5 Diameter Pipa Plastik Ideal Untuk Saluran Air Perumahan

5 Diameter Pipa Plastik Ideal Untuk Saluran Air Perumahan

Dalam hal instalasi saluran perpipaan, ada 5 diameter pipa plastik ideal untuk saluran pipa air di rumah. Pertimbangan tersebut disesuaikan dengan karakteristik saluran pipa air dan jenis fluida yang dialirkan. Berikut 5 diameter dan fungsi idealnya untuk kebutuhan saluran air.

Diameter Pipa Plastik ½ Inch

Diameter pipa Plastik ½ inch cocok untuk saluran air bersih. Pasalnya diameter yang terlalu kecil akan mudah tersumbat kotoran jika digunakan untuk saluran air kotor dan buangan. Diameter kecil juga dapat menstabilkan debit air di rumah.

Untuk kebutuhan ini, baik pipa PPR, Pipa HDPE atau pipa PVC Diameter pipa plastik ½ inch cocok untuk mengalirkan pasokan air bersih dari sumbernya. Baik dari suplai air PDAM hingga air pompa dalam, keduanya cocok dengan jenis pipa dan diameter ini.

Baca : Refrensi pipa PPR Rucika Green

Diameter Pipa Plastik 1 Inch

Seperti Diameter pipa Plastik ½ inch, diameter 1 inch juga cocok untuk saluran air bersih bertekanan yang didapat dari sumber air PDAM dan sumur dalam. Jenis diameter ini cocok untuk mengalirkan fluida tanpa campuran material padat.

Jenis diameter pipa 1 inch untuk kebutuhan saluran air bersih bisa Anda penuhi dengan menggunakan jenis pipa PVC maupun Pipa HDPE. Untuk jarak jauh, pipa dari bahan HDPE lebih disarankan karena tersedia dalam bentuk roll, sekaligus meminimalisir penggunan sambungan.

Harga Pipa HDPE Rucika Black

Diameter Pipa Plastik 2 Inch

Diameter pipa Plastik 2 inch biasanya direkomendasikan untuk saluran air buangan dan limbah cair. Cocok dengan karakter sisa makanan dan sisa sabun cuci piring. Sehingga pipa dengan diameter ini cocok untuk saluran pembuangan wastefal dan tempat cuci piring.

Karakter pipa dengan tekanan rendah membuat saluran jenis ini biasanya direkomendasikan dengan pipa berkarakter sederhana. Seperti pipa PVC kelas D, dengan kemampuan tekanan tak sampai 5 bar (Kg/cm2). Sementara untuk saluran tegak, sebaiknya digunakan pipa dengan diameter 3 inch.

Diameter Pipa Plastik 3 Inch

Diameter Pipa 3 inch biasanya cocok untuk saluran air kotor dan buangan dengan spesifikasi saluran sederhana. Oleh karena itu, biasanya hanya dibutuhka jenis pipa PVC kelas D untuk tekanan 5 bar atau 5 Kg/cm².

Plastik Diameter Pipa Plastik 3 inch juga cocok untuk saluran wastafel dengan instalasi berdiri. Penggunaan jenis diameter pipa ini biasanya akan dikombinasi dengan pipa plastik dengan diameter 2 inch.

Baca : Harga Pipa PVC Rucika

Diameter Pipa Plastik 4 Inch

Diameter Pipa Plastik 4 inch akan cocok untuk saluran buangan utama di kamar mandi. Instalasi pipa dengan diameter ini biasanya cocok untuk saluran buangan yang berfungsi mengalirkan sisa air sanitasi, cucian dan air hujan buangan

Seperti yang telah disebutkan diatas, untuk saluran air buangan biasanya membutuhkan jenis pipa tanpa tekanan, atau bertekanan rendah. Dikarenakan jenis saluran ini biasanya mengalir karena dorongan gravitasi dan alasan penghematan biaya untun instalasi saluran air di rumah.

Meski demikian, penggunana beberapa diameter pipa diatas tidak baku, kombinasi kebutuhan saluran air di rumah kadang membutuhkan diameter pipa tertentu. Seperti saat Anda membagi banyak lokasi saluran air bersih dengan tekanan saluran lebih besar dan sebagainya.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: