Membangun Saluran Pipa Untuk Air Bersih

Membangun Saluran Pipa Untuk Air Bersih

Banyak produk pipa untuk air bersih ditawarkan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Karena setiap kebutuhan memiliki pipa dengan spesifikasi khusus.

Rahasia membangun saluran pipa untuk air bersih agar awet hingga puluhan tahun adalah dengan memilih produk yang tepat. Dan hal ini dapat disesuaikan dengan jenis sumber air apa yang kita manfaatkan.

Secara umum ada beberapa sumber air bersih di lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan untuk aktivitas setiap hari. Pembangunan instalasi perpiapaan yang tepat akan mempermudah akses mendapatkan air bersih (Sumber : Wavin).

Hal tersebut ditunjang dengan kebutuhan pipa untuk air bersih yang tepat. Diantaranya material pipa yang tangguh dan tak mudah rusak. Sehingga tidak mencemari saluran air bersih yang hendak digunakan.

Baca : Pipa Air

Saat ini kebutuhan saluran air bersih dapat ditunjang dengan penggunaan beberapa jenis pipa. Seperti pipa HDPE, Pipa PVC dan jenis pipa thermoplastik lain. Jenis pipa ini disarankan karena tidak memiliki masalah karat seperti yang sering dijumpai pada produk pipa besi.

Namun pertanyaannya apakah tepat menggunakan pipa tersebut dalam segi pembiayaan dan fungsinya.

Pada prinsipnya sumber air bersih ada beberapa macam. Dan jika kita mengetahui karakternya, maka mudah bagi kita menentukan jenis pipa apa yang tepat untuk digunakan.

Sumber air hujan. Air hujan merupakan perwujudan kondensasi uap air yang ada di bumi. Limpahan air dari langit ini merupakan satu dari beberapa sumber air bersih, hanya saja jenis air ini tidak mengandung kalsium. Sehingga pemanfaatannya untuk konsumsi perlu ditambahkan kalsium.

Pemanfaatan air bersih dari curah hujan dapat dilakukan dengan membangun bak penampungan. Sehingga media ini dapat menyimpan air hujan yang turun secara langsung. Jika bak ini berada di atas atap, Anda bisa menggunakan pipa PVC (jenis uPVC) untuk mengalirkan air dengan tekanan gravitasi.

Namun jika wadah ada di bawah, dan Anda menggunakan pompa untuk distribusi, Anda bisa menggunakan jenis pipa HDPE dengan varian tekanan hingga PN-16. Ketersediaan varian roll juga membuat proses instalasi berjalan lebih mudah.

Sungai atau Danau. Umumnya kegiatan sanitasi di sungai dan danau membuat kualitas air menurun. Hal tersebut yang pada akhirnya membuat konsumsi air bersih perlu dilakukan pengolahan atau penjernihan. Meski demikian di beberapa tempat hal tersebut jarang atau tidak pernah dijumpai, sehingga kualitas air tetap terjaga.

Untuk kebutuhan ini biasanya pipa HDPE atau Pipa PVC-O cocok dengan karakter lentur dan tangguh, sementara tingkat keretakan rendah. Sehingga jalur distribusi pipa untuk air bersih akan bekerja sesuai dengan harapan.

Baca : Pipa adalah

Mata air. Adalah sumber air bersih terbaik dari semua sumber yang kita bahas sekarang. Jenis sumber ini bekerja secara alami dimana air tanah akan keluar ke permukaan secaea akuifer.

Karena bebas pencemaran dan kotoran, kualitas air dari sumber ini sangat baik, sehingga dapat dikonsumsi secara langsung. Meski demikian proses sterilisasi lebih baik dilakukan untuk mencegah hal yang tak diinginkan.

Untuk kebutuham saluran pipa air bersih ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika untuk konsumsi dan membutuhkan saluran pipa tangguh Anda bisa menggunakan pipa HDPE atau Pipa PVC-O. Sementara jika akan diolah kembali Anda bisa menggunakan pipa PVC (jika saluran penampungan lebih landai dan menggunakan daya dorong gravitasi).

Baca : Pipa HDPE

Sumur dangkal. Sumber air bersih ini biasanya diperoleh dari bawah tanah, melalui sistem pengeboran. Berbeda dengan mata air, air biasa didapat dari aktivitas penyedotan.

Jenis air sumur dangkal umumnya memiliki kualitas kurang baik.msehingga dalam pemanfaatannya untuk konsumsi perlu diolah (masak) terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Jenis pipa PVC sering digunakan untuk kebutuhan ini.

Sumur dalam. Dibanding sumur dangkal, kualitas sumber air sumur dalam jauh lebih baik. Sumber ini biasanya didapat dari proses penggalian tanah sepanjang diatas 15 meter dari permukaan tanah.

Karena melalui proses penyedotan dengan tekanan tinggi, terlebih untuk bangunan, jenis pipa HDPE biasanya lebih cocok digunakan. Terlebih saat menggunakan jenis roll, Anda tak perlu melakukan beberapa kali aktivitas pnyambungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: