / roll.

Berdasarkan Kemasan

Ilustrasi Fakta Pipa HDPE

Pipa HDPE dikemas dalam dua bentuk, batang dan coil atau roll. Kebutuhan keduanya membantu Anda dalam hal instalasi, mobilisasi dan sistem penyambungan sesuai dengan kebutuhan. Berikut akan kita bahas satu per satu.

Varian Pipa dalam kemasan batang tersedia dalam panjang 6 meter setiap batang. Meski demikian, panjang pipa bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 5.8 atau 11.8 untuk kebutuhan pengiriman dengan kontainer. Atau pipa dengan panjang 6 dan 12 meter.

Produk ini tersedia dari ukuran 1-1/2 inch hingga 24 inch. Beberapa brand bahkan menyediakan ukuran pipa hingga 30 inch. Prosedur penyambungan pipa batang dilakukan dengan metode butt fusion, dengan welding machine. Harga aksesoris  HDPE Welded Joint

Produk Pipa HDPE Roll tersedia dalam ukuran panjang 50 meter atau ratusan meter dalam setiap coil atau gulungannya. Meski demikian, keterbatasan besar gulungan membuat jenis ini hanya tersedia untuk ukuran pipa dengan diameter sama dengan atau dibawah 4 inch.

Proses penyambungan pipa roll dapat dilakukan tanpa menggunakan welding machine, atau mesin pemanas khusus Pipa PE-100. Karena dapat menggunakan aksesoris khusus bernama Compression joint. Harga aksesoris  HDPE Compression Joint

Kebutuhan Berdasarkan Tekanan

Ilustrasi

Pipa HDPE tersedia dalam beragam kebutuhan tekanan atau dalam hal ini biasa direpresentasikan dengan istilah PN atau Pressure Nominal. PN merupakan tingkat kekuatan produk pemipaan terhadap sebuah tekanan.

Karena diproduksi berdasarkan standar Nasional Indonesia (SNI), produk pipa dari jenis PE-100 tersedia dalam beberapa jenis kebutuhan PN, diantaranya :

  • Pipa HDPE PN-6,3 adalah jenis pipa dengan tekanan paling rendah. Jenis ini tersedia untuk ukuran 3 inch hingga 24 inch. Karena alasan tebal dinding yang terlalu tipis, jenis PN ini tidak tersedia dalam bentuk roll.
  • Pipa PE-100 PN-8 merupakan jenis Pipa dengan tekanan agak besar. Tersedia dari ukuran 2-1/2 inch hingga 24 inch. Merupakan pilihan terbaik untuk saluran air bersih bertakanan rendah atau tanpa tekanan.
  • Pipa PE-100 PN-10 adalah produk paling sering digunakan untuk saluran air bersih bertekanan. Produk ini dapat ditekan dengan tekanan 10 bar atau 10 Kg/cm². Cocok untuk saluran percabangan hingga saluran utama. Tersedia untuk pipa berdiameter 1-1/2 inch hingga 24 inch.
  • Pipa PE-100 PN-12.5 cocok untuk saluran air bersih bertekanan agak tinggi. Jenis pipa dengan tekanan ini memiliki tingkat kekuatan 12.5 bar atau 12.5 Kg/cm². Cocok untuk distribusi saluran air bersih rumah tangga, fasilitas umum dan pertambangan. Tersedia dalam bentuk roll dan batang untuk ukuran tertentu.
  • Pipa HDPE PN-16 adalah produk pipa dari jenis PE-100 dengan tekanan paling besar. Produk ini tersedia pada semua ukuran diameter. Mulai dari ukuran diameter ½ inch hingga 24 inch. Juga tersedia dalam bentuk roll dan batang.

Penyambungan Pipa HDPE

Secara umum, penyambungan pipa HDPE dilakukan dengan memanfaatkan karakter bahan baku thermo plastik. Yakni akan meleleh saat dipanaskan, namun dengan sendiri mengeras pada saat dingin, atau suhu sekitar kembali normal.

Meski demikian, tak selalu metode penyambungan dilakukan dengan teknik pemanasan. Setidaknya produk yang juga dikenal dengan naman pipa PE dapat dilakukan dalam 3 macam metode. Diantaranya metode Mechanical Joint, Electro fusion dan metode penyambungan Butt Fusion.

Untuk mengetahuinya, berikut kita bahas satu per satu metode penyambungan pipa HDPE yang bisa dilakukan ;

Compression Joint : Metode penyambungan Pipa HDPE ini bisa Anda lakukan tanpa menggunakan mesin penyambung dan bahan perekat. Karena cara ini hanya cukup menggunakan aksesoris atau fitting HDPE tipe mechanical joint. Berikut step penyambungan dengan cara compression joint.

