Selain pipa, kualitas instalasi saluran air dingin PPR tak bisa terlepas dari aksesoris yang digunakan. Tahukah Anda ada 3 macam aksesoris pipa PPR ?

Pipa PPR adalah produk perpipaan yang didesain dari bahan thermoplastik, jenis Polypropylene Random type 3. Selain untuk pipa, bahan ini juga digunakan untuk aksesoris pipa PPR.

Baca : Pipa PPR

Jenis pipa PPR memiliki sistem penyambungan welded (pelelehan) dengan mekanisme “persenyawaan sempurna”. Metode ini menyatukan dua bagian pipa dan aksesoris pipa PPR dengan cara pemanasan dengan tujuan melelehkan sebagian pipa dan aksesoris.

Pada saat berinteraksi dengan suhu tinggi mesin Polyfusion (mencapai 220 derajat celcius), bagian tersebut akan lumer. Saat terkena bagian lain, lelehan ini akan membentuk sambungan sempurna dengan tidak meninggalkan sekat sama sekali.

Struktur ini hampir sama dengan bagian utama pipa, sehingga dikenal dengan istilah persenyawaan sempurna. Sistem penyambungan ini mendukung saluran pipa PPR untuk air panas dan dingin mampu digunakan hingga 50 tahun lamanya.

Keberhasilan ini tak bisa lepas dari karakter pipa yang diproduksi dari bahan PPR murni. Bahan ini memiliki tingkat kelenturan dan kekuatan tinggi, dengan kemampuan tahan terhadap suhu hingga 115 derjat celcius.

Tak hanya pada pipa, bahan ini juga digunakan pada aksesoris pipa PPR, membuat produk ini sangat efisien dan efektif saat digunakan untuk saluran air panas dan dingin bertekanan.

Secara umum, untuk mendukung saluran air pipa panas dan dingin, pipa didukung 3 macam aksesoris pipa PPR yang dapat disesuaikan dengan diameter dan model penyambungan, berikut diantaranya :

Aksesoris Pipa PPR Moulding. Adalah fitting PPR yang dapat digunakan dengan model penyambungan Polyfusion. Cara ini dilakukan dengan mengguanakan alat bernama Polyfusion, dengan dua knop pemanas dua sisi yang fungsinya memanaskan bagian luar pipa dengan bagian dalam aksesoris. Jenis aksesoris ini didesain dengan diameter pipa terbatas, meski beberapa aksesoris memiliki diameter hingga 160mm atau 6 inch (diameter terbesar produk pipa PPR).

Aksesoris Pipa PPR Segmented. Adalah fitting PPR yang mendukung sistem penyambungan butt fusion. Jenis aksesoris ini terbuat dari potongan pipa PPR, seperti fitting sejenis pada pipa HDPE. Aksesoris jenis ini disambung dengan teknik welded atau pelelehan dengan Welding machine. Direkomendasikan untuk pipa 63mm (2”) hingga 160mm (6”).

Baca : Pipa HDPE

Aksesoris Pipa PPR Electro Fusion. Adalah aksesoris PPR khusus dengan bagian panel listrik yang fungsinya mengubah arus listrik menjadi energi panas. Tujuannya memanaskan bagian luar pipa dan dalam aksesoris dimwaktu yang sama. Cara ini dilakukan dengan menggunakan mesin khusus, bernama electro fusion (sumber).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *