Unik, Kreasi Pipa PVC Selain Untuk Saluran Air

July 20, 2023

Kreasi Pipa PVC Kursi - Copy
Produk mudah disambung, dan dibentuk membuat ide kreasi pipa PVC bisa dilakukan untuk beragam kebutuhan, termasuk diluar saluran air.
Kreasi Pipa PVC Kursi - Copy

Kreasi Pipa PVC dikenal ekonomis, ringan dan mudah dalam hal instalasi. Sehingga tak jarang produk pipa ini juga kerap digunakan diluar kebutuhan saluran pipa air.

Selama ini pipa PVC dikenal untuk kebutuhan saluran air sederhana, kotor hingga air bersih. Namun dengan sedikit kreativitas, rupanya banyak benda bisa diciptakan dari produk pipa dari bahan thermoplastik modern ini.

Kreasi pipa PVC selama ini memiliki sejumlah kelebihan dibanding pipa besi bahkan pipa thermoplastik jenis lain. Seperti pipa PPR, Pipa HDPE dan sebagainya. Disamping harganya yang relatif ekonomis, berikut beberapa kelebihan pipa Plastik dari bahan PVC :

Anti Karat. Karena terbuat dari bahan plastik, pipa PVC tidak memiliki sifat berkarat. Sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Meski demikian beberapa hal seperti sinar matahari dan sebagainya dapat mengurangi usia penggunaan bahan baku produk.

Ringan. Bahan Kreasi pipa PVC sangat ringan, sehingga mudah dalam hal mobilisasi dan proses instalasi. Sehingga untuk kebutuhan saluran air hingga produk lain, pipa PVC dapat dihandle dengan mudah, bahkan hanya dengan seorang saja.

Tidak mudah terbakar. Bahan PVC sangat sulit terbakar, bahkan tidak menambah volume api pada saat kebakaran. Sehingga bahan ini juga kerap digunakan sebagai bahan pembungkus kabel yang murah dan efektif.

Dalam berbagai kebutuhan, Kreasi pipa PVC juga kerap digunakan untuk benda lain, diluar kebutuhan saluran air. Beberapa benda yang kita gunakan setiap hari bahkan bisa dibuat dengan mudah dengan pipa PVC, berikut beberapa diantaranya :

Baca :

Mobil-mobilan yang bisa dinaiki

Kreasi Pipa PVC Mobil-mobilan - Copy

Mudah dipotong, dan didukung beragam aksesoris, membuat Kreasi pipa PVC mudah dibentuk menjadi apa saja. Seperti mobil-mobilan, sepeda dan benda lain yang dapat dinaiki terbatas satu hingga dua orang.

Untuk merakitnya Anda bisa menggunakan produk pipa PVC diameter 2 inch dengan beberapa aksesoris seperti Elbow, Tee PVC dan aksesoris lain jika diperlukan. Disamping elemen tambahan lain seperti roda kursi, stir dan sebagainya.

Kursi

Kreasi Pipa PVC Kursi - Copy

Seperti membuat mobil-mobilan, mudah dirakit dan disambung dengan beragam aksesoris pipa PVC, membuat produk perpipaan ini juga dapat digunakan sebagai bahan baku kursi. Penggunaan media ini membutuhkan kain (dan sejenisnya) sebagai dudukan dan sandaran.

Selain pipa 2 inch, untuk merakitnya Anda juga membutuhkan Tee dan Elbow PVC. Cara ini akan membantu Anda menghemat pengeluaran dibanding harus membeli produk kursi anak di toko furniture.

Tool Storage atau Media Penyimpan Perkakas

Untuk media penyimpanan perkakas, Anda bisa mengkreasikan desain potongan pipa. Sehingga selain dapat digunakan, cara ini juga lebih enak untuk dipandang, dan yang pasti kompak ditempatkan di sudut atau bagian tertentu ruangan.

Untuk menggunakan pipa sebagai media penyimpan perkakas, Anda bisa memanfaatkan kreasi pipa PVC diameter 3 inch dan 2 inch. Pemilihan didasarkan atas jenis benda apa yang hendak Anda simpan dan sebagainya.

Baca : Distributor Pipa PVC

Media Tanam Modern

Sebagai media yang dapat menampung air, pipa dapat digunakan untuk sistem pertanian modern tanpa tanah, atau biasa dikenal dengan nama hidroponik. Cara ini lebih efektif dan modern, ditengah keterbatasan lahan untuk sarana pertanian.

Caranya dengan merakit pipa sejajar dan berundak-undak, sehingga aliran air bisa mengalir dari bagian atas, hingga ke bawah. Untuk menyediakan media tanam ini, Anda bisa memanfaatkan Kreasi pipa PVC 3 inch hingga 6 inch sesuai kebutuhan. Disamping penggunaan aksesoris pipa PVC Elbow dan Tee.

Pagar Rumah

Karakter yang kuat, dan mudah dipasang satu dengan yang lain menggunakan aksesoris pipa PVC membuat produk juga dapat digunakan sebagai pagar rumah. Bentuknya yang unik dan warnnya yang menarik membuat kesan rumah menjadi lebih sedap dipandang.

Untuk mewujudkannya Anda bisa menggunakan pipa PVC diameter 2 inch hingga 4 inch sesuai dengan selera dan kebutuhan. Dalam hal desain, Anda bisa mencari inspirasi di beragam media, seperti internet dan sebagainya.

Rak Buku

Rak dengan Kreasi pipa PVC dapat berupa penyimpan buku dan perkakas lain, sesuai dengan kebutuhan. Untuk mewujudkannya, Anda bisa berkreasi seperti 5 hal yang telah dilakukan diatas. Selain pipa untuk mewujudkannya Anda membutuhkan aksesoris pipa PVC dan elemen lain seperti papan dan sebagainya.

Agar terlihat lebih elegan, Anda bisa mengecat kembali pipa yang Anda gunakan. Dengan warna metalik agar terkesan seperti pipa besi, atau warna-warna lain yang membangkitkan selera, seperti yang Anda harapkan. Baca : Pipa Air

Ada sejuta benda yang bisa Anda ciptakan dengan berkreasi dengan pipa PVC. Selain untuk saluran pipa air, produk yang mudah didapat dan dipasang membuat beragam kreasi dapat diciptakan dengan pipa PVC, selamat mencoba.

Sumber : IDNTIMES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *