Mengenal Kelebihan dan Jenis Pipa PVC

Mengenal Kelebihan dan Jenis Pipa PVC

Jenis Pipa PVC populer karena sejumlah keistimewaan. Selain harganya yang relatif lebih ekonomis, produk ini juga dikenal dapat dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan saluran air.

Sejak permasalahan karat pada pipa besi menjadi isu utama saluran air bersih, produk pipa dari bahan thermoplastik kian populer. Termasuk jenis pipa PVC yang saat itu mulai populer sejak tahun 1950 di Belanda (Sumber)

Pipa Thermoplastik dianggap lebih efektif untuk saluran air, karena tidak bereaksi dan rusak (karena karat). Jenis pipa thermoplastik pertama diperkenalkan dari bahan PVC atau polyvinyl chloride, sehingga dikenal dengan istilah pipa PVC.

Baca : Pengertian Pipa

 

Sayangnya, dalam penggunaannya bahan PVC juga tak memiliki keistimewaan berarti dibanding pipa besi. Bahan yang mudah rusak karena cuaca, membuat pipa tak bisa digunakan dalam jangka waktu lama, terutama bahan ini sangat tidak baik untuk kesehatan.

Keyakinan bahan thermoplastik yang tak memiliki sifat berkarat, kemudian membuat orang mengembangkan bahan ini sehingga lebih ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan. Hingga akhirnya ditemukan bahan Unplasticized Polyvinyl Chloride.

Bahan ini kemudian banyak digunakan untuk produk pemipaan terutama jenis pipa PVC dengan kualitas jauh lebih baik. Bahkan pengembangan ini membuat karakter mudah rusak pipa dari PVC perlahan dapat tertasi.

Berikut beberapa kelebihan yang bisa kita dapat dari jenis pipa PVC dari bahan uPVC :

  • Kualitas terbaik. Pipa PVC modern dikreasi dalam beragam standar diameter yang digunakan. Meski demikian secara umum produk ini diproduksi berdasarkan standar internasional.
  • Kuat dan tidak mudah pecah. Bahan uPVC membuat jenis Pipa PVC lebih kuat dan lentur. Tak hanya itu karakter ini juga membuat produk memiliki tingkat keretakan lebih rendah sehingga lebih kuat dan tak mudah rusak (lentur).
  • Aman untuk air minum. Berdasarkan karakter kuat, lentur dan tak mudah retak, membuat bahan pipa PVC aman digunakan dan bahkan untuk saluran air bersih untuk kebutuhan konsumsi sekalipun.
  • Karakter produk yang didesain sangat efektif membuat bobot pipa secara keseluruhan sangat ringan. Sehingga hal ini mempermudah proses mobilisasi dan instalasi saluran air yang dibutuhkan.
  • Pemasangan mudah dan cepat. Selain bobot yang ringan, produk pipa PVC ditawarkan dengan ratusan jenis aksesoris. Sehingga dapat mewujudkan kebutuhan saluran air Anda dari pipa jenis ini.
  • Permukaan Halus. Permukaan halus sangat dibutuhkan untuk saluran air kotor dan limbah buangan. Hal ini yang bisa kita dapat dari produk pipa PVC

Baca : Pipa Air

 

Jenis-jenis Pipa PVC

Secara umum jenis pipa PVC dibedakan berdasar standar produksi yang digunakan dan aplikasi pemakaiannya. Nah berikut beberapa jenis pipa dari bahan PVC yang banyak beredar di Indonesia untuk saluran air :

Baca : Pipa PVC

 

Jenis Pipa PVC JIS adalah jenis pipa dari bahan PVC yang banyak digunakan untuk saluran air sederhana di Indonesia. Terdapat 3 kelas pipa berdasarkan ketahanan terhadap tekanan. Diantaranya kelas AW (10Kg/cm2), D (5 Kg/cm2). Pipa jenis ini ditawarkan dengan panjang 4 meter, dengan sistem penyambungan solvent cement dan tersedia untuk diameter ½ inch hingga 12 inch.

Jenis Pipa PVC SNI adalah jenis produk pipa dari bahan PVC yang didesain sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain penyesuaian diameter (½ inch hingga 24 inch) produk ini juga memiliki dua varian penyambungan. Solvent Cement (lem) dan Rubberring Joint (RRJ) dengan panjang optimal 6 meter setiap batangnya.

Jenis Pipa PVC Limbah adalah produk yang didesain mampu mendukung saluran limbah dan air buangan terpadu. Biasanya produk ini ditawarkan dengan nominal PN (kebutuhan tekanan) rendah, karena hanya untuk cairan mengalir. Di Indonesia produk pipa Limbah dari PVC ditawarkan dengan satu jenis atau biasa dikenal dengan pipa SDR-41 dengan sistem penyambungan rubberring joint.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Kami
%d bloggers like this: