Rucika Exoplas

Rucika Exoplas

Pipa PVC-O Rucika Exoplas adalah nama baru untuk produk yang sebelumnya dikenal dengan nama Wavin Apollo. Merupakan produk jaringan perpipaan saluran air bersih bertekanan dari bahan PVC Bi-axial Oriented.

Jaringan perpipaan Pipa PVC-O Rucika Exoplas didesain untuk kebutuhan saluran air bersih bertekanan. Material bahan baku PVC-O dikembangkan dari bahan PVC dengan modivikasi produksi secara Bi-axial Oriented.

Baca : Harga Produk Pipa PVC-O Rucika

Pengembangan ini dilakukan dari jenis material uPVC yang telah teruji kelenturan, kekuatan dan tingkat keretakan rendah. Proses ini dilakukan selama beberapa tahun oleh PT. Wahana Duta Rucika atau yang dulunya dikenal sebagai PT. Wavin Duta Jaya sebagai distributor resmi pipa Wavin selama lebih dari 40 tahun di Indonesia.

Kelebihan produk Pipa PVC-O Rucika Exoplas menawarkan beragam kelebihan yang dulunya hanya dimiliki oleh produk Pipa HDPE dan Pipa uPVC. Diantaranya tingkat elastisitas, performa, ketangguhan dengan fisik lebih tipis dan ringan.

Kebutuhan produk pipa PVC-O Rucika Exoplas didesain untuk mendukung saluran sistem distribusi air bersih bertekanan. Bahan yang tak mudah rusak dan sistem penyambungan ramah lingkungan tanpa bahan kimia, membuat produk ini sesuai dengan standar Food Grade.

Baca : Pipa PVC

Produk pipa PVC-O Rucika Exoplas direkomendasikan untuk beragam kebutuhan saluran air bertekanan. Seperti jaringan transmisi dan distribusi air bersih proyek-proyek pemerintah dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Selain itum produk ini juga cocok untuk mendukung instalasi Saluran Air Bersih di Industri dan Instalasi Saluran Air Bersih bertekanan di Perkebunan, irigasi dan pertanian. Ketersediaan produk hingga 24 inch memungkinkan produk ini untuk jalur utama (Main Line).

Produk Rucika Exoplas atau yang dulunya dikenal dengan nama Wavin APOLLO diproduksi oleh PT Wahana Duta Rucika. Produk ini tersedia dari diameter 90mm hingga 400mm. Produk ini juga menawarkan beragam varian tekanan. Dengan Pressure nominal (PN) yang tersedia adalah PN-10 dan PN-12,5.

Produk pipa PVC-O Rucika Exoplas ditawarkan dengan warna dominan putih. Untuk mempertegas nama brand terdapat tanda marking berupa nama produk dan spesifikasi diameter, panjang dan nominal yang dibuat dengan dot matrix printing pada bagian ujung pipa terdapat socket.

Baca : Pipa Air

 

Lebih dekat dengan teknologi Pipa PVC-O Rucika Exoplas

Di Indonesia jenis pipa PVC-O hanya tersedia dengan brand Rucika Exoplas. Penemukan kualitas material pipa PVC-O sendiri telah dipatenkan dan diproduksi dengan metode orientasi in-line pada proses produksinya, baik arah putar dan axial, hal tersebut dilakukan melalui proses secara berkelanjutan.

Prosedur ini pada akhirnya menghasilkan konsep peregangan molekul dinding yang kuat. Yang pada akhirnya meningkatkan ketangguhan dan kekuatan mekanikal material. Membuat produk memiliki tingkat kelenturan dan kekuatan sangat tinggi, dengan tingkat keretakan rendah.

Produk Pipa PVC-O Rucika Exoplas diproduksi berdasarkan standar ISO 16422 : 2006, mengenai Pipes and joints made of Oriented Unplasticized Poly (Vinyl Chloride) (PVC-O) for under pressure – Specifications.

 

Mengenal Kelebihan Pipa PVC-O Rucika Exoplas

Bekerja dengan tekanan air tinggi. Proses pembuatan dan pengembangan material uPVC membuat produk memiliki tingkat kelenturan dan kekuatan sangat baik. Hal ini dikarenakan dalam proses produksi material diproduksi dengan orientasi Bi-axial in-line.

Mekanisme produksi ini pada akhirnya menghasilkan kekuatan meningkat hampir 2 kali lipat, dibanding produk uPVC biasa. Bahkan dalam hal fisik, produk memiliki tebal dinding lebih tipis untuk tekanan hingga 12.5. Ketebalan dinding pipa dibandingkan dengan produk pipa thermoplastik jenis lain, seperti PVC-U dan HDPE (Dengan kebutuhan tekanan yang sama).

Tahan terhadap benturan. Keuntungan dari keunikan karakter pipa PVC-O yang dihasilkan dari pengambangan bahan uPVC membuat produk pipa lebih tahan terhadap benturan. Dibanding produk pipa uPVC, produk PVC-O bahkan memiliki kekuatan 3 kali lebih kuat dibanding produk pipa uPVC.

Resistansi yang Lebih Tinggi Terhadap Beban “Point Loading”. Masih terkait kelenturan dan kekuatan material yang sangat baik, membuat produk ini juga memiliki Resistansi yang Lebih Tinggi Terhadap Beban. Tak hanya itu, struktur dinding pipa yang berlapis memberikan PVC-O elastisitas yang lebih baik sehingga tahan terhadap beban “point loading”.

Istilah ini biasanya digunakan pada saat kondisi pipa yang tidak sengaja mengalmi beberapa titik beban pada saat proses instalsi. Hal ini juga membuat pipa tidak memerlukan timbunan material lain di sekitar pipa untuk proses instalasi di dalam tanah.

Fleksibilitas tinggi. Produk Pipa PVC-P Rucika Exoplas memiliki fleksibilitas tinggi. Meski tak tersedia dalam bentuk roll, namun produk ini cukup fleksibel untuk dibengkokkan hingga 11 sampai 22 derajat. Kelebihan ini membuat Anda lebih berhemat dalam pemanfaatkan aksesoris penunjan pipa PVC-O.

Lebih Ringan. Tingkat kelenturan dan kekuatan tinggi ditambah dengan tebal dinding pipa lebih tips membuat produk Pipa PVC-O Rucika Exoplas memiliki bobot lebih ringan. Jika dibandingkan dengan produk Pipa uPVC, produk PVC-O lebih ringan hingga 2.5 kali.

Sementara dibandingkan dengan produk pipa HDPE, produk ini memiliki bobot lebih ringan hingga 2 kali. Sementara dibandingkan dengan produk pipa Besi, beban Pipa PVC-O lebih ringan bahkan hingga 7 kali. Ini artinya produk pipa PVC-O memungkinkan diangkat dengan tenaga manusia, seberapa besar pun diameternya.

Karena bahan yang tak mudah rusak, dan ringan saat dibawa, proses instalasi pun tak membutuhkan alat berat untuk proses pemindahan material. Membuat proses instalasi pipa dapat berjalan lebih singkat. Sekitar 5 hingga 10 menit, seperti halnya proses penyambungan pipa PVC dengan sistem penyambungan rubber ring joint.

Biaya instalasi pipa lebih murah dan hemat. Kelebihan seperti berat ringan akan membuat Anda menghemat biaya sewa alat berat. Selain itu tingkat kelenturan tinggi membuat Anda juga tak memerlukan banyak aksesoris. Hal ini dapat meningkatkan proses pengehematan untuk biaya instalasi.

Prosedur penyambungan terintegrasi. Produk Pipa PVC-O Rucika Exoplas memiliki sistem penyambungan sistem rubbering Powerlock. Mekanisme penyambungan ini terdiri dari 2 material pendukung, yakni Rubber (ring) dan bahan Polypropylene.

Gabungan keduanya memungkinkan proses penyambungan terjadi dengan sempurna, dengan fungsi penahan air membuat risiko kebocoran menjadi lebih kecil. Mekanisme penyambungan ini juga mendukung sistem saluran air dengan usia penggunaan hingga 50 tahun.

Katalog Produk Rucika Exoplas
Katalog Produk Rucika Exoplas

 

Summary
Rucika Exoplas (Eks. Wavin Apollo)
Article Name
Rucika Exoplas (Eks. Wavin Apollo)
Description
Pipa PVC-O Rucika Exoplas adalah nama baru untuk produk yang sebelumnya dikenal dengan nama Wavin Apollo. Merupakan produk jaringan perpipaan saluran air bersih bertekanan dari bahan PVC Bi-axial Oriented.
Author
Publisher Name
https://pipaplastik.com
Publisher Logo
× Kontak Kami