Pipa Rucika

Pipa Rucika

Pipa Rucika adalah produk perpipaan yang dulunya dikenal dengan nama Pipa Wavin dengan ragam varian produk, seperti pipa HDPE, Pipa PVC dan Pipa PPR. Pipa Rucika adalah produk pipa dan aksesoris premium yang diproduksi oleh PT. Wahana Duta Jaya Rucika, yang sebelumnya bernama PT Wavin Duta Jaya. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1973 dengan beragam produk pipa terbaik.

Selain pipa Rucika, PT. Wahana Duta Jaya Rucika juga menjadi distributor Pipa Wavin di pasar Indonesia. Beragam produk terbaik pipa thermoplastik ditawarkan dengan karakter istimewa dan spesifik untuk beragam kebutuhan.

Baca : Pipa Thermoplastik Adalah

Mulai dari saluran pipa air bersih, saluran limbah, saluran air panas dan dingin bertekanan dan kebutuhan saluran air lain. Semua dapat disesuaikan dengan jenis produk dan harga terbaik untuk penggunaan jangka panjang.

Pipa Rucika dan Pipa Wavin berkembang dengan inovasi produk sehingga menciptakan sebuah produk berdaya guna dan kualitas tinggi. Sehingga tak hanya bersaing, produk Rucika juga sering menjadi pencetus ide munculnya beragam produk sejenis.

Nah berikut beberapa jenis produk pemipaan terbaik yang bisa kita dapat dari brand yang sudah berusia lebih dari 40 tahun ini :

Pipa Rucika HDPE

Pipa Rucika HDPE menawarkan produk terbaik saluran pemipaan air bersih dengan karakter food grade. Sehingga aman untuk saluran distribusi air bersih rumah tangga, komersial, jalur utama gedung, dan fasilitas umum.

Pipa Rucika jenis HDPE, Rucika Black dulunya dikenal dengan nama Wavin Black. Inovasi produk dikembangkan dengan standar internasional Wavin, Belanda, dengan penyesuaian standar nasional Indonesia untuk kebutuhan keamanan, ukuran dan kualitas produk Rucika.

Komposisi yang membuat Rucika Black menjadi produk terbaik pipa HDPE di Indonesia. Rahasia dari karakter istimewa produk ini adalah penggunaan bahan baku murni High Density Polyethylene atau PE-100 (Sehingga biasa dikenal dengan istilah pipa PE-100).

Baca : Harga Pipa HDPE Rucika Black

Dengan komposisi bahan baku yang tepat, membuat karakter bahan baku pipa HDPE memiliki ikatan antar molekul kuat. Sehingga memiliki tingkat kekuatan dan kelenturan sangat baik, dengan tingkat keretakan produk rendah.

Karakter istimewa ini pada akhrinya membuat Pipa HDPE Rucika Black memiliki ketahanan terhadap benturan benda tumpul secara tiba-tiba, lentur, dan memiliki usia penggunaan hingga 50 tahun. Karakter yang bahkan lebih baik dari produk pipa besi, yang sering bermasalah dengan karat, sehingga mengurangi usia penggunaan pipa.

Selain itu, bahan baku ini membuat material pipa memiliki bobot ringan. Kelebihan ini membuat pipa mudah dalam hal instalasi, mobilisasi dan proses pemasangan. Terutama pada saat Anda melakukan proses pemasangan di daerah sulit.

Pipa HDPE Rucika Black tersedia dari ukuran ½ inch (20mm) hingga 24 inch (630mm), dengan varian bentuk batang (6-12 meteran) dan coil atau roll (50-200 meteran). Produk ini juga memiliki beberapa varian PN (Pressure Nominal) diantaranya PN-6.3, PN-8, PN-10, PN-12.5, dan PN-16.

Baca : Pipa HDPE Rucika Black

Pipa Rucika PPR

Pipa Rucika jenis PPR diciptakan untuk kebutuhan pembangunan jalur saluran air panas dan dingin bertekanan. Karakter kebutuhan ini biasanya dibutuhkan untuk kegiatan sanitasi (mandi), kebutuhan pengiriman makanan cair rumah sakit dan sebagainya.

Pipa Rucika jenis PPR dulunya dikenal dengan nama Wavin Tigris Green. Kini produk ini berganti nama menjadi Rucika Green, dan didukung oleh beragam varian bentuk dan ukuran diameter aksesoris pipa PPR.

