Rucika Standard

Rucika Standard

Rucika Standard merupakan dalah satu produk pipa PVC terbaik yang telah diproduksi sejak tahun 1973 oleh PT. Wahana Duta Rucika (PT. Wavin Duta Jaya). Sebelumnya produk ini dikenal dengan nama Wavin Standard.

Rucika Standard merupakan nama baru dari produk yang dulunya dikenal dengan nama Wavin Standard. Merupakan produk jaringan perpipaan dari bahan uPVC (unplastized Polyvinyl Chloride

Rucika Standard didesain dengan beragam kelebihan. Selain yang telah disebut di atas, produk ini juga memiliki bobot ringan, anti korosi, dan mudah dalam penyambungan, karena juga didukung ratusan jenis fitting PVC dari beragam bentuk dan diameter.

Rucika Standard siproduksi sesuai dengan sertifikat ISO 9001:2000. Karakteristik dan spesifikasi produk diproduksi berdasarkan standar ISO dan JIS (Japanese Industrial Standard).

Baca : Mengenal Istilah Pipa

Produk ini dapat diaplikasikan dalam berbagai kebutuhan jaringan saluran air. Diantaranya :

  • Kebutuhan jaringan saluran air bersih
  • Kebutuhan saluran air limbah dan buangan
  • Kebutuhan jaringan saluran limbah
  • Kebutuhan jaringan irigasi
  • Jaringan perpipaan ventilasi

Aksesoris PVC Rucika Standard

Rucika Standard merupaka produk jaringan perpipaan dari bahan PVC yang terintegrasi dengan produk lain, Rucika Standard JIS. Kedua produk dibedakan berdasarkan ketebalan dinding pipa, namun memiliki kesamaan dalam diameter luar.

Hal ini membuat aksesoris Rucika standard JIS juga dapat digunakan untuk produk pipa PVC Rucika Standard. Aksesoirs PVC Rucika memiliki standar diameter sama, dengan sistem penyambunyan menggunakan cara Solvent Cement.

Terdapat ratusan jenis aksesoris pipa PVC dari beragam bentuk dan diameter yang dapat mendukung sistem penyambungan pipa air dengan produk Rucika Standard. Seperti Elbow, Tee, Y-Branch, Cap dan sebagainya.

Srlain itu, aksesoris PVC juga mendukung sistem penyambungan dratting atau dengan ulir. Sistem ini memungkinkan produk pipa Rucika Standard disambung dengan jenis pipa lain. Seperti pipa HDPE, Pipa PPR dan bahkan Pipa Besi.

Baca : Pipa PVC

Jenis Pipa PVC Rucika Standard

Rucik Standard menawarkan dua varian kebutuhan jaringan perpipaan dengan dua karakter tekanan. Saluran air bertekanan tinggi menggunakan kelas AW dengan tekanan maksimal mencapai 10 bar atau 10 kg/cm2. Produk ini cocok digunakan untuk saluran air sederhana dengan tekanan kuran dari 10 bar.

Sementara untuk kelas saluran air bertekanan rendah, menggunakan jenis Rucika Standard kelas D. Produk ini digunkan untuk saluran air bertekanan maksimal 5 bar atau 5 Kg/cm2. Produk ini cocok untuk saluran air buangan, limbah dengan daya dorong gravitasi.

Kedua kelas produk pipa PVC Rucika Standard dapt disambung menggunakan sistem solvent cement. Metode ini biasa dikenal dengan nama penyambungan dengan lem PVC. Yang berfungsi merekatkan antar pipa atau aksesoris PVC.

Baca : Pipa Air

Proses Penyambungan Pipa PVC Rucika Standard

  1. Sebelum melakukan proses penyambungan, pastikan kotoran dan material lain yang dapat mengganggu proses dihilangkan. Lakukan dengan lap basah, akhiri dengan lap kering.
  2. Ukur kedalaman pipa dengan aksesoris (tanpa menggunakan lem) dan tandai. Proses ini membantu Anda saat proses pemberian lem dan sebagainya.
  3. Oleskan bahan solvent cement secukupnya. Jangan terlalu berlebih, karena bahan ini justru mengurangi kekuatan sambungan, namun jangan juga terlalu sedikit.
  4. Setelah proses pemberian lem, sambung pipa dengan aksesoris, lalu tahan beberapa saat agar posisi tak berubah.
  5. Setelah proses penyambungan, rapikan bagian ini dengan lap. Terutama bahan perekat yang keluar dari tempatnya.