  • Lepas setiap bagian aksesoris : Dalam setiap aksesoris mechanical joint pipa HDPE terdiri dari beberapa bagian. Diantaranya compression collat, union dan rubber ring yang fungsinya saling berkaitan dan masing-masing sangat penting.
  • Bersihkan ujung pipa yang hendak disambung, usahakan bagian ini bebas dari cairan, debu dan kotoran lain yang dapat mengakibatkan proses penyambungan tidak berjalan dengan sempurna. Lalu ukur kedalaman pipa dari jarak aksesoris saat dimasukkan.
  • Pasang union dan rubber ring di ujung pipa : Kedua bagian ini sangat penting perannya. Union akan membuat aksesoris dan proses penyambungan terikat dengan baik dan benar. Sementara rubber ring bekerja sebagai antisipasi kebocoran.
  • Kencangkan aksesoris : Setelah bagian pipa bersih dan beberapa bagian aksesoris terpasang dengan benar, aksesoris bisa langsung dikencangkan secara mechanical.

Metode ini sangat mudah dan bisa dipelajari dalam waktu singkat. Meski demikian, tak semua produk pipa HDPE bisa disambung dengan cara ini. mengingat keterbatasan aksesoris, cara ini hanya untuk produk dalam bentuk roll atau diameter kurang dari 110mm (4”).

Ilustrasi Penyambungan Pipa HDPE - Welded Joint

Butt Fusion : Merupakan salah satu dari 2 metode penyambungan pipa HDPE dengan cara welded atau pemanasan. Metode ini dilakukan dengan mesin HDPE khusus biasa dikenal dengan welding machine. Prinsip kerjanya adalah dengan memanaskan bagian ujung pipa dengan ujung pipa atau aksesoris yang mendukung (Aksesoris welded) hingga terjadi persenyawaan sempurna.

Berikut cara penyambungan Butt Fusion :

  • Persiapan awal. Lakukan proses pemasangan ujung pipa yang akan disambung dengan alat butt fusion. Kencangkan alat penjepitnya, agar pipa atau aksesoris yang akan disambung tidak mudah bergeser. Lakukan hingga ujung pipa berada dalam suatu sumbu.
  • Ratakan ujung pipa / aksesoris. Cara ini dilakukan agar proses penyambungan dilakukan dengan sempurna. Untuk memulainya, ratakan ujung-ujung pipa dengan alat perata elektrik sampai kedua pipa benar-benar rata dan bersih.
  • Proses pemanasan. Setelah proses perataan, Anda bisa melakukan proses selanjutnya, pemanasan. Cara ini dapat dilakukan dengan memasang plat pemanas diantara ujung-ujung pipa dan panaskan plat pemanas sampai titik senyawa.
  • Persenyawaan Sempurna. Setelah proses dilakukan dengan baik dan benar, maka bagian sambungan akan terjadi dengan sempurna. Sambungkan dan tekanlah kedua ukung pipa yang sudah dipanaskan sampai tekanan persenyawaan yang sesuai.
Ilustrasi Penyambungan Electro Fusion

Electro Fusion : adalah metode penyambungan kedua dengan teknik welded (Pelelehan) untuk produk pipa HDPE. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan mesin penyambungan dan aksesoris khusus biasa dikenal dengan aksesoris electro fitting.

Berikut cara penyambungan Electro fusion :

  • Bersihkan ujung pipa. Lakukan cara ini hingga bagian ujung yang hendak disambung bersih dari cairan, debu dan elemen lain yang dapat mengganggu proses penyambungan. Lakukan dengan lap kering dan pastikan bersih secara fisik.
  • Sambung ke Electro fitting. Setelah proses pembersihan sudah dilakukan sambung aksesoris dengan bagian electro fitting. Pastikan aksesoris masuk sesuai dengan kedalaman yang dianjurkan, dan usahakan tidak bergeser pada saat proses penyambungan.
  • Hubungkan electroda. Metode ini dilakukan untuk melakukan transfer sumber listrik yang kemudian akan diubah menjadi energi panas. Caranya hubungkan elektroda yang ada di electro fusion ke electro fitting dan hidupkan.
  • Persenyawaan Sempurna bagian sambungan. Jika proses diatas dilakukan dengan benar, dan proses pemanasan sesuai dengan waktu yang dianjurkan, maka persenyawaan sempurna akan terjadi. Biasanya proses ini akan diketahui dengan warna lampu indikator berwarna kuning terlihat jelas.