Pipa PPR Rucika Green tersedia dari ukuran ½ inch (20mm) hingga 6 inch (160mm) dengan beberapa kebutuhan pressure nominal (kekuatan pipa terhadap tekanan). Diantaranya PN-10, PN-16 dan PN-20 yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca : Pipa PPR Rucika Green

Berbeda dengan kebutuhan PN pada Pipa HDPE, pada Pipa PPR, karakteristik PN tak hanya digunakan untuk mengukur seberapa kuat pipa terhadap tekanan. Tapi juga jenis fluida cair (terutama suhu) yang dapat direkomendasikan.

Pipa PPR Rucika Green PN-10. Adalah tipe pipa dengan karakter ketebalan dinding paling tipis. Produk pipa dengan nominal PN-10 biasanya direkomendasikan untuk saluran air dingin tanpa tekanan. Jenis kebutuhan ini memiliki spesifisikasi sederhana dengan harga paling murah, cocok untuk saluran air bersih sanitasi bertekanan rendah.

Pipa PPR Rucika Green PN-16. Adalah produk pipa air panas sederhana untuk kebutuhan saluran sanitasi bertekanan rendah. Produk ini juga dapat mengalirkan air dingin bertekanan tinggi dengan usia penggunaan hingga 50 tahun.

Pipa PPR Rucika Green PN-20. Merupaka produk pipa air panas dan dingin bertekanan tinggi. Cocok untuk saluaran air sanitas rumah tangga, gedung, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya sebagai pengganti pipa besi. Berat yang ringan elastis dan didukung ratusan jenis aksesoris membuat produk mudah dalam proses instalsi, bahkan di dalam gedung dengan space proses penyambungan terbatas.

Selain ketiga jenis varian produk pipa PPR diatas, Rucika Green juga berinovasi dengan produk dengan kualitas lebih baik dari sebelumnya. Dalam hal ini Rucika memperkenalkan produk Pipa PP-RCT yang memiliki karakter jauh lebih baik.

Baca : Harga Pipa PPR Rucika Green

Pipa inovatif ini dikembangkan dengan pengembangan bahan baku, sehingga memberi beberapa keistimewaan. Diantaranya dinding lebih tipis, membuat saluran lebih efektif. Meski demikian, produk ini mampu mengalirkan fluida bersuhu tinggi dengan tekanan mencapai 22 bar (22 Kg/cm²).

Efektivitas tebal dinding pipa PPR Rucika Green membuat pipa lebih ringan bahkan dibanding tiga produk yang sudah ada. Hal ini mempermudah proses mobilisasi dan instalasi, selain itu pengembangan bahan polypropylene random type 3 memiliki karakter pereda bising dan panas sangat efektif.

Sehingga selain membuat saluran sanitasi lebih sunyi, kelebihan menyimpan panas, membuat aliran air bersuhu tinggi tetap terjaga hingga saat digunakan.

Baca : Pipa PPR

Pipa Rucika PVC

Pipa Rucika PVC dikembangkan dan diproduksi berdasarkan kebutuhan. Hal ini membuat Rucika memiliki sejumlah brand yang dapat disesuikan dengan karakter saluran air yang akan dibangun. Apakai saluran air sederhana, saluran air kotor, dan bahkan saluran air bersih berstandar food grade.

Pipa PVC dikenal dengan harganya yang murah, serta pengolahan bahan baku pipa sesuai dengan kebutuhan. Sehingga hingga saat ini Pipa Rucika memiliki sejumlah varian produk dengan spesifikasi khusus meski dengan bahan baku sama, PVC.

Nah berikut beberapa produk terbaik pipa PVC dari Pipa Rucika yang telah dimodifikasi sesuai standar internasional dan Standar nasional Indonesia yang dapat disesuaikan dengan begagam kebutuhan :

Baca : Harga Pipa PVC Rucika

Pipa Rucika PVC Limbah

Produk pipa Rucika jenis Pipa PVC Limbah tersedia dengan brand Wavin Lite. Produk ini didesain unik dengan karakter mendukung saluran limbah terpadu ramah lingkungan. Produk ini tersedia dari ukuran 3 inch hingga 24 inch.

Dibanding produk pipa PVC Rucika jenis lain, Wavin Lite hanya memiliki satu varian, yakni SDR-41. Jenis pipa ini merupakan standar pemipaan untuk saluran limbah dengan tekanan kecil atau kurang dari 4 bar (Kg/cm²).

Pipa Rucika Wavin Lite diproduksi dengan standar SNI dengan panjang optimal 6 meter setiap batangnya. Sementara itu, produk ini memiliki sistem penyambungan rubberring joint,  tanpa menggunakan mesin penyambung atau bahan perekat lain.

Wavin Lite memiliki warna dominan cokelat. Dalam standar internasional, warna ini mempermudah proses monitoring saluran air kotor. Terbuat dari bahan uPVC produk ini memiliki tingkat elastisitas dan kekuaran tinggi. Sehingga tak gampang rusak karena benturan ringan, hingga pengaruh lingkungan.

Baca : Harga Pipa PVC Limbah Rucika Wavin Lite

Pipa Rucika PVC JIS

Di Indonesia produk pipa PVC standar JIS terlebih dahulu dikenal dibanding produk pipa dengan standar lain. Seperti Standar SNI, SDR-41 dan sebagainya. Produk Pipa Rucika menjadi salah satu produk populer sejak tahun 1973.

Ada dua kelas pipa PVC Rucika yang ditawarnkan. Yakni Brand Pipa Rucika Standar JIS untuk kelas premium, sementara kelas standar ada Rucika Standar yang dulunya dikenal dengan nama Wavin Standar.

Perbedaan kedua produk terletak pada tebal dinding pipa, Pipa Rucika standar JIS memiliki dinding pipa lebih tebal dibanding Rucika Standar. Dengan panjang optimal sama-sama 4 meter setiap batangnya.

– Tabel Perbedaan Tebal dinding Pipa Rucika –

Pipa Rucika Standar JIS tersedia dari ukuran ½ inch hingga 12 inch. Dengan dua varian kebutuhan tekanan, kelas AW dan D untuk produk Rucika Standar. Dan kelas VP dan VU untuk produk Rucika Standar JIS.

Baca : Rucika Standard

Pipa Rucika PVC SNI

Pipa Rucika PVC SNI adalah produk jaringan pemipaan dari bahan uPVC yang didesain sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Secara fisik produk ini dibedakan berdasar nominal diameter luar, panjang per batang dan jenis penyambungan.

Ada dua varian produk Pipa Rucika PVC SNI yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, berikut diantaranya :

Pipa Rucika Lok

Pipa Rucika Lok adalah produk pipa PVC yang diproduksi dengan standar SNI. Termasuk ukuran diameter luar, panjang pipa (6 meter per batang) dan sistem penyambungan dengan metode rubberring joint.

Pipa Rucika Safe

Pipa Rucika Safe adalah produk pipa PVC standar SNI dengan sistem penyambungan solvent cemen (pengeleman). Tersedia dalam panjang 4 meter dan 6 meter dengan penyesuaian diameter luar pipa sesuai dengan standar SNI.

Pipa Rucika PVC SNI memiliki variasi diameter pipa lebih banyak dibanding standar JIS. Yakni mulai dari ½ inch hingga 24 inch, dengan beberapa varian kebutuhan tekanan. Mulai dari tekanan 6 bar hingga 20 bar.

Selain beberapa jenis pipa diatas, Pipa Rucika juga memiliki sejumlah produk inovatif pipa lain untuk berbagai kebutuhan. Seperti Rucika Gas untuk saluran gas bertekanan, SiTech dan Rucika As untuk saluran limbah bersuhu tinggi, dan produk pendukung lain.

 

Katalog Produk Rucika Standard
Download Katalog Wavin Standard
Katalog Produk Rucika Wavin SafeLok
Download Katalog Wavin SafeLok
Katalog Produk Rucika Exoplas
Katalog Produk Rucika Exoplas
Katalog Produk Rucika Black
Katalog Produk Rucika Black
Katalog Produk Rucika Green
Katalog Produk Rucika Green
Katalog Produk Rucika Wavin Lite
Katalog Produk Rucika Wavin Lite

 

Summary
Pipa Rucika Adalah
Article Name
Pipa Rucika Adalah
Description
Pipa Rucika adalah produk perpipaan yang dulunya dikenal dengan nama Pipa Wavin dengan ragam varian produk, seperti pipa HDPE, Pipa PVC dan Pipa PPR. Pipa Rucika adalah produk pipa dan aksesoris premium yang diproduksi oleh PT. Wahana Duta Jaya Rucika, yang sebelumnya bernama PT Wavin Duta Jaya. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1973 dengan beragam produk pipa terbaik.
Author
Publisher Name
https://pipaplastik.com
Publisher Logo
× Kontak Kami