Metode Penyambungan Pipa HDPE biasa dilakukan dengan beberapa cara. Dengan menggunakan mesin pipa khusus atau dengan aksesoris tertentu tanpa mesin penyambung.

Berbeda dengan pipa PLastik jenis Pipa PVC, sistem penyambungan Pipa HDPE tidak dilakukan dengan proses perekatan (solvent cement atau lem PVC). Jenis pipa ini memiliki sistem penyambungan sendiri yang bisa mendukung saluran air bersih bertekanan dengan penggunaan jangka waktu lama.

Hal ini juga dilakukan dengan jenis pipa PPR, yang memanfaatkan metode penyambungan dengan memanfaatkan karakter thermoplastik. Bahan thermoplastik memiliki sifat meleleh pada saat dipanaskan, dan akan mengeras pada saat suhu normal.

Baca : Harga Pipa HDPE

Metode ini mempermudah material menyatu dengan yang lain dengan sempurna, sehingga didapat ‘persenyawaan sempurna’. Kelebihan ini membuat bagian sambungan memiliki kekuatan setara bagian utama pipa. Sehingga memungkinkan saluran pipa air memiliki usia pemakaian hingga 50 tahun.

Secara umum, metode penyambungan Pipa HDPE dengan teknik pengelasan atau welded, bisa dilakukan dengan dua cara. Butt Fusion dengan menggunakan Welding machine Pipa Thermoplastik dan Electro Fusion dengan menggunakan alat dengan nama mesin Electro Fusion.

Meski demikian, metode penyambungan Pipa HDPE juga dapat dilakukan tanpa pelelehan, atau menggunakan mesin penyambung pipa HDPE. Teknik ini biasa dikenal dengan nama mechanical joint dengan menggunakan aksesoris compression joint.

Baca : Pipa HDPE

 

Metode Penyambungan Pipa HDPE Mechanical Joint

Merupakan satu-satunya metode penyambungan pipa HDPE tanpa proses pemanasan. Sehingga cara ini bisa dilakukan tanpa menggunakan tambahan mesin penyambung pipa tambahan. Cara penyambungan ini dilakukan dengan menggunakan aksesoris Compression Joint.

Fitting compression joint, dilengkapi dengan beberapa bagian yang fungsinya mengunci pipa dan mencegah saluran tidak keluar dari jalur seharusnya. Jenis dan aksesoris Compression Joint dan mekanisme penyambungan pipa HDPE jenis ini direkomendasikan untuk jenis pipa HDPE roll.

Aksesoris pipa HDPE jenis ini dibuat dari bahan PP (Polypropilene) dengan tingkat keretakan rendah. Sehingga selain lebih tahan lama, aksesoris ini juga tahan terhadap panas, terutama saat digunakan di kawasan tropis seperti Indonesia.

Baca : Harga Fitting HDPE Compression Joint

 

Metode Penyambungan Pipa HDPE Butt Fusion

Merupakan metode penyambungan pipa HDPE yang dilakukan dengan teknik pelelehan (Welded) dengan memanfaatkan karakter thermoplastik. Yakni material (pipa atau fitting dari bahan HDPE) akan meleleh saat dipanaskan. Dan saat didinginkan, bahan akan kembali mengeras.

Model penyambungan pipa HDPE jenis ini memiliki tingkat kebocoran dangat rendah. Karena bagian sambungan memiliki karakter sama kuat dengan bagian utama pipa. Sehingga mendukung saluran air bersih bertekanan hingga usia penggunaan 50 tahun.

Dinamakan Butt Fusion karena model penyambungan ini dilakukan antar ujung pipa atau aksesoris yang disambung satu dengan yang lain. Cara ini menggunakan alat khusus, biasanya dikenal dengan nama Welding machine.

Sementara untuk mendukung jalur saluran air bersih bertekanan, cara ini juga didukung beberapa jenis aksesoris. Diantaranya jenis Injection Moulding dan Segmented. Kedua aksesoris HDPE ini dibuat dari bahan sama (HDPE) namun proses pembuatannya berbeda.

Aksesoris Injection Moulding dibuat dengan proses cetakan pabrikasi, dengan warna dominan hitam. Sementara tipe Segmented, dibuat secara ‘Homemade’ dengan cara memotong pipa HDPE dan dibentuk sedemikian rupa.

Baca : Mengenal aksesoris Pipa HDPE

 

Metode Penyambungan Pipa HDPE Electro Fusion

Metode penyambungan Pipa HDPE jenis ini membutuhkan aksesoris dan mesin penyambung khusus bernama Electro Fusion. Seperti namanya, teknik ini menggunakan energi listrik yang kemudian dikonversi menjadi panas. Panas yang muncul akan membuat bagian dalam fitting dan luar pipa meleleh dan bersenyawa dengan sempurna.

Jenis aksesoris ini relatif memiliki harga lebih mahal dibanding dua jenis lain yang telah kita bahas. Karena material tersebut hanya didapat secara import, belum bisa diproduksi di Indonesia. Sehingga metode penyambungan pipa HDPE jenis ini sangat jarang digunakan.

Model penyambungan ini memiliki tingkat kebocoran sangat rendah. Selain digunakan untuk saluran air, metode penyambungan ini juga disarankan untuk saluran gas bertekanan.

 

SUMBER

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *