Mengenal 5 Aksesoris Pipa Plastik Utama

Mengenal 5 Aksesoris Pipa Plastik Utama

Aksesoris Pipa Plastik merupakan bagian penting dalam mewujudkan jaringan saluran perpipaan dari bahan thermoplastik. Seperti Pipa HDPE, Pipa PPR dan Pipa PVC. Nah tahukah Anda ada 5 jenis aksesoris yang sering digunakan untuk jaringan perpipaan tersebut ?

Baca : Mengenal Fitting Pipa HDPE

 

Elbow

Atau dalam bahasa Indonesia, istilah ini berarti siku. Hal ini membuat Elbow juga dikenal dengan istilah Knee (yang artinya sama) di Aksesoris Pipa Plastik jenis tertentu. Jika kedua nama tersebut tidak dipakai, jenis aksesoris ini juga dikenal dengan sebutan Bend.

Elbow, Bend, Atau Knee memiki bentuk seperti siku. Aksesoris ini fungsinya sebagai belokan saluran dengan beragam variasi derajat. Diantaranya 11, 22, 30, 45, 60, 90 dan seterusnya.

Aksesoris ini selalu ada di semua produk pipa. Seperti pipa HDPE, Pipa PPR, dan pipa PVC. Karena digunakan untuk beragam produk, aksesoris pipa Plastik ini didesain dengan sistem penyambungan sesuai prosedur penyambungan pipa yang direkomendasikan.

Komposisi aksesoris pipa Plastik jenis ini juga kerap dimodifikasi, sehingga dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Seperti dengan penambahan sistim drat dalam atau luar dan sebainya.

Baca : Refrensi Harga fitting pipa HDPE Mechanical Joint

 

Tee

Tee, seperti namanya aksesoris pipa plastik ini memiliki bentuk seperti huruf “T”. Aksesoris jenis ini biasanya digunakan sebagai percabangan. Dengan beberapa varian jenis.

Pertama, aksesoris pipa plastik ini dapat menyambungkan pipa dibagian tengah memiliki diameter lebih kecil. Selain itu, seperti pipa PPR, atau Pipa HDPE, kombinasi sistem ulir (drat dalam /luar) membuat aksesoris ini dapat dikombinasi dengan model penyambungan dratting.

Selain itu tee untuk beberapa produk ditawarkan dengan bagian tengah miring. Tee jenis ini biasa dikenal dengan istilah Y-Branch. Dengan sudut miring hingga mencapai 45 derajat.

Baca : Refrensi Harga fitting pipa PPR

 

Cap

Cap atau dop, adalah aksesoris pipa plastik yang fungsinya menutup saluran. Produk ini biasa direkomendasikan dengan model penyambungan yang Anda lakukan. Merupakan aksesoris dengan satu media penyambungan.

Cap hampir ada disetiap produk pipa. Mulai dari jenis pipa berbahan dasar thermoplastik, besi dan sebagainya. Untuk mendukung sistem penyambungan cap disesuaikan dengan metode penyambungan produk pipa masing-masing.

Baca : Mengenal Istilah Pipa

 

Reducer

Reducer adalah aksesoris pipa plastik yang berfungsi menyambung dua pipa dengan diamter berbeda. Reducer juga dikenal dengan istilah overlop atau increaser dalam produk pipa PVC.

Aksesoris pipa Plastik ini hampir ada disetiap produk jaringan perpipaan. Seperti pipa HDPE, Pipa PPR, Pipa PVC dan jaringan perpipaan jenis lain. Reducer sendiri dirancang mendukung berbagai sistem penyambungan. Baik rubber ring joint, mechanical Joint, solvent cement, dan sebagainya.

 

Socket

Socket adalah aksesoris pipa plastik yang digunakan menyambung satu sisi pipa dengan yang lain. Socket dalam pipa PPR atau pipa HDPE juga dikenal dengan istilah coupler.

Coupler atau socket ada di produk pipa PVC dan PPR. Pada produk HDPE prosedur penyambungan dengan menggunakan coupler biasanya direkomendasikan untuk jenis pipa Roll dengan metode Mechanical Joint.

Sementara untuk sambungan lurus, Pipa HDPE tidak membutuhkan aksesoris. Proses penyambungan ini dapat dilakukan antar pipa dengan metode penyambungan Butt Fusion. sumber

Summary
Mengenal 5 Aksesoris Pipa Plastik Utama
Article Name
Mengenal 5 Aksesoris Pipa Plastik Utama
Description
Aksesoris Pipa Plastik merupakan bagian penting dalam mewujudkan jaringan saluran perpipaan dari bahan thermoplastik. Seperti Pipa HDPE, Pipa PPR dan Pipa PVC. Nah tahukah Anda ada 5 jenis aksesoris yang sering digunakan untuk jaringan perpipaan tersebut ?
Author
Publisher Name
https://pipaplastik.com
Publisher Logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: