Tanda Pipa Rusak dan Perlu Diganti

February 18, 2024

Ilustrasi-Tanda-Pipa-Rusak-dan-Perlu-Diganti - Image by Freepik
Beberapa hal kerap membuat saluran air bermasalah, sebelum terjadi kendala lebih besar, berikut tanda pipa rusak dan perlu diganti.

Mengenali beberapa kendala yang sering dialami dalam instalasi saluran air bersih, kotor dan sebagainya. Berikut tanda pipa rusak untuk segera butuh diperbaiki atau bahkan peremajaan agar bisa kembali berfungsi secara baik dan benar.

Pipa merupakan salah satu komponen penting dalam sistem plumbing, baik untuk air bersih maupun air kotor. Pipa yang berfungsi dengan baik akan mengalirkan air dengan lancar dan terhindar dari kebocoran. Namun, seiring waktu, pipa dapat mengalami kerusakan yang dapat mengganggu aliran air dan bahkan menimbulkan kerusakan pada bangunan.

Baca Juga :

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda pipa rusak agar dapat segera diperbaiki atau diganti. Berikut adalah beberapa tanda-tanda pipa rusak yang perlu Anda perhatikan:

1. Kebocoran Air

Tanda paling jelas dari pipa yang rusak adalah adanya kebocoran air. Kebocoran dapat terjadi di berbagai bagian pipa, seperti sambungan, sambungan T, atau bahkan di sepanjang pipa. Kebocoran kecil mungkin hanya menghasilkan tetesan air, namun lama kelamaan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar seperti:

  • Kerusakan pada struktur bangunan: Air yang bocor dari pipa dapat meresap ke dalam struktur bangunan, seperti tembok, lantai, dan langit-langit. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada struktur bangunan, seperti retak, lembab, dan berjamur.
  • Kerusakan pada barang-barang: Air yang bocor dari pipa dapat merusak barang-barang di sekitar, seperti furniture, elektronik, dan karpet.
  • Meningkatnya tagihan air: Kebocoran air, meskipun kecil, dapat meningkatkan tagihan air Anda secara signifikan.

2. Tetesan Air

Tetesan air dari keran atau showerhead yang tidak kunjung berhenti meskipun sudah ditutup rapat dapat menjadi tanda adanya kerusakan pada pipa. Tetesan air ini dapat disebabkan oleh:

  • Kerusakan pada washer: Washer adalah karet kecil yang berfungsi untuk menutup aliran air pada keran atau showerhead. Jika washer sudah aus atau rusak, maka air akan terus menetes meskipun sudah ditutup rapat.
  • Kerusakan pada katup: Katup adalah bagian dari keran atau showerhead yang berfungsi untuk mengontrol aliran air. Jika katup sudah rusak, maka air akan terus menetes meskipun sudah ditutup rapat.

3. Aliran Air Terhambat

Aliran air yang terhambat atau lambat dapat menjadi tanda adanya penyumbatan pada pipa. Penyumbatan ini dapat disebabkan oleh:

Penumpukan kotoran: Seiring waktu, kotoran dan lemak dapat menumpuk di dalam pipa dan menyebabkan penyumbatan.

Benda asing: Benda asing seperti mainan, perhiasan, atau rambut dapat masuk ke dalam pipa dan menyebabkan penyumbatan.

4. Suara Air Mengalir

Suara air mengalir yang terdengar meskipun tidak ada air yang digunakan dapat menjadi tanda adanya kebocoran air pada pipa. Suara ini biasanya terdengar di dalam tembok atau di bawah lantai.

5. Bau Tidak Sedap

Bau tidak sedap yang berasal dari pipa dapat menjadi tanda adanya kerusakan pada pipa. Bau ini dapat disebabkan oleh:

  • Air yang tergenang: Air yang tergenang di dalam pipa dapat menyebabkan bau busuk.
  • Sampah yang membusuk: Sampah yang tersumbat di dalam pipa dapat membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap.

Jika Anda menemukan salah satu tanda-tanda pipa rusak di atas, maka penting untuk segera mengambil tindakan untuk memperbaikinya. Anda dapat menghubungi tukang pipa profesional untuk membantu Anda.

Tips Merawat Pipa agar Awet

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat pipa agar awet:

  • Bersihkan pipa secara rutin: Gunakan pembersih pipa yang sesuai untuk membersihkan pipa dari kotoran dan lemak.
  • Hindari memasukkan benda asing ke dalam pipa: Pastikan untuk tidak memasukkan benda asing seperti mainan, perhiasan, atau rambut ke dalam pipa.
  • Periksa pipa secara berkala: Periksa pipa secara berkala untuk melihat adanya tanda-tanda kerusakan.
  • Gunakan pipa dengan kualitas yang baik: Gunakan pipa dengan kualitas yang baik saat memasang pipa baru.

Dengan mengetahui tanda-tanda pipa rusak dan tips merawat pipa agar awet, Anda dapat menjaga sistem plumbing di rumah Anda tetap berfungsi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *