Rumus Penyambungan Pipa PPR : Waktu yang Dibutuhkan

May 15, 2024

Ilustrasi Rumus Waktu penyambungan pipa ppr
Rumus Penyambungan Pipa PPR : menentukan waktu yang dibutuhkan untuk menyambung pipa dengan diameter atau PN tertentu.

Rumus penyambungan pipa PPR atau berapa lama proses pemanasan yang tepat sering menjadi syarat keberhasilan Instalasi jaringan air panas dan dingin. Terlalu lama proses atau pelaksanaan produr penyambungan pipa terlalu cepat akan berpengaruh pada kualitas sambungan.

Seperti yang telah sering dibahas pada artikel sebelumnya, proses penyambungan pipa PPR dilakukan dengan memanfaatkan karakter bahan thermoplastik jenis Polypropylene Random tipe 3. Bahan ini akan meleleh pada saat dipanaskan, dan mengeras pada saat suhu normal.

Karena menggunakan proses pemanasan, rumus penyambungan pipa PPR menjadi penting. Mengingat setiap diameter memiliki waktu leleh dan proses pendinginan berbeda satu dengan yang lain.

Baca :

Rumus Waktu penyambungan Pipa PPR yang cukup akan membuat prosedur persenyawaan sempurna yang dilakukan akan terjadi sesuai harapan. Proses yang dilakukan dengan benar akan membuat bagian sambungan memiliki karakter sama dengan bagian utama pipa.

Lalu berapa lama waktu penyambungan pipa PPR yang dibutuhkan. Berikuta tabel perbedaan waktu proses pemanasan dan pendinginan ideal yang bisa jadi patokan dalam proses penyambungan pipa PPR :

Tabel Parameter Waktu Penyambungan Pipa PPR

Diameter Luar Pipa Pemanasan (Min.)Penyambungan (Max.)

Pendinginan (Min)

(mm)

DetikDetikMenit
2054

2

25

742
3286

4

40

1264
50186

4

63

2486
75308

6

90

4086
1105010

8

Pipa PPR merupakan produk pipa thermoplastik terbaik untuk kebutuhan saluran air sanitasi bersuhu panas dan dingin dengan tekanan. Merupakan satu-satunya jenis pipa Plastik dengan kemampuan tahan terhadap saluran air bersuhu tinggi, hingga mencapai 115°C.

Model penyambungan pipa PPR dilakukan dengan cara heat fusion, atau teknik pemanasan. Cara ini dilakukan dengan menggunakan alat khusus, biasa dikenal dengan nama mesin Polyfusion. Dan model penyambungan pipa dilakukan dengan aksesoris pipa PPR.

Produk pipa PPR ditawarkan dengan beragam brand, termasuk Rucika Wavin Green atau dulunya dikenal dengan nama Wavin Tigris Green. Produk ini diproduksi berdasarkan standard DIN internasional yang telah disesuaikan dengan standar perpipaan yang digunakan di Indonesia (Sumber).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *