5 Hal Seputar Fakta Pipa HDPE

5 Hal Seputar Fakta Pipa HDPE

Seputar Fakta Pipa HDPE, sebagai jaringan perpipaan untuk saluran air bersih bertekanan dengan standard Food Grade. Ketangguhan produk membuat pipa jenis ini memiliki usia pemakaian hingga lebih dari 50 tahun.

Popularitas pipa HDPE mulai mendunia, setelah diketahui pipa jenis ini memiliki tingkat elastisitas dan ketangguhan luar biasa. Hal ini membuat tingkat keretakan atau kerusakan produk sangat kecil.

Minimnya tingkat kerusakan, membuat produk ini berstandard food grade, dan direkomendasikan sebagai pendukung jaringan saluran air bersih pengganti pipa besi. Pipa besi memiliki kelemahan karat, hal tersebut yang membuat jenis pipa HDPE lebih unggul. Karena terbuat dari bahan thermoplastik, pipa HDPE tentu tidak mengenal masalah karat.

Baca : Mengenal Produk Pipa HDPE RUCIKA

Nah berikut 5 hal seputar fakta pipa HDPE yang mungkin belum banyak kita ketahui sebelumnya :

Dapat dibengkokkan tanpa aksesoris

Tingkat elastisitas pipa HDPE sangat tinggi, sehingga pipa dapat dibengkokkan hingga 90 derajat tanpa menggunakan aksesoris pipa. Hal tersebut tentu bukan tanpa hitungan, namun sangat mungkin dilakukan dengan menggunakan rumus tertentu.

Untuk mengetahui Fakta pipa HDPE bisa ditekuk, Anda bisa menggunakan rumus 1,5 kali diameter pipa. Misal, untuk ukuran 110mm, didapat jarak ideal pipa dapat ditekuk adalah 1,5 dikali 90mm = 135 mm atau 13,5 cm.

Baca : Pipa HDPE Adalah

Permukaan licin di lingkungan dingin

Dibanding dengan iklim tropis, Fakta pipa HDPE di kawasan dengan suhu relatif lebih rendah sering mengalami tantangan. Yakni proses penyambungan dan mobilisasi lebih sulit karena permukaan pipa menjadi licin.

Hal ini wajar terjadi, terutama disetiap produk dengan bahan baku HDPE. Meski demikian hal ini tak akan mengganggu prosedur penyambungan. Terutama dengan sistem penyambungan Butt Fusion yang dilakukan dengan pedoman persenyawaan sempurna.

Baca : Harga Pipa HDPE RUCIKA

Terbuat dari bahan minyak bumi

Bahan HDPE merupakan salah satu pengembangan material thermoplastik yang terbuat dari bahan baku minyak bumi. Popularitas bahan ini membuat kebutuhan minyak meningkat.

Karena selain untuk produk jaringan perpipaan, bahan HDPE juga digunakan untuk beragam produk lain. Seperti peralatan makan, perlengkapan bayi, mainan dan beragam produk lain. Bahan yang tak mudah rusak, membuat produk dengan bahan HDPE berstandard Food Grade.

Baca : Harga Fitting HDPE

3 Metode penyambungan

Berbeda dengan produk pipa konvensional, pipa HDPE disambung dengan 3 jenis metode. Mechanical joint, butt fusion atau welded joint dan proses penyambungan electro fusion.

Ini membuat pipa HDPE menjadi salah satu produk pipa plastik dengan prosedur penyambungan bervariatif. Sementaa produk pipa plastik lain biasanya hanya disambung dengan satu atau dua cara.

 

Tersedia dalam bentuk roll lebih dari 50 meter

Fakta Pipa HDPE memiliki tingkat kelenturan tinggi. Sehingga kemasan produk pipa ini tersedia hingga ratusan meter untuk satu rollnya. Sementara produk pipa lain hanya tersedia dalam bentuk batang dengan panjang tak lebih dari 6 meter.

Pada dasarnya semua produk jaringan perpipaan dapat ditekuk dan dikemas dalam bentuk roll. Hanya saja, pertimbangan besar ukuran roll membuat produk roll pipa HDPE hanya tersedia hingga 110mm atau 4 inch (Sumber).

 

Summary
5 Hal Seputar Fakta Pipa HDPE
Article Name
5 Hal Seputar Fakta Pipa HDPE
Description
Seputar Fakta Pipa HDPE, sebagai jaringan perpipaan untuk saluran air bersih bertekanan dengan standard Food Grade. Ketangguhan produk membuat pipa jenis ini memiliki usia pemakaian hingga lebih dari 50 tahun.
Author
Publisher Name
https://pipaplastik.com
Publisher Logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: