Kloset Jongkok Meledak : Cegah dengan Septik Tank yang Tepat

March 3, 2023

Kloset Jongkok Meledak : Cegah dengan Septik Tank yang Tepat
Sebuah kasus kloset jongkok meledak baru-baru ini mengingatkan kita tentang pemilihan septik tank yang aman dan sesuai standard.

Sebuah kejadian tak bisa terjadi di kawasan Jakarta Timur. Menghimpun berita dari detik.com, sebuah kasus kloset jongkok meledak, dan membuat satu orang luka parah. Kejadian ini terjadi karena aliran gas yang mengalir tidak pada tempatnya.

Memilih produk septik tank yang tepat tidak hanya akan membantu Anda memenuhi aktivitas kebutuhan buang air setiap hari. Hal ini juga mencegah dampak buruk seperti kejadian di Jakarta Timur baru-baru ini terjadi di rumah Anda.

Sebuah kloset jongkok tiba-tiba meledak setelah sebelumnya mengeluarkan gas asam dari dalam septik tank. Kejadian ini berawal dari sebuah warga yang tak sengaja menghidupkan kompor yang kebetulan berada di dekat kamar mandi.

Aliran gas yang tidak terbuang sebagaimana mestinya kemudian menyulut terjadinya ledakan yang membuat satu korban mengalami luka-luka. Kejadian ini seakan menjadi pengingat pentingnya membangun instalasi tangki buangan tinja dengan baik dan benar.

Proses pembangunan septik tank sudah dilakukan sejak lama, termasuk masyarakat di Indonesia. Pembuatan sarana ini dilakukan untuk menghindari sistem pembuangan terbuka yang berpotensi mencemari lingkungan, terutama sumber air dan sungai.

Secara konvensional, desain tanki septik sudah memiliki pakem yang diajarkan secara turun temurun. Dengan hanya pembangunan bak penampungan sedemikian rupa, dengan finishing material pelapis seperti semen agar awet digunakan dalam jangka waktu lama.

Kloset merupakan salah satu fasilitas sanitasi penting di dalam rumah maupun tempat umum. Namun, terkadang kloset duduk dapat mengalami kerusakan atau bahkan meledak. Meledaknya kloset duduk dapat menyebabkan kerugian yang cukup besar dan bahkan membahayakan keselamatan manusia. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab meledaknya kloset duduk dan bagaimana cara mencegahnya.

BACA : Mengatasi Saluran air Mamet

Salah satu penyebab utama meledaknya kloset jongkok meledak adalah penggunaan bahan kimia yang tidak tepat dalam membersihkan kloset. Bahan kimia yang keras dan beracun dapat merusak permukaan kloset dan merusak sistem pipa di bawahnya. Akibatnya, tekanan air dan udara dalam sistem pipa dapat meningkat, yang pada gilirannya dapat menyebabkan meledaknya kloset.

Selain itu, meledaknya kloset juga dapat disebabkan oleh tekanan air yang terlalu tinggi dalam sistem pipa. Tekanan air yang terlalu tinggi dapat merusak sistem pipa dan menyebabkan kebocoran yang dapat mengakibatkan meledaknya kloset. Hal ini dapat terjadi terutama pada kloset duduk yang terhubung dengan sistem pipa air yang kuat.

Untuk mencegah meledaknya kasus kloset jongkok meledak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, hindari penggunaan bahan kimia yang keras dan beracun dalam membersihkan kloset. Gunakan bahan kimia yang aman dan tidak merusak permukaan kloset atau sistem pipa di bawahnya. Kedua, pastikan tekanan air dalam sistem pipa tidak terlalu tinggi. Anda dapat memasang katup pengontrol tekanan air untuk mengontrol tekanan air dalam sistem pipa.

Selain itu, perawatan rutin pemilihan produk septik tank yang tepat akan mengurangi kejadian merugikan ini. Salah satunya produk Biovisi yang desain modern dengan filter dan luang angin-angin. Meski terkesan sederhana, cara ini akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik, mencegah penumpukkan gas yang pada akhirnya dapat menyulut ledakan. (Baca : Tentang Produk Biovisi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *