Tips Sederhana Mengatasi Saluran Air Mampet

Tips Sederhana Mengatasi Saluran Air Mampet

Tak perlu bersusah payah hingga berkeringat, atau memanggil tukang ledeng untuk mengatasi saluran air mampet di rumah, berikut tips yang bisa Anda lakukan.

Permasalahan saluran air mampet menjadi pelik, saat sisa limbah cair tak terbuang sebagaimana mestinya. Saluran yang tertutup oleh material padat membuat cairan mudah menggenang.

Dampaknya, tak hanya membuat cairan kotor meluber, bau tak sedap pun kadang terasa sangat kuat. Jika dibiarkan lama, hal ini akan meningkatkan pertumbuhan kuman, bakteri bahkan virus penyebab munculnya gejala masalah kesehatan.

Baca: Pipa Air

Dengan alat seadanya di sekitar rumah, permasalahan saluran air mampet tak akan lagi membuat Anda pusing. Atau harus mengeluarkan uang lebih untuk memanggil jasa tukang ledeng. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda coba sendiri di rumah :

 

Memanfaatkan air panas. Ingat, hanya lakukan cara ini untuk saluran pipa dari logam, atau saluran produk pipa thermoplastik khusus tahan panas. Jangan lakukan pada pipa PVC dan sejenisnya, karena suhu tinggi air yang mendidih dapat merusak struktur pipa. Hal ini justru akan menambah permasalahan tersendiri.

Untuk melakukannya tips mengatasi saluran air mampet ini, gunakan air mendidih secukupnya (biasanya satu panci). Setelah itu tuanh langsung ke bagian pembuangan wastafel secara perlahan. Lakukan perlahan hingga saluran tak lagi mampet.

Cara ini digunakan untuk mengatasi masalah saluran air mampet yang diakibatkan oleh lemak sisa makanan, hasil pengolahan makanan, tumpukan sisa sabun, hingga potongan rambut.

 

Manfaatkan garam. Jika cara pertama tidak berhasil, lakukan kembali dengan memanfaatkan garam. Caranya campur garam dengan air mendidih dan tuangkan pada bagian yang terindikasi tersumbat. Biarkan bebberapa menit sebelum akhirnya Anda dapat membilas dengan air bersuhu normal.

Karena berkaitan dengan air panas, cara ini hanya berlaku untuk saluran pipa dari logam atau pipa thermoplastik tahan panas.

Lakukan cara ini untuk mengatasi permasalahan saluran air mampet di wastafel, WC atau Kloset, hingga saluran cucian yang bermasalah karena penyumbatan material padat.

 

Karet penghisap / Plunger. Merupakan cara tradisional, namun memiliki tingkat keberhasilan tinggi. Alat ininmemiliki tuas dengan ujung karet setengah lingkaran. Alat ini bekerja dengan cara memanfaatkan katup bebas udara yang berfungsi sebagai penyedot kotoran yang ada di tengah sehingga akan terangkat. Sehingga mudah dijangkau dan dikeluarkan dari saluran air mampet.

Untuk memulainya, kuras terlebih dahulu cairan yang menggenang, lalu gunakan plunger dibagian lubang pembuangan. Pastikan ujung Plunger tertutup rapat untuk daya hisap maksimal. Cara ini bisa digunakan untuk saluran dari produk pipa apa saja.

 

Gunakan Soda Api. Soda api bisa didapat di toko bangunan, sebagai media untuk mengatasi saluran air mampet di rumah. Karena bahan terlalu kuat, gunakan pelindung agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Caranya tuang soda api ke bagian saluran air mampet, diamkan beberapa saat hingga pada akhirnya Anda bisa melakukan pembilasan dengan air bersuhu normal.

Cara ini dapat mengatasi masalah penyumbatan yang disebabkan karena lemak, maupun kerak yang sering menempel di bagian dinding pipa, bakteri, sabun, rambut, dan sebagainya.

 

Cuka & Soda Kue. Cara ini juga bisa dilakukan seperti halnya menggunakan garam atau soda api seperti trik di atas. Anda bisa langsung menuangkan bahan cuka atau soda kue ke lubang saluran air mampet, diamkan beberapa menit dan akhiri dengan membilas dengan air. Cara ini cocok untuk semua jenis pipa, dan biasanya untuk permasalahan penyumbatan sederhana.

Baca : Pipa PVC

 

Kabel khusus (Auger). Cara ini tanpa menggunakan bahan kimia dan air panas, dan bisa dilakukan secara manual. Pertama-tama, pastikan kabel Auger yang Anda gunakan memiliki panjang yang dapat menjangkan sumber penyebab salurai air mampet.

Lakukan gerakan dorong dan memutar, bagian ujung kabel berupa pengait akan membuat sumbatan mudah terikat dan dapat ditarik secara manual. Cara ini relatif lebih aman, meski kadan dibutuhkan usaha lebih.

 

Demikian beberapamtips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah saluran air mampet di rumah. Anda bisa berpikir instal ulang saluran air dan menghubungi jasa tukang ledeng jika beberapa cara diatas tidak berhasil, selamat mencoba (Sumber).

Baca : Masalah Utama Penyebab Pipa Mampet

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: