Rucika Wavin SafeLok

Rucika Wavin SafeLok

Rucika Wavin SafeLok adalah produk pipa PVC berstandar SNI yang dirancang untuk kebutuhan saluran air bertekanan dengan dua mekanisme penyambungan. Sistem penyambungan Solvent Cement (lem) dan Rubber ring Joint.

Rucika Wavin SafeLok merupakan nama baru untuk produk yang dulunya dikenal dengan Wavin SafeLok. Merupakan brand produk pipa PVC berstandar SNI yang terdiri dari dua varian, Rucika Safe dan Rucika Lok.

Rucika WavinSafeLok merupakan jaringan produk pipa PVC berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia). Produk ini dirancang untuk mendukung saluran distribusi air bersih untuk berbagai kebutuhan.

Aplikasi Rucika Wavin SafeLok dapat digunakan untuk beragam kebutuhan saluran air swasta dan pemerintah, diantaranya ;

  • Jaringan saluran air bersih PDAM
  • Jaringan saluran air bersih perumahan dan Real Estate.
  • Jalur distribusi air bersih industri
  • Jaringan pengairan perkebungan dan pertanian
  • Kebuthan jaringan air bersih lainnya.

Baca : Pipa PVC

Rucika Safe

Rucika Safe merupakan produk yang sebelumnya bernama Wavin Safe. Merupakan produk jaringan perpipaan saluran air yang memiliki sistem penyambungan Solvent Cement (pengeleman pipa PVC).

Sistem penyambungan ini dilakukan dengan sambungan spigot dan socket dengan metode persenyawaan. Persenyawaan dilakukan dengan bahan solvent cement membuat sambungan melekat dengan sempurna. Komposisi ini membuat bagian sambungan memiliki risiko kebocoran sangat kecil.

Rucika Safe didesain dengan dukungan beragam jenis aksesoris pipa PVC. Aksesoris ini didesain sesuai dengan standar SNI, dengan mekanisme penyambungan Solvent Cement. Merupakan pilihan produk jaringan perpipaan dengan dukungan aksesoris efisien dan ekonomis.

Produk Rucika Safe tersedia dari ukuran 20mm (½ inch) hingga 160mm (6 inch). Panjang optimal pipa bervariasi. Masing-masing 4 meter per batang untuk diameter pipa dibawah 50mm (1-½ inch). Sementara untuk diameter diatas 50mm (1-½ inch) tersedia dengan panjang 6 meter setiap batang.

Baca : Pipa Air

Rucika Lok

Rucika Lok adalah produk jaringan pipa PVC SNI dengan metode sambungan Rubbering Joint. Mekanisme sistem penyambungan ini dilakukan dengan menggunakan sistem karet Z-Joint. Mekanisme ini sangat mudah dilakukan, tanpa peralatan khusus dan bahan perekat.

Rubber Ring Z-joint tersedia baik pada bagian pipa dan aksesoris. Mekanisme penyambungan dipermudah dengan bahan lubrican. Selebihnya, gelang karet Z-Joint mengunci sambungan antara pipa dengan pipa atau aksesoris.

Cara penyambungan ini relatif lebih mudah, efektif dan efisien. Sehingga proses penyambungan tidak membutuhkan banyak biaya dan dilakukan dalam waktu singkat. Produk Rucika Lok didukung dengan beragam jenis dan ragam aksesoris penyambungan yang mendukung sistem sambungan RRJ (Rubber Ring Joint).

 

Kelebihan Rucika Wavin SafeLok

Sebagai produk jaringan perpipaan berstandar SNI produk Rucika WavinSafeLok dirancang dengan beragam kelebihan. Sehingga pembangunan saluran air dengan produk Rucika Safe atau Rucika Lok bebas biaya perawatan dengan usia penggunaan lima puluh tahun.

Secara umum, berikut beberapa kelebihan produk Rucika Wavin SafeLok :

Kualitas Internasional. Rucika Safe dan Rucika Lok merupakan jaringan perpipaan yang diproduksi berdasarkan standar dan kualitas internasional. Produk ini dulunya dikenal dengan nama Wavin Safe dan Wavin Lok yang diproduksi berdasarkan standar Wavin, Belanda.

Kuat dan Lentur. Wavin SafeLok diproduksi dari material uPVC terbaik dengan karakter produk lebih lentur dan kuat dibanding produk perpipaan dari bahan PVC yang lain.

Untuk air minum. Aman untuk distribusi sir bersih kebutuhan konsumsi. Karena material yang kuat dengan tingkat keretakan rendah. Sehingga risiko pencemaran sangat kecil.

Tahan bahan kimia. Produk uPVC pipa Rucika Wavin SafeLok memiliki karakter istimewa, terutama terhadap bahan kimia baik asam maupun basa. Sehingga mampu menjaga kualitas air hingga saat digunakan.

Ringan. Materi bahan uPVC yang kuat membuat dinding produk lebih efektif. Hal ini membuat bobot pipa secara keseluruhan lebih ringan dibanding produk pipa PVC biasa. Kelebihan ini membuat pipa mudah dalam hal mobilisasi dan proses penyambungan.

Instalasi mudah. Instalasi produk pipa PVC secara u um dapat dilakukan dengan sangat mudah. Tanpa alat penyambung khusus, dan beban pipa yang ringan membuat proses instalasi dapat dilakukan dengan mudah.

Permukaan dalam pipa halus. Permukaan dinding dalam pipa halus memudahkan aliran berjalan lebih baik dan sempurna. Hal ini membuat risiko pencemaran menjadi sangat kecil.

Anti karat. Masalah karat menjadi isu paling buruk pada saluran air dari pipa besi. Penggunaan bahan uPVC produk Rucika Wavin SafeLok membuat pipa ini bebas dari masalah karat yang kerap membahayakan bagi kesehatan seseornag.

Bebas perawatan. Produk dengan karakter kuat, lentur dengan tingkat keretakan rendah, membuat Rucika Wavin SafeLok menjadi jaringan produk perpipaan yang awet. Sehingga bebas dari kerusakan dan aktivitas perawtan lainnya.

Baca : Mengenal Istilah Pipa

 

Prosedur Penyambungan Rucika Wavin SafeLok

Perbedaan proses penyambungan membuat Rucika Safe dan Rucika Lok disambung dengan langkah-langkah berbeda satu dengan yang lain. Berikut metode penyambungan Rucika Wavin SafeLok yang mudah dan sederhana untuk dilakukan.

Penyambungan Pipa PVC SNI Rucika Safe

Proses Penyambungan Rucika Safe

  1. Bersihkan bagian socket dan spigot dari kotoran atau material lain yang memungkinkan proses penyambungan dilakukan kurang sempurna. Gunakan media cleaner pipa dalam hal ini.
  2. Ukur kedalaman pipa dengan socket, lalu tandai. Lakukan cara ini tanpa menggunakan lem, atau bahan Solvent Cement.
  3. Oles bahan solvent cement secukupnya, tidak kurang dan tidak lebih. Lakukan secara merata tanpa melampaui tanda yang sudah Anda buat pada langkah sebelumnya.
  4. Setelah bahan solvent cement dioles dengan sempurna, lakukan penyambungan dengan segera. Tahan beberapa saat posisi, agar proses penyambungan terjadi dengan sempurna.
  5. Bersihkan bahan yang tidak diperlukan dan kotoran lain yang tidak dibutuhkan dengan lap kering hingga bagian ini benar-benar bersih.

Penyambungan Pipa PVC SNI Rucika Lok

Proses Penyambungan Rucika Lok

  1. Untuk melancarkan proses sambungan, runcingkan ujung pipa (Spigot) yang hendak disambung 15 derajat.
  2. Setelah proses peruncingan, bersihkan bagian ini dari sisa serutan dan kotoran lain yang berisiko menggaggu proses penyambungan.
  3. Ukur kedalaman pipa dengan socket pipa atau aksesoris pipa PVC yang akan disambung, tandai dengan spidol.
  4. Pasang karet pada jalur socket pipa atau aksesoris menghadap kedalam. Bagian ini yang nantinya akan berfungsi sebagai pengunci.
  5. Agar proses penyambungan tidak terlalu berst, oleskan pelumas, atau lubricant dari bahan yang direkomendasikan.
  6. Posisikan spigot dan socket satu jalur, dan dorong hingga batas yang sudah Anda buat seperti pada langkah ke 3.

Rucika Wavin SafeLok merupakan solusi dari kebutuhan jaringan saluran air sederhana multi skala. Karena bisa digunakan baik untuk kebutuhan rumah tangga, proyek pemerintah, swasta, kebutuhan komersial dan sebagainya.

 

Katalog Produk Rucika Wavin SafeLok
Download Katalog Produk

 

Summary
Rucika Wavin SafeLok
Article Name
Rucika Wavin SafeLok
Description
Rucika Wavin SafeLok adalah produk pipa PVC berstandar SNI yang dirancang untuk kebutuhan saluran air bertekanan dengan dua mekanisme penyambungan. Sistem penyambungan Solvent Cement (lem) dan Rubber ring Joint.
Author
Publisher Name
https://pipaplastik.com
Publisher Logo
× Kontak Kami