 

Penyambungan Pipa Rucika Standard

 

Keunggulan Rucika Standard

Standar internasional. Rucika Standard merupakan nama baru untuk produk lama, Wavin Standard. Perubahan nama tak mengubah spesifikasi dan komposisi material bahan baku, dengan standar produksi Wavin internasional, Belanda.

Material kuat. Rucika Standard merupak produk pipa PVC yang terbuat dari bahan uPVC. Bahan ini dikenal mampu meningkatkan performa bahan PVC biasa menjadi lebih kuat dan tangguh. Sehingga memiliki risiko kerusakan atau keretakan rendah.

Bahan aditif khusus. Selain bahan resin murni uPVC, produk Rucika Standard juga didesain dengan material aditif khusus. Bahan ini membuat produk lebih tahan terhadap pengaruh Ultra Violet dan memiliki usia penggunaan lebih lama dari PVC biasa.

Cocok untuk air bersih dan kotor. Bahan tak mudah rusak, membuat pipa PVC Rucika Standard dapat mendukung saluran air bersih. Selain itu produk dengan kelas tekanan rendah cocok untuk saluran air kotor dan limbah multi skala.

Dapat didaur ulang. Bahan resin uPVC Rucika Standard bersifat ramah lingkungan. Karena mudah didaur ulang untuk dijadikan produk lain.

Dukungan ratusan macam fitting. Mudah disambung dengan metode solvent cement. Selain itu produk didukung ratusan jenis aksesoris beragam bentuk dan diameter, sehingga Rucika Standar dapat mewujudkan saluran air sesuai yang Anda butuhkan.

Bahan isolator, tidak mudah terbakar. Diciptakan dengan material uPVC terbaik, karakter produk lebih tahan terhadap panas dan tidak mudah terbakar. Sebagai isolator yang baik, produk bisa digunakan untuk selongsong kabel.

Baca : Pipa Rucika

 

Prosedur Penyimpanan dan Handling Rucika Standard

Keberhasilan dalam instalasi saluran air pipa PVC Rucika Standard dengan usia adalah proses penyimpanan dan handling produk. Terutama pada saat disimpan dan dipindahkan sebelum pada akhirnya digunakan.

Handling atau penanganan pada saat dipindahkan dilakukan dengan memperhatikan beberpa hal. Diantarany jangan menyeret produk, atau gunakan dua orang untuk mengangkat pipa (ujung dengan ujung).

Jangan dilempar, dibanting dan handle dengan hati-hati. Meski dibuat dari bahan lentur dan kuat, potensi benturan semakin besar akan membuat risiko kerusakan pipa juga menjadi lebih besar.

Penggunaan alat berat untuk mengangkat pipa sebaiknya juga dilakukan dengan hati-hati. Gunakan metode mirip proses pengangkatan oleh manusia. Dengan cara mengangkat dengan dua sisi (ujung) pada saat proses pemanasan.

Model penyimpanan Rucika Standard

  • Gunakan tempat penyimpanan dengan bidang datar. Cara ini meminimalisir terjadinya pergeseran pada saat proses penyimpanan.
  • Bebaskan area penyimpanan dari benda tajam dan sejenisnya. Hal ini digunakan untuk menghindari kerusakan produk pada saat disimpan.
  • Sisakan ruang untuk kendaraan bergerak, atau jalan untuk mobilisasi pipa. Sehingga pipa mudah dipindah tanpa risiko sewaktu-waktu.
  • Sumber panas kerap meningkatkan risiko kerusakan pipa. Hindari tempat penyimpanan ini dari sumber panas.
  • Selain masalah dengan benda tajam, panas dan sinar matahari, ada juga beberapa hal penyebab penurunan kualitas produk. Seperti oli, lem, dan zat bersifat keras lain.

 

Katalog Produk Rucika Standard
Download Katalog Produk

 

Summary
Rucika Standard
Article Name
Rucika Standard
Description
Rucika Standard merupakan dalah satu produk pipa PVC terbaik yang telah diproduksi sejak tahun 1973 oleh PT. Wahana Duta Rucika (PT. Wavin Duta Jaya). Sebelumnya produk ini dikenal dengan nama Wavin Standard.
Author
Publisher Name
https://pipaplastik.com
Publisher Logo
× Kontak Kami