Jenis-jenis Aksesoris Pipa HDPE

Harga Fitting Mechanical Joint Reducer

Dalam mewujudkan jaringan pemipaan saluran air bersih, pipa HDPE didukung sejumlah aksesoris dari segala macam bentuk dan ukuran diameter. Berikut kita bahan jenis-jenis aksesoris yang dapat digunakan dalam instalasi jaringan saluran pipa dari bahan HDPE.

Pada dasarnya jenis aksesoris atau fitting HDPE sering dibedakan berdasarkan jenis penyambungan pipa HDPE yang dipilih. Untuk itu, secara umum ada tiga macam jenis aksesoris yang biasa digunakan, yakni compression joint, electro fusion joint dan Butt fusion.

Compression Joint adalah aksesoris pipa HDPE yang dapat digunakan untuk proses penyambungan tanpa menggunakan mesin (welded) HDPE dan bahan perekat lainnya atau metode penyambungan Mechanical Joint. Aksesoris jenis ini memiliki beberapa bagian seperti Union socket, Compression Colar dan ring penjepit.  Aksesoris ini biasanya digunakan untuk pipa jenis roll dengan panjang lebih dari 50 meter, atau pipa ukuran sama dengan atau dibawah 110mm (4 inch).

Butt fusion adalah metode penyambungan pipa HDPE yang dilakukan dengan menggunakan Welding machine. Mesin ini bekerja dengan cara memanaskan dua sisi pipa atau aksesoris yang akan disambung secara bersamaan. Setelah meleleh sesuai rekomendasi kedua bagian ini bisa langsung disatukan.

Metode ini juga didukung aksesoris HDPE khusus dari bahan yang sama dengan pipanya. Secara umum ada dua jenis aksesoris yang bisa digunakan, yakni aksesoris injection moulding (Cetakan pabrik)  dan Segmented (dibuat dari pipa yang dibentuk sesuai kebutuhan).

Electro fusion joint adalah aksesoris yang digunakan untuk proses penyambungan dengan cara Electronical Joint. Aksesoris jenis ini memiliki panel listrik yang kemudian dikonversi menjadi panas yang bekerja melehkan bagian dalam aksesoris.

Pelelehan bagian dalam aksesoris dan bagian luar pipa membut proses penyambungan berjalan sempurna. Dengan sistem persenyawaan sempurna. Metode ini biasanya disarankan untuk saluran gas bertekanan.

Kelebihan Pipa HDPE untuk Saluran Air Bersih

Ringan dan Mudah Dipasang : Pipa HDPE memiliki bobot yang lebih ringan daripada pipa besi, membuatnya sangat mudah untuk proses instalasi dan mobilitas dalam pembangunan jaringan saluran air bersih.

Umur Layanan Lebih dari 50 Tahun : Dengan sistem penyambungan yang sempurna dan kualitas produk yang optimal, pipa HDPE dapat digunakan selama lebih dari 50 tahun tanpa mengalami degradasi yang signifikan.

Penyambungan Variatif : Pipa HDPE dapat disambung menggunakan berbagai metode, termasuk welded fusion dan mechanical joint. Metode peleburan (welded fusion) dapat dilakukan melalui butt fusion dan electro fusion, sementara electro fusion tidak memerlukan mesin penyambung dan bahan perekat tambahan.

Ramah Lingkungan dan Food Grade : Bahan baku HDPE memiliki keunggulan dalam kekuatan, elastisitas, dan ketahanan terhadap keretakan. Ini menjadikannya cocok untuk aplikasi food grade dan ramah lingkungan, serta mengurangi risiko kontaminasi pada air bersih.

Kelenturan Tinggi : Pipa HDPE memiliki tingkat kelenturan tinggi, memungkinkannya untuk ditekuk tanpa memerlukan banyak aksesoris tambahan. Kemampuan ini membuatnya cocok untuk instalasi dengan belokan yang dibutuhkan.

Tersedia dalam Berbagai Bentuk : Selain tersedia dalam bentuk batang, pipa HDPE juga tersedia dalam bentuk coil (roll) dengan panjang hingga ratusan meter. Hal ini memudahkan proses instalasi dan mengurangi jumlah sambungan yang diperlukan.

Tahan Terhadap Cuaca Ekstrim : Pipa HDPE dapat digunakan di berbagai wilayah dengan kondisi cuaca ekstrim, karena tahan terhadap suhu tinggi hingga 60°C dan suhu rendah. Hal ini menjadikannya pilihan yang ideal untuk aplikasi saluran air di berbagai lingkungan, dari Eropa hingga negara-negara tropis seperti Indonesia.

OFFICE & WORKSHOP

Jl. Raya Bringin Wetan No.27, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61257
031-7871530 / 08113167772

© 2024 All Rights Reserved.